Beranda > Gaya Hidup > 5 Hal Penting Belajar Mendidik Anak dari Barack Obama

5 Hal Penting Belajar Mendidik Anak dari Barack Obama

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
5 Hal Penting Belajar Mendidik Anak dari Barack Obamawatermark

TUNAIKU.COM – Menjadi orangtua merupakan tangung jawab yang besar. Ketika memiliki anak, secara nggak langsung kamu mendapat amanah untuk membesarkan anak menjadi manusia yang baik. Tantangannya pun banyak, sehingga kamu butuh strategi dan metode mendidik anak di rumah.

Salah satu figur yang dianggap sebagai teladan adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-44, Barack Obama. Selama 8 tahun memimpin Amerika, Obama telah menunjukkan banyak sekali contoh tentang bagaimana membesarkan anak. Berikut adalah beberapa pelajaran yang bisa kamu tiru dari Obama.

 

Artikel Terkait: Membahagiakan buah hati.

  1. 7 Ide Staycation Bersama Anak di Akhir Pekan, Murah dan Bikin Makin Kompak!
  2. Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Akhir Pekan!
  3. Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekan

 

1. Memberi pujian

Sebagian besar orangtua di Indonesia masih menganggap bahwa pujian nggak terlalu baik saat mendidik anak. Sebab, pujian itu bisa menjadikan anak manja. Padahal, anak juga membutuhkan kata-kata yang positif untuk memotivasi mereka. Obama melakukan hal ini. Saat memberikan pidato, tak jarang Obama menyebutkan dua nama anaknya, Malia dan Sasha, serta menyanjung mereka. Bukan dengan kata-kata yang berlebihan, namun encouraging.

 

2. Menjadi teladan

Dalam mendidik atau mengajari anak tentang sebuah nilai, orangtua harus menjadi contoh pertama yang bisa dilihat anak. Misalnya, mengajari anak agar membuang sampah pada tempatnya. Anak tentu bingung ketika orangtua malah buang sampah sembarangan, yang mana berbeda dengan nilai yang sedang diajarkan. Obama melakukan hal ini dalam mendidik Malia dan Sasha. Dia dan Michelle Obama selalu menjadi teladan. Jadi nggak cuma teori, tapi juga praktik.

 

3. Memiliki sisi humoris

Peran sebagai orangtua memang harus dijalankan secara serius. Namun bukan berarti kamu nggak boleh memiliki selera humor. Justru, selera humor itu penting dalam mendidik serta membangun sebuah keluarga. Menjadi orangtua bisa sangat melelahkan, dan justru karena itulah kamu harus bisa tertawa atau bercanda dengan pasangan ataupun anak. Hal ini juga bisa memperkuat ikatan antar satu anggota keluarga dengan yang lain.

CTABARU3

Mobile Site CTA

4. Menyayangi anak tanpa syarat

Obama pernah berkata “Di atas segalanya, anak membutuhkan cinta tak bersyarat dari kita, orangtua.” Orangtua harus tetap menyayangi anak baik di saat anak berkelakuan baik ataupun melakukan kesalahan. Anak juga manusia dan mereka tentu pernah atau akan melalui fase nakal. Di sinilah orangtua harus membantu anak untuk melaluinya. Jangan buru-buru menghukum anak, tetapi sejajarkan diri sebagai teman yang bisa jadi teman cerita dan dipercaya.

 

5. Menjadi feminis

Obama mengakui bahwa dirinya adalah seorang feminis. Dia dan Michellle membesarkan dua putrinya tanpa memberlakukan peran gender, serta mengajari mereka untuk nggak memperlakukan atau menilai orang lain berdasarkan ras dan jender.

Di sini, Obama menunjukkan nilai-nilai feminis yang paling dasar. Kamu bisa meniru cara Obama. Bila kamu punya anak cowok maupun cewek, besarkan mereka dengan nilai-nilai ini. Agar mereka bisa tumbuh menjadi manusia yang baik dan nggak ikut melanggengkan sistem patriarki.

 

Artikel Terkait: Mendidik anak.

  1. Tips Memberikan yang Terbaik Bagi Anak Tanpa Menjadi Orang Tua yang Boros
  2. Cara Sederhana untuk Bangun Rasa Toleransi Pada Anak Sejak Usia Dini
  3. Ini Dia Jurus Jitu Untuk Menghadapi Anak Yng Malas Belajar

 

Pada dasarnya membesaran anak itu juga mengajarkanmu untuk menjadi orangtua. Terutama ketika anak pertama lahir. Hal-hal yang dilakukan Obama, sekilas mungkin terdengar klise atau mudah. Akan tetapi, praktiknya membutuhkan konsistensi dan cinta dari dua orang tua agar anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berakhlak.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett