Beranda > Finansial > Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannya

Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannya

TimotiusTimotius
Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannyawatermark

TUNAIKU.COM – Bercita-cita ingin mandiri secara finansial saat muda. Ya, sekitar usia 20 tahun, kamu pasti mau merasakan sensasi hidup yang berbeda. Terutama mengenai pengelolalan keuanganmu.

Belanja bulanan, berbagai tagihan yang datang, investasi, dana asuransi, dan masih banyak lagi biaya berlangganan yang akan terus berdatangan. Jika kamu belum menyiapkan rencana finansialmu secara matang, akan banyak tantangan yang dihadapi. Mulai dari stres hingga jeratan utang dengan keluarga atau pihak lain.

 

Artikel terkait: Tips cermat mengatur keuangan bagi dewasa muda

  1. 7 Cara agar Kita Terbiasa Disiplin Mengatur Keuangan Sejak Muda
  2. Hobi Hangout? Lakukan 7 Cara Ini agar Keuanganmu Tetap Terjaga!
  3. Anti Bangkrut & Kalap Meski Suka Belanja Online? Lakukan 7 Hal Ini!

 

Namun jangan khawatir, meskipun terkesan sulit dan memberikanmu banyak tekanan, nggak ada kata terlambat untuk membuat rencana finansial bagi masa depanmu. Selain itu, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuanmu sebagai penunjang agar kamu bisa hidup mandiri. Kira-kira tips-tips yang harus dilakukan supaya kamu dapat mandiri secara finansial? Berikut penuturannya!

 

1. Mengembangkan keterampilan

Nggak semua orang mengalami awal perjalanan karier yang mulus, kebanyakan orang justru membenci pekerjaan pertamanya. Sama seperti saya, saya mengawali karier saya dengan pekerjaan yang sama sekali nggak saya sukai. Saya menginginkan pekerjaan dengan fleksibilitas tinggi dengan job description yang menantang, tetapi saya lebih banyak diberikan tugas untuk menerima panggilan telepon dan memasukkan data administrasi.

 

Namun, poin positif yang dapat diambil adalah saya dapat melatih kemampuan menulis dan juga mengerti dasar-dasar Microsoft Office. Selain itu, saya bisa melatih gaya berbicara saya ketika saya menerima panggilan telepon. Sekarang ini, saya dapat menghasilkan uang dari kemampuan menulis dan juga dari menerjemahkan artikel.

 

Jadi, bagi kamu yang belum menemukan pekerjaan yang cocok, bersabarlah dan cobalah untuk mengambil sisi positifnya dengan cara mengembangkan keterampilan yang bisa kamu dapatkan dari tempat tersebut. Yang terpenting, jangan takut ketika kamu membuat kesalahan, karena justru dari kesalahanlah kamu bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

 

2. Mengontrol bujet pengeluaran

Cara termudah untuk memeriksa bujet pengeluaran adalah dengan mengumpulkan seluruh bon pengeluaran dan tagihanmu dalam waktu satu bulan, lalu jumlahkanlah nominalnya. Dengan memeriksa bujet pengeluaranmu, kamu bukan hanya bisa memperkirakan bujet untuk bulan depan, tetapi kamu juga bisa memperkirakan anggaran apa yang dapat dipotong atau bahkan yang anggaran yang tidak diperlukan.

 

3. Menyiapkan dana darurat

Jangan pernah lupa untuk menyiapkan dana darurat. Memang, pada umumnya, dana darurat adalah salah satu simpanan keuangan yang paling penting namun juga paling sering dilupakan. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila kamu menyiapkan dana darurat. Sebagai contoh, jika nantinya orang tuamu sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar, kamu tidak perlu kebingungan untuk biaya pengobatannya. Selain itu, dengan menyiapkan dana darurat, kamu pun tidak perlu berutang untuk menutupi pengeluaran yang bersifat mendesak.

 

4. Mulai anggarkan dana asuransi

Ada baiknya jika kamu mulai menyisihkan pendapatanmu untuk asuransi, meskipun kamu masih berusia kepala dua. Dengan masuk kategori usia dewasa muda, kamu dituntut untuk lebih bertanggung jawab terhadap hidupmu dan juga orang-orang terdekatmu. Ingat, nggak ada satupun manusia yang tahu hari sesok. Karena itu, kamu perlu memproteksi diri dengan asuransi jiwa; setidaknya, masa depan keluargamu akan tetap terlindungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepadamu.

 

Bagi kamu yang belum memiliki asuransi, ajukanlah asuransi dengan premi yang paling terjangkau. Selain itu, kesulitan apabila kamu menunda beasuransi adalah proses pengajuan asuransi akan jauh lebih sulit apabila kamu kamu lakukan di atas usia 40 tahun.

 

Artikel terkait: Yuk, mulai ajukan asuransi!

  1. Kiat Memilih Asuransi Berdasarkan Kondisi Finansialmu
  2. Ini 5 Alasan Kamu Butuh Asuransi sejak Muda!
  3. 10 Istilah Asuransi yang Paling Umum Dipakai Agar Kamu Nggak Bingung

 

5. Hilangkan kebiasaan bergantung pada orang tua

Percaya deh, nggak ada hal yang lebih membanggakan bagi kedua orang-tuamu selain melihatmu dapat tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri, baik secara mental, rohani, dan juga secara finansial. Maka, sebisa mungkin janganlah kamu bebankan biaya hidupmu kepada mereka, apalagi jika keadaan finansial orang-tuamu juga agak sulit. Lebih baik kamu mencukupkan kebutuhanmu dalam satu bulan dengan gajimu selama satu bulan.

 

Namun, apabila kondisi keuangan mereka lebih maju dan mereka memaksamu untuk menerima sokongan dana dari mereka, jangan kamu gunakan untuk berfoya-foya lebih baik kamu simpan untuk tabungan masa depanmu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett