Beranda > Gaya Hidup > Lebih Baik Mana, Sewa Baju Pengantin atau Bikin? Yuk, Cek Beberapa Pertimbangannya!

Lebih Baik Mana, Sewa Baju Pengantin atau Bikin? Yuk, Cek Beberapa Pertimbangannya!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Lebih Baik Mana, Sewa Baju Pengantin atau Bikin? Yuk, Cek Beberapa Pertimbangannya!watermark

TUNAIKU.COM – Ada sebagian orang yang berprinsip, lebih baik sewa baju pengantin daripada bikin baru. Bukankah mubazir kalau harus bikin baju pengantin dan hanya dipakai sekali seumur hidup? Pikiran seperti ini pun nggak ada salahnya, lebih ekonomis.

 

Namun, ada juga yang berpikir karena ini momentum sekali seumur hidup, maka harus memakai baju pengantin yang spesial. Salah satunya, ya, dengan bikin baju pengantin yang modelnya sesuai dengan keinginan.

 

Biar nggak makin bingung untuk memilih, pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk sewa baju pengantin atau malah bikin yang baru.

 

Artikel Terkait: Tips Menghemat Biaya Pernikahan

  1. 4 Tips Menghemat Biaya Katering untuk Pernikahan yang Lebih Murah
  2. 5 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Bandung, Bikin Ngirit Biayamu!
  3. 7 Rekomendasi Gedung Pernikahan dengan Harga Terjangkau di Jakarta

Mengapa harus menyewa baju pengantin?

Sudah banyak orang melirik jasa sewa baju pengantin. Ini dia beberapa pertimbangan, mengapa para mempelai memilih untuk menyewa baju pengantin.

 

Sekali pakai

Jika memang berencana untuk memakai baju pengantin untuk sekali pakai, pertimbangkan untuk sewa saja. Model baju pengantin cenderung nggak fleksibel, sehingga sulit kamu pakai pada kesempatan lain. Misalnya, untuk berpesta.

 

Maklum saja, baju pengantin punya model dan potongan khusus yang pasti berbeda dengan gaun pesta. Ingin praktis? Sewa gaun pengantin aja, deh.

 

Bujet minim

Kalau memang punya bujet minim, mau nggak mau kamu mesti mempertimbangkan untuk sewa gaun pengantin. Tentukan dulu, kira-kira berapa bujet yang kamu punya untuk gaun pernikahan. Jika memang nggak ada bujet, nggak masalah kok dengan sewa baju pengantin.

 

Meski lebih praktis, sewa baju pengantin juga ada kekurangannya. Kamu akan kesulitan mencari model gaun pengantin yang cocok dengan ukuran dan seleramu. Bisa dari warna gaun atau modelnya.

 

Namanya juga menyewa, sudah tentu baju pengantin tersebut punya ukuran yang pasaran. Bagi yang bertubuh terlalu kecil atau terlalu besar, perlu mempertimbangkan untuk membuat baju pengantin yang baru atau custom.

 

Satu lagi, kalau kamu punya selera fashion yang out of the box, mungkin model baju pengantin di persewaan kurang menarik. Ini dia beberapa pertimbangan mengapa harus membuat baju pengantin yang baru.

 

Buat kenang-kenangan

Karena pernikahan adalah momentum sekali seumur hidup, kamu ingin memakai baju yang spesial. Meski hanya dipakai sekali seumur hidup. Selain foto pernikahan, baju pengantin pun bisa dijadikan kenang-kenangan di hari tua kelak.

 

Sayangnya, kamu perlu memberikan perhatian ekstra pada baju pengantinmu agar awet dari gerusan zaman.

 

Ukuran bisa menyesuaikan

Bagi kamu yang bertubuh mungil atau besar, pasti akan kesulitan untuk mencari gaun pengantin yang pas. Jika memang kesulitan, kamu harus bikin baju pengantin yang baru. Nantinya, kamu bisa membuatnya sesuai dengan ukuran dan model yang diinginkan.

 

Karena perlu memakan waktu yang lama, sebaiknya kamu prepare desain beberapa bulan sebelumnya. Untuk model bisa kamu diskusikan dengan desainer agar sesuai dengan yang kamu mau.

 

Kalau memang ada bujet, kamu bisa membeli gaun pengantin rancangan desainer terkenal. Kalau nggak ada bisa, lho, memilih model yang sederhana dan do it yourself (DIY).

 

Bisa diwariskan atau disewakan

Pernah terpikirkan untuk mewariskan baju pengantin? Kalau kamu bikin sendiri, nantinya bisa diwariskan pada keturunannmu. Dengan begitu, keluargamu punya gaun pengantin dari leluhur.

 

Pilih model baju pengantin sederhana agar bisa cocok untuk segala zaman. Jangan sampai cucumu ditertawakan tamu undangan gara-gara salam kostum, he-he.

 

Selain diwariskan, kamu bisa juga menyewakan kembali baju pengantinmu. Lumayan juga kan bisa dapat tambahan pemasukan?

 

Artikel Terkait: Inspirasi dan Tren Pernikahan

  1. 8 Inspirasi Gaun Pernikahan dari Selebriti Korea
  2. 10 Inspirasi Paes Untuk Pernikahan Adat Jawa
  3. 10 Inspirasi Makeup dan Tren Pernikahan Tahun 2018

 

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan jika memang ingin membuat baju pengantin. Kamu harus menyiapkan bujet dan tenaga lebih, lho.

 

Biasanya, membuat baju pengantin akan memakan bujet yang banyak. Kembali lagi tergantung model dan perancang busananya. Kamu juga mesti siap direpotkan untuk mengurusnya jauh-jauh hari sebelum pernikahan.

 

Ini dia kelebihan dan kekurangan dari sewa dan bikin baju pengantin. Pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan bujet, ya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

4

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett