Beranda > Gaya Hidup > 10 Inspirasi Paes Untuk Pernikahan Adat Jawa

10 Inspirasi Paes Untuk Pernikahan Adat Jawa

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
10 Inspirasi Paes Untuk Pernikahan Adat Jawawatermark

TUNAIKU.COM – Memilih riasan pengantin termasuk gampang-gampang susah. Kini, sudah banyak perias pengantin  dengan kualitas bagus yang bisa kamu pilih. Model paes untuk pernikahan adat Jawa juga banyak.

 

Saya pun jadi lebih lega, karena bisa memilih paes sesuai dengan karakter dan bentuk wajah untuk pernikahan kelak. Perlu diakui, riasan pengantin memang jadi faktor penting saat resepsi pernikahan. Jangan sampai kamu salah riasan di hari spesial, ya. Toh, yang namanya pengantin perempuan, pasti ingin terlihat cantik, kan?

 

Kamu bisa menyontek 10 inspirasi paes untuk pernikahan adat Jawa di bawah ini!

 

Artikel Terkait: Tips Berbusana yang Bisa Ditiru

  1. 8 Inspirasi Gaun Pernikahan dari Selebriti Korea
  2. 10 Inspirasi Makeup dan Tren Pernikahan Tahun 2018
  3. Gaya Busana Hamil Kate Middleton yang Simpel untuk Ditiru

 

1. Paes Solo Puteri

A post shared by Teguh wijaya (@teguh_ae_wes) on


Paes Solo Putri mengusung konsep riasan yang bernuansa sakral dan ningrat. Riasan wajah ini menekankan pada 4 paes berwarna hitam pekat. Bentuknya berupa lengkungan bulat di dahi yang disebut dengan gajahan. Gajahan ini akan diapit dengan dua lengkungan kecil yang disebut dengan pengapit.

 

Lalu, pada bagian alis ada penambahan penitis. Bakal ada penambahan godheg di samping telinga. Sementara untuk riasan wajah, diaplikasikan bedak warna kuning khas keraton.

 

Untuk riasan rambut, ada 4 item yang nggak boleh terlewat. Yaitu, cundhuk menthul berjumlah ganjil seperti 7 atau 9 buah; cundhuk jungkat; centhung; dan roncean melati tibo dodo (jatuh sampai ke dada). Paes ini sangat direkomendasikan buat kamu yang punya wajah tirus, kecil, dan punya leher yang cukup panjang.

 

 

2. Paes Ageng Solo Basahan

Selain warna hitam, paes berwarna hijau bisa jadi pilihan, lho. Kalau tertarik dengan warna ini, bisa memilih riasan Paes Ageng Solo Basahan. Ciri khas utama dari riasan ini adalah dominasi warna hijau.

 

Mulai dari bentuk paes sampai pada riasan rambut, semua mirip dengan Paes Solo Putri. Bedanya hanya terletak pada penggunaan warna paes yang juga berwarna hijau.

 

Selain itu, gaya busana Paes Ageng Solo Basahan berupa busana bergaya kemban berwarna hijau dengan penambahan dodot, kain jarik, dan selendang cinde. Kesan anggun makin terlihat dengan adanya roncean bunga melati yang jatuh dari belakang sanggul sampai di atas dada.

 

3. Paes Ageng Modifikasi Ponorogo

Sudah bosan dengan gaya busana berwarna hitam untuk pernikahan adat Jawa?  Bisa mempertimbangkan Paes Ageng Modifikasi Ponorogo ini, nih! Kamu akan tampil cantik dalam balutan busana pengantin berwarna merah membara.

 

Warna merah ini dipakai pada tiap detail riasan. Seperti pada warna bunga yang dipasang di sanggul, cenduk menthul, sampai penggunaan lipstik! Kalau dari paesnya, modelnya mirip dengan paes Ageng dengan ujung yang lebih runcing lagi. Lalu, garis tepinya dilukis dengan warna emas.

 

Kelat bahu dan dan kalung susun jangan sampai lupa dipakai, ya. Jika kamu memang mau tampil berani dan sedikit seksi, boleh juga, memilih Paes Ageng Modifikasi Ponorogo.

 

4. Paes Jogja Putri

A post shared by wida_HDpaes (@wida_hdpaes) on

Paes Jogja Putri ini nggak beda jauh dengan paes Solo Putri. Pada bagian wajah akan dilukis cengkorongan (paes) berbentuk lancip pada tiap unjungnya. Detail paes ini yaitu satu penunggul pada bagian tengah dahi. Lalu, dua cengkorongan dengan ukuran lebih kecil yang mengapit penunggul dan dua panitis.

 

Jangan sampai lupa untuk menambahkan godheg di samping telinga. Bedanya dengan Paes Solo Putri, ada penambahan cithak di tengah dahi. Kamu bakal mirip dengan cewek-cewek India dengan penambahan cithak ini.

 

5. Paes Ageng Jogja

A post shared by Yobel Make Up (@desy.yobel) on

Paes Ageng Jogja direkomendasikan buat kamu yang punya wajah bulat. Konsep riasan paes ini akan membuatmu wajahmu terlihat tirus dan tegas.  Sehingga, akan memunculkan kesan ramping pada wajah.

 

Kesan tegas tercipta dengan adanya alis menjangan yang dipakai untuk riasan wajah. Bentuk cengkorongan berbentuk teratai dan melengkung. Kemudian, ada penambahan detail berupa hiasan emas di pinggiran cengkorongan.

 

Sementara untuk urusan sanggul, Paes Ageng Jogja lebih sederhana yaitu memakai Sanggul Bokor Mengkurep. Pada bagian depan, rambut nggak perlu disanggul seperi gaya Paes Solo. Paes Ageng Jogja pun banyak dilirik oleh para pengantin yang ingin terlihat anggun di hari spesial.

 

6. Paes Ageng Kanigaran

Paes Ageng Kanigaran adalah salah satu dari jenis Paes Ageng Jogja. Konsep riasan wajah dan kepala sama dengan Paes Ageng Jogja. Adapun perbedaannya terletak pada pemilihan busana.

 

Mempelai harus memakai tambahan busana pengantin berupa kain dodot model kemban yang dibalut di badan. Nggak tanggung-tanggung, panjangnya bisa mencapai 5 meter. Jika di Jogja, kamu bisa melihat model riasan dari Lisandra Wedding.

 

7. Paes Ageng Jangan Menir

Jika Paes Ageng Kanigaran memakai dodot, maka Paes Ageng Jangan Menir lebih sederhana dengan memakai baju bordiran dari beludru tanpa dodot. Modelnya boleh saja sederhana, tetapi kesan elagan tetap terasa dengan adanya detail riasan.

 

Riasan Paes Ageng Jangan Menir masuk dalam Paes Ageng Jogja. Bahkan, Puteri Keraton GKR Hayu dirias dengan paes ini saat melangsungkan pernikahan pada tahun 2013. Saat itu ia memakai jasa perias Tienuk Rifki yang sudah jadi langganan keraton.  

 

8. Paes Ageng GKR Pembayun

Nah, ini dia jenis paes yang sangat diminati di masyarakat. Bentuk riasannya berupa Paes Ageng, tetapi busana yang dipakai bergaya modern. Atau bisa juga disebut dengan SBY atau Paes Ageng Modifikasi.

 

Kamu bisa memakai kebaya modern dan tetap cantik dengan riasan khas keraton. Paes ini mulai booming saat Annisa Pohan dirias dengan model ini ketika menikah dengan Agus Harimurti. Sejak saat itu, paes ini juga dikenal dengan nama Paes SBY.

 

9. Paes Solo Modifikasi

Sudah banyak Paes Solo yang dimodifikasi dengan kebaya bergaya modern. Alih-alih kemban, kamu bisa  memilih setelan kebaya dengan warna yang beragam. Jika ingin memunculkan kesan mewah nan glamor, kamu bisa memilih kebaya warna gold mix dengan hitam dan riasan khas Paes Solo.

 

Pilih kebaya open shoulder dan tambahkan detail ekor panjang pada kebaya. Jangan lupa, gunakan riasan sederhana agar membuatmu makin glamor dan berkelas.

 

Artikel terkait: Tips Menabung untuk Persiapan Pernikahan

  1. 9 Cara Mewujudkan Tabungan untuk Pernikahan
  2. 7 Kiat Tepat Mengumpulkan Uang Bareng Pacar Agar Bisa Nikah Tahun Depan!
  3. 7 Cara Menabung untuk Mengadakan Bridal Shower

 

10. Paes Ageng Solo Basahan Berhijab

Teman saya yang berhijab, ternyata bisa tetap tampil cantik dengan riasan Paes Ageng Solo Basahan! Wah, baru kali ini nih saya tahu kalau cewek berhijab tetap bisa mengusung konsep paes adat Jawa, lho!

 

Ia memakai manset berwarna nude untuk menutupi bagian leher dan telinga. Barulah sanggul bokor di pasang pada bagian kepala untuk menutupi rambut.  Pada bagian sanggul ini ditambahkan roncean bunga melati tibo dodo.

 

Untuk menutupi telinga, dipasang sumping berwana emas. Wah, cantik banget, deh!

 

Setelah melihat berbagai jenis paes, saya jadi ingin buru-buru nikah, nih! Duh, cari pasangan dulu sana, he-he!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

2

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett