Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Jalin Hubungan Harmonis dengan Ibu Mertua

5 Tips Jalin Hubungan Harmonis dengan Ibu Mertua

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Tips Jalin Hubungan Harmonis dengan Ibu Mertuawatermark

TUNAIKU.COM – Menjalani rumah tangga, urusannya nggak terbatas dengan pasangan saja, lho. Ada faktor-faktor eksternal yang juga harus dijaga keharmonisannya supaya keluarga kecilmu selalu adem ayem.

 

Nah, salah satu pihak yang harus kamu jaga benar supaya selalu harmonis tentu saja adalah mertua.  Menjaga hubungan baik dengan mertua itu, memang gampang-gampang susah. Apalagi di tahun-tahun awal pernikahan, saat harus berupaya mendekatkan diri. Supaya proses ini berjalan mulus, kamu bisa terapkan 5 tips jalin hubungan harmonis dengan ibu mertua berikut!

 

Artikel Terkait: Tips-tips Menghadapi Mertua

  1. Tips untuk Mengatasi Perasaan Canggung ketika Bertemu Mertua
  2. Alasan Kamu Perlu Mengenal Karakter Calon Mertua sebelum Menikah
  3. Jurus Jitu jadikan Dirimu Menantu Kesayangan Mertua

 

1. Jaga perilaku dan tetap menaruh hormat

Sudah dekat sekali dengan ibu mertua bukan berarti kamu bisa bertindak seperti di rumah sendiri. Kamu tetap harus menjaga perilaku dan berbicara yang sopan. Hormati juga perbedaan-perbedaan yang ada di antara kalian, dan berkompromilah. Jangan lupa libatkan suami/istri saat sedang membahas hal-hal seperti ini.

 

2. Nggak usah lebay dan selalu menjadi diri sendiri apa adanya

Hanya karena kamu ingin menjadi menantu idaman, bukan berarti jadi harus ‘menghalalkan’ segala cara untuk memenangkan hati ibu mertua. Harus yang wajar-wajar saja, dan nggak usah berlebihan. Misalkan, saat memuji atau mengapresiasi masakannya; atau saat sedang berkunjung dan membantu pekerjaan rumah. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak pernah berujung baik!

 

3. Jangan membeda-bedakan perlakuan

Ibu dan ayah dari pasangan, adalah orang tuamu juga, lho. Jadi, jangan membeda-bedakan perlakuan, ya. Jika kamu mengunjungi orang tuamu sebulan sekali, kunjungan ke rumah mertua pun harus dijadwalkan. Atau sesederhana saat membawakan oleh-oleh selepas bepergian. Jangan pilih kasih, ya. Baik orang tua maupun mertua, pastilah ingin mendapatkan perhatian yang sama dari anak dan menantunya.

 

4. Komunikasi yang sehat dan intens

Komunikasi adalah kunci. Pun dengan ibu mertua. Komunikasi yang kalian lakukan selama ini seperti apa, sih? Apakah hanya ngobrol saat sedang berkunjung ke rumah? Wah, sebaiknya jangan seperti itu. Di sela-sela kesibukan sehari-hari, sempatkan untuk menyapa ibu mertua melalui telepon atau pesan singkat.  Bisa menanyakan kabar, menanyakan resep favorit pasangan dan keluarga, atau janjian untuk belanja bareng.

 

Artikel Terkait: Membangun Keluarga Idaman

  1. Potret Harmonis Keluarga Seleb Indonesia, Bisa Ditiru
  2. Lakukan Hal Ini untuk Membantu Mencerdaskan Anak Sejak dalam Kandungan
  3. 5 Hal Penting Belajar Mendidik Anak dari Barack Obama

 

5. Akrabkan ibu mertua dengan cucunya

Cucu, yang menjadi kesayangan mertua. Bahkan terkadang melebih sayangnya kepada pasanganmu sebagai sang anak. Hehe.  Oleh karena itu, ada baiknya  kalau kamu mengakrabkan anak-anakmu dengan mereka. Ajak mereka tamasya di akhir pekan. Atau, sekadar meminta tips-tips seputar mengurus si kecil. Ibu mertua pasti senang dilibatkan seperti ini. Namun, ingat juga. Kamu juga berhak memberi batas seberapa jauh ibu mertua boleh memanjakan si kecil, ya. Kalau dirasa sudah tidak sesuai dengan prinsip kalian sebagai orang tua, kamu boleh menegur baik-baik, kok.

 

Menurutmu bagaimana? Apakah kamu mengalami kesulitan saat awal-awal berinteraksi dengan Ibu mertua? Jika punya saran lain, bagikan di kolom komentar, dong!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett