Beranda > Finansial > Ikuti 7 Langkah Hemat Belanja Lebaran Tanpa Bikin Kantong Bolong

Ikuti 7 Langkah Hemat Belanja Lebaran Tanpa Bikin Kantong Bolong

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Ikuti 7 Langkah Hemat Belanja Lebaran Tanpa Bikin Kantong Bolongwatermark

TUNAIKU.COM – Memasuki bulan ramadhan, biasanya kebutuhan rumah tangga semakin bertambah. Tidak terkecuali saat menjelang hari lebaran tiba. Semua sibuk mengunjungi berbagai pusat perbelanjaan membeli berbagai kebutuhan yang bermacam-macam, termasuk parcel lebaran, cemilan, dan baju lebaran.

Sementara, diwaktu yang sama, berbagai pusat perbelanjaan, rutin memberikan promo atau diskon kebutuhan untuk hari lebaran setiap tahunnya. Tidak jarang konsumen yang tadinya hanya ingin berbelanja sedikit, kemudian jadi belanja macam-macam karena tergoda oleh promo dan diskon yang ada. Kalau sudah begini, sudah bisa dipastikan keuanganmu bakal membengkak.

Supaya pengeluaranmu tetap terkontrol saat berbelanja menjelang lebaran. Kamu perlu mengakalinya dengan cara-cara berikut!

 

Artikel terkait: Berhemat di bulan puasa. Solusi tepat, agar keuanganmu tetap stabil!

  1. Kiat Menjaga Hawa Nafsu Supaya Bisa Belanja Cerdas Selama Ramadan
  2. 6 Tips Berhemat Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadan, Yuk Contek Caranya!
  3. 7 Tips Hemat Ala Anak Kosan Saat Hadapi Bulan Puasa

 

1. Membatasi bujet

Biasakan untuk menentukan bujet sebelum berbelanja. Kali ini, kamu juga harus menekan budget-mu, karena pengeluaran saat lebaran merupakan pengeluaran paling besar setiap tahunnya. Kamu juga harus ingat bahwa di luar hari lebaran, masih ada kebutuhan yang harus kamu penuhi setiap harinya.

 

2. Membawa uang cash

Salah satu cara agar kamu tidak ketagihan mengeluarkan uang adalah membayar seluruh belanjaan dengan uang cash. Cara ini dijamin lebih efektif, daripada kamu menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Berbelanja menggunakan kedua kartu tersebut membuat kamu lebih boros, karena bisa saja kamu khilaf dan berbelanja terlalu banyak.

 

3. Buat daftar belanja

Membuat daftar belanja emang terkesan sepele banget, tetapi ini bisa membantumu mengontrol pengeluaran lho. Sebelum berbelanja, silahkan buat daftar barang-barang yang akan kamu beli. Jangan mencoba membeli barang diluar list yang ada. Dengan daftar belanja ini, kamu akan terfokus untuk membeli barang-barang yang jadi kebutuhan utama saja.

3

Mobile Site CTA

4. Belanja sekaligus

Usahakan semua barang yang akan dibeli sudah tercantum di daftar belanja, baik untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan berbelanja sekaligus dalam satu hari, kamu bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya transport, karena kamu nggak perlu bolak-balik ke toko untuk belanja lagi.

 

5. Jangan lupa bawa kartu member

Buat kamu yang punya kartu member, manfaatkan fasilitas yang diberikan. Dengan menggunakan kartu member, kegiatan berbelanjamu bisa lebih hemat. Biasanya ada diskon khusus yang diberikan atau poin belanja yang nantinya bisa ditukarkan.

 

6. Tekun membandingkan harga

Biar belanja makin irit, kamu harus teliti membandingkan harga barang, sampai kamu menemukan barang terbaik dengan harga terjangkau. Membandingkan harga barang merupakan salah satu hal mendasar, supaya kamu nggak menyesal saat sudah memutuskan untuk membeli produk tertentu.

 

7. Makan dulu sebelum berbelanja

Sebuah penelitian di University of Minnesota’s Carlson School of Management, menunjukkan bahwa seseorang dalam keadaan perut lapar, akan cenderung bersikap impulsif. Artinya pergi berbelanja dengan perut kosong akan mendorongmu berbelanja barang secara berlebihan. Oleh karena itu, kamu harus makan dulu ya sebelum pergi ke pusat perbelanjaan.

Hari lebaran memang jadi momen penting yang nggak boleh dilewatkan perayaannya. Namun, merayakan sesuatu nggak harus mahal bukan?. Yuk, buat suasana lebaranmu tetap berkesan dengan kesederhanaan!

 

Artikel terkait: Beberapa jenis investasi menarik dan cara mempelajarinya!

  1. 5 Langkah Penting Sebelum Berinvestasi Saham IPO, Perhatikan dan Pertimbangkan!
  2. Tertarik Investasi Surat Berharga Perpetual, Yuk Kenali Skema Investasi Ini!
  3. Bingung Investasi Rumah atau Apartemen? Lihat Pertimbangan Berikut

 

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett