Beranda > Gaya Hidup > Tips untuk Mengatasi Perasaan Canggung ketika Bertemu Mertua

Tips untuk Mengatasi Perasaan Canggung ketika Bertemu Mertua

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Tips untuk Mengatasi Perasaan Canggung ketika Bertemu Mertuawatermark

TUNAIKU.COM – Hubunganmu dengan mertua memiliki andil yang besar dalam keharmonisan keluarga. Tanpa restu dari mereka, jalinan cintamu dengan pasangan bakal menghadapi hambatan. Kenyataannya memang enggak mudah membangun hubungan dengan mertua. Ini selalu jadi problem pernikahan bagi siapa saja.

 
Setiap mertua memiliki karakter yang berbeda-beda dan kadang berbeda prinsip juga denganmu. Inilah yang menjadi tantangan bagi para menantu. Karena hal ini, kamu mungkin jadi sering merasa canggung setiap kali harus bertemu mertua. Jangankan sebelum menikah, setelah menikah pun terkadang masih canggung juga.
Memang enggak mudah menyeimbangkan keinginanmu sendiri dengan keinginan mertua. Namun, sikap intoleransi dan rasa canggung tersebut bisa dihilangkan dengan cara berikut!

 

Artikel terkait: Tips agar kamu bisa lebih mengenali pasanganmu!

  1. 10 Pertanyaan Anti-awkward untuk Memulai Obrolan di Aplikasi Online Dating
  2. Cek, 4 Sinyal Chat Ini Artinya Cowok Nggak Serius Jalin Hubungan

Tanda Cowok Naksir Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian MBTI

 

1. Selalu tersenyum dan menyapa duluan

Kalau mertuamu memiliki karakter pendiam, maka kamu yang harus aktif ngajak mereka ngobrol duluan. Tersenyum dan sapalah duluan saat bertemu. Ajak mereka ngobrol dari mulai hal-hal yang sederhana.

 

2. Hindari semua alat komunikasi

Saat bertemu mertua baiknya simpan segala alat komunikasi. Menghindari rasa canggung bukan berarti kamu bebas mainan gadget, apalagi di hadapan mertua. Jangan sibuk dengan urusan sendiri, karena ini akan membuat mereka merasa enggak dihargai. Kamu harus tetap mencari cara lain agar kamu enggak merasa canggung.

 

3. Ajak cerita tentang masa kecil pasanganmu

Kamu bisa iseng-iseng membuka album foto dan menunjukkannya kepada mertuamu. Itu akan membuatnya mau bercerita banyak. Kalian mungkin akan tertawa bersama saat sedang bercerita mengenai kelakuan konyol pasanganmu. Hal ini tentu bikin suasana menjadi cair dan mertua semakin respect denganmu, karena itu artinya kamu sangat perhatian terhadap pasangan.

 

4. Pahami kebiasaan keluarga pasangan

Meskipun sudah menikah, jangan berhenti mencari tahu kebiasaan keluarga pasangan. Dalami lagi tentang apa yang mereka sukai dan enggak mereka sukai beserta alasannya. Tindakan-tindakan apa yang enggak boleh dilakukan di hadapan keluarga pasangan. Dengan begini kamu jadi tahu batasan-batasan yang harus dilakukan maupun enggak.

 

5. Minta pasangan untuk temani kalian ngobrol

Sebetulnya ini bisa jadi pemanasan agar kamu mulai terbiasa ngobrol bersama mertua. Kalau ada pasangan, kamu jadi tahu topik-topik obrolan apa yang asyik dibicarakan oleh mertuamu. Jika sudah melakukan pemanasan seperti ini, kamu bisa lebih percaya diri mengobrol berdua saja dengan mertua.

 

6. Jangan bersikap pasif atau berlebihan

Saat mertua sedang mengobrol dengan anggota keluarganya yang lain, berusahalah untuk terlibat. Namun, kamu perlu membatasi diri dan jangan bersikap sok tahu. Kamu juga sebaiknya menatap mata lawan bicara. Duduk sopan, jangan dibuat-buat, dan jadilah diri sendiri. Cara ini bisa membuatmu semakin rileks setiap bertemu mertua.

 

7. Minta pendapat mengenai hal yang dikuasai mertua

Kalau mertuamu adalah seorang guru, kamu bisa sering tanya-tanya soal kehidupan anak sekolah zaman sekarang, bagaimana dia memahami karekter setiap murid. Kamu juga bisa lengkapi pembicaraan dengan menceritakan kehidupan adikmu yang masih sekolah. Dengan begitu, kamu bisa tambah nyambung ngobrol bareng mertua.

 

Bagaimana nih, sudahkah kalian melakukan hal-hal di atas? Jangan menyerah untuk mengambil hati mertua ya!

 

Artikel terkait: Sukses liburan tanpa gangguan bareng anak dengan tips berikut!

  1. Tips Agar Lancar Melakukan Perjalanan ke Luar Kota Bersama Bayi
  2. Tips Bisa Liburan dengan Lancar Bersama Bayi di Bawah 1 Tahun
  3. Yuk, Kemping Seru di Penghujung Minggu Sekitaran Jakarta Pakai Modal Tunaiku 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett