Beranda > Finansial > Persiapkan 6 Hal Ini Agar Kehidupan Finansial Masa Depan Lebih Baik

Persiapkan 6 Hal Ini Agar Kehidupan Finansial Masa Depan Lebih Baik

Artikel ini ditulis oleh:
Persiapkan 6 Hal Ini Agar Kehidupan Finansial Masa Depan Lebih Baikwatermark

TUNAIKU.COM – Semua orang pasti ingin hidup mapan dan cukup. Namun, dua hal itu nggak bisa diperoleh dalam sekelebat mata. Untuk meraihnya pun butuh perjuangan. Kamu bisa memulainya dari sekarang. Tetap optimistis. Ingat, di dunia ini nggak ada kata terlambat dan semuanya itu mungkin.

 

Menyiapkan kehidupan finansial memang lebih baik dimulai sejak muda atau sebelum umur 20-an. Namun kalau pun belum, kamu masih bisa memulainya sekarang agar kehidupan kamu di masa depan bisa lebih baik. Ada beberapa cara dan statregi yang bisa kamu lakukan. Simak, yuk!

 

Artikel Terkait: Melunasi Tagihan Kartu Kredit

  1. 6 Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk di Usia 30-an!
  2. Kenali Ciri-Ciri Penggunaan Kartu Kredit yang Membahayakan Keuanganmu!
  3. Ingin Punya Kartu Kredit? Pahami Dulu 10 Hal Ini

 

1. Mulailah berinvestasi

Peluang itu sangat erat hubungannya dengan investasi. Inilah faktor yang menjadi panduan kamu saat berinvestasi. Sebagai tahap awal, kamu harus memiliki minat dan niat serta alasan kamu berinvestasi. Memulainya pun nggak butuh modal besar. Mulailah dengan dan sesuai dana yang kamu punya. Idealnya, kamu bisa menyisihkan 25% dari gaji untuk investasi. Namun, selalu pertimbangkan untung dan rugi serta pilihan instrumen investasimu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk bermitra dengan orang lain. Pilihlah orang yang kredibel dan bisa kamu percaya.

 

2. Hindari berutang untuk kebutuhan konsumtif

Terus-terusan mengikuti trend itu menguras kantong. Setiap tahun atau per kuartal, selalu ada model baru dari merek tertentu seperti mobil, motor, gadget, sampai fashion. Untuk itu penting untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai kamu berutang demi gaya hidup konsumtif. Bila keadaan ini berlanjut, kamu sendiri yang bakal susah di waktu depan. Sebaliknya, fokuslah pada kebutuhan utama.

 

Sebenarnya pengeluaran konsumtif itu boleh saja. Selama itu hanya sesekali dan kamu memiliki batasan. Beri batasan setiap beberapa bulan sekali. Jangan pernah membeli barang baru sebelum tagihan pembelian sebelumnya selesai. Selalu pertimbangkan dengan matang agar beban keuanganmu nggak menumpuk di masa depan.

 

3. Punya tabungan untuk kebutuhan mendadak

Dana untuk kebutuhan mendadak adalah sesuatu yang harus kamu miliki. Sisihkan 10% dari penghasilan kamu setiap bulan. Tabungan inilah yang bakal menyelamatkan kamu pada saat situasi mendesak. Selain itu, pada masa pensiun atau sudah nggak berpenghasilan tetap, emergency fund inilah yang bisa membantu kondisi kamu. Karena itu rajin-rajin menyisihkannya ya setiap bulan.

 

4. Bangunlah aset yang mendukung kehidupan finansial

Membangun aset itu sulit, tapi penting. Bila kamu memulainya sekarang, kamu bisa menikmati hasilnya saat pensiun. Banyak cara untuk melakukannya, tergantung dari minat dan peluang. Sumbernya pun bisa dari tabungan atau penghasilan. Kamu bisa melakukannya sambil memiliki pekerjaan tetap, kok. Asal profesional dan bisa membagi waktu. Perjuangan kamu bakal berat, tapi nggak ada yang berhasil dengan instan. Bila berhasil, kamu pun bisa dapat penghasil aktif maupun pasif.

 

5. Punya rencana finansial yang jelas

Kamu nggak bisa menghindari pengeluaran untuk kebutuhan setiap bulan. Untuk itu kamu harus bisa mengelola dengan cermat dan cerdas. Bagilah penghasilanmu ke dalam beberapa kategori: 50% untuk kebutuhan rutin, 25% untuk investasi, 15% tagihan, dan 10% untuk emergency fund. Perencanaan keuangan yang baik bakal bikin masa depan keuanganmu terjamin. Kamu pun bisa menyiapkan diri menghadapi masa pensiun tanpa kesulitan finansial.

 

Artikel Terkait: Mengelola Keuangan dengan Bijak

  1. Ingin Punya Kartu Kredit? Pahami Dulu 10 Hal Ini
  2. 10 Aplikasi Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Ada di Smartphone-mu
  3. Lakukan 8 Hal Ini untuk Mengatur Uang saat Usia 30-an

 

6. Jangan biasakan menunda membayar utang atau tagihan

Kadang kala, kamu harus meminjam dana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun ingat, pinjaman itu harus kamu bayar tepat waktu dan dengan perhitungan yang matang, ya. Jangan sampai pembayaran utang malah mengganggu tabungan bulanan kamu. Oh ya, kamu bisa memanfaatkan platform Tunaiku http://tunaiku.com untuk membayar tagihan pinjaman kamu. Tunaiku menyediakan dana tunai dengan persetujuan kurang dari 24 jam, verifikasi mudah, dan proses yang cepat.

 

Itu adalah kiat-kiat dari Gentlemancode yang bisa membantu finansialmu menjadi lebih baik. Semoga membantu, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, camping ground, camping ground di malang, liburan seru di malang

 

 

 


Artikel ini ditulis oleh:

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett