Beranda > Gaya Hidup > Atasi Masalah Finansial dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis, Ini Solusinya!

Atasi Masalah Finansial dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis, Ini Solusinya!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Atasi Masalah Finansial dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis, Ini Solusinya!watermark

TUNAIKU.COM – Masalah finansial masih menjadi momok bagi para pasangan yang telah menikah.Pasalnya, jika tidak dikelola oleh kedua belah pihak dengan baik maka banyak pasangan yang akhirnya memilih berpisah. Tidak ada kata sepakat mengenai masalah keuangan dapat memicu pertengkaran dan ketikdaharmonisan dalam rumah tangga. Alhasil perceraian dianggap menjadi jalan terbaik untuk keluar dari permasalahan keuangan.

 

Berbagai sebabnya pun bermacam-macam, mulai dari perbedaan jumlah pendapatan, cara mengelola uang untuk kebutuhan sehari-hari hingga kebiasaan konsumtif yang sangat ditentang oleh pasangan. Agar rumah tangga adem ayem dan jauh dari masalah keuangan maka ada solusi yang bisa dilakukan.

 

Artikel Terkait: Tips Finansial

  1. Tipe-tipe Teman yang Memengaruhi Kesehatan Finansialmu
  2. Persiapkan 6 Hal Ini Agar Kehidupan Finansial Masa Depan Lebih Baik
  3. Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannya

 

Lakukan beberapa hal ini agar harmoni rumah tangga tidak bermasalah karena masalah keuangan. Ubahlah beberapa kebiasaan positif seperti di bawah ini :

1. Tambah wawasan dengan membaca

Sebagai seorang ibu rumah tangga, kamu pasti disibukkan dengan berbagai pekerjaan di rumah. Seperti bersih-bersih, mengurus anak, dan suami. Meski begitu, sediakan sedikit waktu untuk browsing di internet ataupun mendatangi toko buku terdekat.

Jika memang kamu nggak jago mengelola uang, maka kamu harus belajar dari nol. Bisa dengan membeli buku keuangan atau membaca online di internet. Sekarang sudah banyak kok portal-portal berita yang berisi tips mengelola keuangan. Bisa dimulai dari hal sederhana, kamu pun mulai bisa mengelola uang dengan benar.

 

2. Bicarakan secara terbuka

Pasangan yang sedang berantem, pasti punya ego masing-masing untuk mempertahankan pendapatnya. Namun, segera hilangkan egomu dan ajak pasangan untuk ngobrol secara terbuka.

Kamu pun mengaku kalau nggak terlalu jago mengelola keuangan. Lalu, ajak pasangan untuk mencari solusi bareng-bareng. Daripada bertengkar nggak jelas, lebih gunakan waktu yang ada untuk memperbaiki hubungan yang sempat renggang karena bertengkar.

1

Mobile Site CTA

3. Buat rencana keuangan yang mendetail

Agar bisa sama-sama mengawasi keuangan keluarga, saya sarankan untuk bikin rencana keuangan jangka panjang. Dalam rencana ini, analisa apa saja masalah keuangan yang sering dihadapi.

Jika sudah, minta pasanganmu untuk menuliskan solusi terbaik untuk tiap masalah. Kamu pun juga harus menuliskan solusi yang bisa diambil. Biar masalah segera selesai, kamu perlu menambahkan deadline pada tiap masalah. Cara ini bisa dipakai untuk mengatasi masalah keuangan.

 

4. Konsultasi dengan pasangan lain

Jika kamu punya teman yang sudah menikah, coba untuk konsultasi dengan mereka. Siapa tahu mereka pernah mengalami masalah yang sama dan bisa memberi saran untuk menyelesaikannya, bukan?

 

Artikel  Terkait: Aplikasi yang Layak Buat Dicoba

  1. 10 Aplikasi Edit Foto Serupa Kamera Analog yang Bisa Kamu Coba
  2. 7 Aplikasi yang Membantu Menghemat Saat Belanja Kebutuhan Sehari-Hari!
  3. 5 Aplikasi Cerdas Untuk Mengelola Email di Ponsel Androidmu

 

Setelah mendengar cerita pasangan lain, kamu bisa  menentukan sendiri cara mana yang cocok dengan kondisi keuanganmu. Karena terkadang nggak semua cara yang efektif untuk satu pasangan, juga cocok untuk keluargamu.

Jika kamu dan pasangan ada komitmen untuk menyelesaikan masalah keuangan dengan baik, nggak bakal ada lagi deh isu tentang perceraian.  Kini, coba terapkan kebiasaan-kebiasaan di atas agar keluargamu nggak menghadapi masalah keuangan lagi.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett