Beranda > Gaya Hidup > 7 DIY Dekorasi Dinding Rumah yang Bisa Ubah Suasana Rumahmu Jadi Lebih Nyaman

7 DIY Dekorasi Dinding Rumah yang Bisa Ubah Suasana Rumahmu Jadi Lebih Nyaman

Artikel ini ditulis oleh:
dhandyDhandy
7 DIY Dekorasi Dinding Rumah yang Bisa Ubah Suasana Rumahmu Jadi Lebih Nyamanwatermark

TUNAIKU.COM – Setelah melewati penatnya aktivitas sehari-hari, rumah menjadi tempat berlabuh terakhir bagi setiap orang untuk melepaskan kelelahannya. Selain menjadi tempat beristirahat, rumah juga dianggap sebagai tempat yang paling nyaman untuk bercengkerama dengan keluarga.

 

Karenanya, rumah yang bersih dan rapi juga menjadi salah satu faktor yang bisa menambah kenyamanan di dalam rumah itu sendiri. Terkadang, walau rumah sudah tertata rapi dan bersih, kamu tetap masih merasa ada sesuatu yang kurang dari rumahmu. Kalau kamu merasakan hal tersebut, itu tandanya kamu perlu mengatur ulang dekorasi di dalam rumah supaya bisa menambah mood atau kenyamanannya.

 

Artikel Terkait: Coba DIY dengan Barang-barang Bekas!

  1. DIY Kaos Polos Dengan Cara Sederhana Berikut Supaya Lebih Kekinian
  2. DIY Jeans Lama Supaya Tampak Baru
  3. Buat Jeans Kamu Lebih Keren dan Gaya dengan 5 Jenis DIY ini!

 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, seperti mengecat ulang seluruh ruangan, mengatur ulang posisi perabot rumah, atau juga kamu bisa menambahkan ornamen-ornamen di dinding supaya ada suasana baru. Opsi yang terakhir tadi bisa menjadi salah satu alternatif yang asik, karena kamu bisa menambahkan ornamen sesuai selera keluargamu.

 

Untuk menambahkan ornamen dinding, kamu bisa dengan mudah membelinya di toko perabot rumah, pusat perbelanjaan, ataupun bisa didapatkan secara online. Tapi, ada satu cara yang lebih asik dari sekadar membeli, yaitu kamu bisa membuatnya sendiri dan melakukannya bersama-sama dengan keluargamu di akhir pekan.

 

Berikut ada beberapa tips dan rekomendasi ornamen atau dekorasi dinding yang bisa kamu buat sendiri di rumah!

 

 

  • 1. Talenan bisa dijadikan hiasan lho!

 

 

Kamu bisa menjadikan talenan yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah hiasan dinding yang unik. Caranya adalah kamu lukis talenan itu dengan warna-warna yang mencolok dan dengan bentuk-bentuk yang sesuai dengan seleramu.

 

Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanya talenan bekas, cat kayu, dan koas. Talenan ini bisa kamu aplikasikan di dinding, kemudian kamu susun dengan baik supaya bisa terlihat lebih estetik.

 

 

  • 2. Wadah telur yang dijadikan hiasan pada bingkai cermin

 

2diy

 

Jika kamu menemukan bekas wadah telur di dalam rumahmu, jangan keburu dibuang ya! Kamu bisa berkreasi dengan benda yang selalu dibuang jika sudah tidak terpakai ini. Caranya, kamu bisa membuat hiasan untuk bingkai cermin dari benda ini.

 

Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanya wadah telur yang sudah tidak terpakai, cutter, dan juga lem. Cara membuatnya sangat mudah ternyata, pertama kamu pisahkan bagian-bagian yang ada menjadi sebuah satuan-satuan kecil. Kemudian kamu bentuk menjadi bunga. Kelopak bunga bisa terbentuk dari tumpukkan wadah telur yang sudah dipisahkan tadi. Satu kelopak bunga terbentuk dari kombinasi yang paling besar hingga yang paling kecil.

 

Setelah terbentuk bunga, kamu bisa aplikasikan bunga-bunga tersebut dengan menempelkan ke sisi cermin yang ingin kamu hias. Jadilah bentuk baru dari cermin lamamu.

 

 

  • 3. Memberi sentuhan warna di dinding menggunakan spons cuci piring

 

3diy

 

Untuk yang satu ini mungkin yang paling mudah buat kamu lakukan dengan buah hati. Kamu hanya perlu spons cuci piring dan cat dinding. Kamu bisa menggunakan lebih dari satu warna cat. Caranya sangat mudah, kamu hanya aplikasikan cat tersebut dengan spons, kemudian kamu tempelkan spons yang sudah tertempel cat ke dinding rumah.

 

Nanti akan muncul tekstur yang unik dari spons tersebut. Namun, sebelum kamu mengaplikasikan cat ke dinding, kamu harus memikirkan konsep. Konsep apa yang akan kamu buat supaya nantinya bisa membentuk suatu bentuk yang unik. Jadi tidak terlihat asal-asalan.

 

  • 4. Papan kayu bekas jangan segera dibuang!

 

 

Ini juga sangat mudah! Kamu hanya perlu papan bekas dan tali goni ukuran besar. Hiasan ini bisa digunakan untuk meletakan hiasan-hiasan kecil ataupun pot bunga. Bisa kamu letakkan di dinding rumah bagian luar.

 

Caranya mudah, pertama kamu bentuk papan sesuai keinginanmu, lalu buat lubang di ujung-ujung papan. Kemudian, kamu cat papan tersebut senada dengan warna dinding yang akan diaplikasikan. Jika, cat sudah kering, kamu bisa lanjutkan dengan memasang tali goni supaya bisa digantung di dinding.

 

Artikel Terkait: DIY Buat Kalian Penggemar Skin Care dan Make Up

  1. Nggak Perlu Beli, Coba 7 DIY Face Mist Ini di Waktu Luang
  2. Daripada Beli, Ini Tiga Ide DIY Lipstik yang Bisa Kamu Coba
  3. Cara Praktis Bikin Wajah Cerah, Coba DIY Soothing Gel Ini!

 

  • 5. Ranting kayu juga bisa jadi sesuatu yang unik

 

 

Ranting kayu yang sudah jatuh ke tanah pasti akan segera dibuang menjadi sampah, ataupun dibakar. Ternyata, ranting kayu bisa dijadikan ornamen dinding yang unik. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya ranting kayu, kertas, pensil, cat, koas, dan lem dinding.

 

Hal pertama yang kamu lakukan adalah, cari beberapa ranting kayu yang memiliki ukuran yang hampir sama. Ukuran ranting dapat menentukan bentuk dan nilai estetikanya. Setelah itu, kamu tentukan mau membuat bentuk seperti apa. Kemudian, kamu gambar bentuk yang mau dibuat di atas kertas. Lalu kamu susun dan sesuaikan ukuran ranting dengan bentuk yang ada di kertas.

 

Selanjutnya, jika sudah tersusun, kamu bisa tempelkan ranting-ranting itu dengan lem. Lalu, kamu bisa memberi warna pada ranting tersebut. Kamu bisa membuat efek gradasi dengan menggunakan beberapa warna yang senada. Efek ini bisa menambah kesan dramatis pada ornamen ini.

 

 

  • 6. Bekas gulungan tisu jadi sesuatu yang berestetika

 

6diy

 

Alternatif lain yang sering kita temukan di dalam rumah, yaitu bekas gulungan tisu. Bagian dalam tisu gulung yang memiliki tekstur keras bisa kita gunakan sebagai ornamen dinding. Caranya adalah dengan menggabungkan sejumlah gulungan tisu hingga membentuk suatu bentuk baru yang kita inginkan.

 

Kita bisa menempelkan gulungan tisu tersebut dengan lem. Namun, kalau kamu mau mendapatkan hasil yang lebih unik, kamu bisa memberi warna pada gulungan tisu tersebut sebelum digabungkan atau ditempel.

 

Setelah gulungan tisu sudah membentuk suatu bentuk baru, barulah kamu bisa letakkan di dinding rumah menggunakan paku sebagai pengait ke gulungan tisunya.

 

 

  • 7. Kamu bisa buat jendela tanpa kusen dan kaca!

 

Ada tips yang terakhir buat kamu yang ingin membuat jendela baru tanpa menghancurkan tembok, dan juga tanpa membutuhkan kusen dan kaca. Caranya adalah kamu menghias tembokmu dengan melukis bentuk jendela di dinding tembok tersebut.

 

Kamu bisa melukis sesuai seleramu. Cari bentuk-bentuk jendela yang unik untuk diaplikasikan di tembok kamu. Kamu hanya butuh cat, koas, penggaris dan pensil. Sebelum kamu memberi warna, kamu buat dulu polanya ya!

 

Itu dia beberapa inspirasi dan tips untuk mengubah suasana rumahmu dengan DIY hiasan dinding. Selain membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman, kamu juga bisa memanfaatkan momen ini bersama dengan keluargamu.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett