SWARA – Imbauan social distancing dari Presiden Joko Widodo telah mendorong berbagai instansi dan pihak swasta untuk menerapkan work from home (bekerja dari rumah). Selain itu, sekolah dan universitas juga menutup sekolah dan memilih metode online untuk proses belajar mengajar selama darurat Covid-19 di Indonesia.  

 

 

Selama ini, metode e-learning atau belajar online sudah banyak dilakukan. Namun, memang nggak semasif saat ini, di mana hampir seluruh dunia menerapkannya. Tentu saja ada pro dan kontranya. Belajar online bersifat fleksibel dan lebih mudah diakses. Namun, di sisi lain, metode e-learning juga mengurangi interaksi antara guru dan siswa serta antarsiswa. Selain itu, nggak semua wilayah di Indonesia punya akses internet yang bagus. 

 

Terlepas dari itu semua, saya ingin berbagi tentang 10 aplikasi belajar online yang bisa memaksimalkan proses belajar kamu selama di rumah. 

 

1. Ruangguru

Ruangguru merupakan aplikasi bimbingan belajar daring yang sudah populer di Indonesia. Aplikasi ini punya banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam memahami materi kuliah atau pelajaran sekolah. Di sini juga ada fitur video yang disesuaikan dengan level pendidikan pengguna. Aplikasi ini menyediakan live streaming mulai jam 8 – 12 siang. Mulai dari SD hingga SMA. 

 

2. Rumah Belajar

Aplikasi belajar satu ini dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Karena itu pula pengguna dapat menggunakannya secara gratis. Rumah Belajar menyediakan proses pembelajaran berbasis audio-visual yang dilengkapi dengan elemen interaktif. Fiturnya antara lain, Peta Budaya, Laboratorium Maya, dan Sumber Belajar. 

 

Artikel Terkait: Melihat Pendidikan dari Berbagai Sudut Pandang

  1. Ingin Lanjut Studi Tapi Belum Punya Dana, Ini Seluk-beluk Pinjaman Pendidikan
  2. Pentingnya Pelajaran Bodo Amat Dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia
  3. Hey Ladies, Perlu Nggak Sih Pendidikan yang Tinggi Buat Hidupmu?

 

3. Google Classroom 

Aplikasi belajar milik Google ini terkoneksi dengan akun Gmail. Karena itu, agar lebih mudah menggunakannya, pastikan kamu sudah memiliki akun Gmail. Aplikasi ini cocok untuk orang yang mampu belajar lewat smartphone berbasis Android. Sistem belajar di Google Classroom berbentuk forum, sehingga murid pesertanya bisa saling berinteraksi.

 

4. Edmodo

Berbeda dengan aplikasi belajar lain, Edmodo punya fitur yang dapat menghubungkan guru, orang tua, dan murid. Di sini orang tua juga bisa memantau proses belajar mengajar anaknya. Di sini guru dapat memberikan tugas dan penilaian kepada murid, dan tersedia pula fitur yang menghubungkan guru dan murid secara personal. Selain itu, guru juga mendapatkan survei dari metode mengajar yang dilakukan. 

 

5. Quipper

Aplikasi yang dikembangkan Quipper Ltd ini mengikuti kurikulum nasional. Quipper memiliki ribuan video pembelajaran dan latihan soal untuk mendukung proses belajar murid. Di sini, pengguna juga bisa berinteraksi langsung dengan tutor jika ada materi yang belum dipahami. 

 

6. KelasKita

KelasKita menyediakan ragam ilmu dan pembelajaran. Contohnya, jaringan komputer, otomotif, bahasa, desain grafis, pemrograman, hingga ilmu agama. Cocok untuk berbagai jenjang pendidikan, dari level sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, KelasKita juga menyediakan fitur Kelas tanpa batas serta fitur untuk kuis tanya jawab dan diskusi antar-pengguna. 

 

7. Kelas Pintar 

Kelas Pintar menggunakan kurikulum nasional 2013 versi revisi. Aplikasi besutan PT Extramarks Education Indonesia ini cocok untuk murid kelas 1 hingga 12. Metodenya yang interaktif didukung oleh berbagai fitur audio-visual dan kinestetik. Kelas Pintar mengandalkan tiga metode belajar online yaitu Learn, Practice, dan Test. 

 

8. My Study Life

My Study Life berguna adalah aplikasi kertas online. Dengan aplikasi ini, baik siswa, guru, dan dosen dapat merancang metode pembelajaran seluruhnya. Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan catatan ujian, catatan kelas, dan catatan tugas dari pengajar. 

 

Artikel Terkait: Apa Pentingnya Asuransi Pendidikan? 

  1. Asuransi Pendidikan, Sebenarnya Perlu atau Tidak?
  2. Sebaiknya Baca Ini Dulu Jika Ingin Beli Asuransi Pendidikan untuk Anak
  3. Cermati 8 Risiko Asuransi Pendidikan Ini yang Jarang Diketahui

 

9. Microsoft Office Mobile

Konon, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi belajar online favorit siswa. Di sini siswa tidak perlu menggunakan laptop. Cukup dengan perangkat seluler yang mengunduh aplikasi Microsoft Office Mobile, pengguna bisa belajar. Selain itu pengguna juga bisa membuka fitur MS Word dan MS Excel dari gawainya.

 

10. Scribd

Aplikasi yang juga disebut sebagai Netflix versi buku ini membantu pengguna untuk belajar dari rumah dengan cara menyediakan jutaan buku yang diperlukan untuk referensi belajar. Di sini, pengguna dapat memperoleh akses buku audio serta dokumen akademik lainnya. Pengguna juga bisa menyimpan buku yang hendak dibaca di perangkat seluler secara gratis. Aplikasi ini cocok untuk anak kuliah. 

 

Itulah 10 aplikasi belajar yang bisa membantu kamu belajar dari rumah. Virus corona boleh mengintai, tapi jangan sampai melumpuhkan semangat belajar ya. Ingat, pendidikan itu nomor satu!