Beranda > Gaya Hidup > Alasan Kamu Perlu Mengenal Karakter Calon Mertua sebelum Menikah

Alasan Kamu Perlu Mengenal Karakter Calon Mertua sebelum Menikah

SWARA TUNAIKUSwara
Alasan Kamu Perlu Mengenal Karakter Calon Mertua sebelum Menikahwatermark

TUNAIKU.COM – Seberapa penting mengenal karakter calon mertua sebelum menikah? Menurut saya tingkat kepentingannya setara dengan proses mengenali calon pasangan hidup. Hanya saja, memang porsinya lebih kecil sedikit. Bukankah untuk menikah itu perlu restu dari orang tua calonmu? Jika ya, simak alasan penting berikut agar kamu lebih menghargai camer.

 

Artikel Terkait: Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah

  1. Pentingkah Punya Tabungan Bersama Sebelum Menikah? Perhatikan 7 Hal Ini
  2. Bagaimana Cara Melunasi Utang Sebelum Menikah? Coba Terapkan Cara Ini
  3. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan

1. Biar tahu kebisaan buruk calon mertua

Nggak gampang mengetahui kebiasaan buruk calon mertua. Kamu wajib memiliki kepekaan tersendiri agar tahu apa yang sebenarnya terjadi. Soalnya, mana ada, sih, calon mertua yang menunjukkan kebiasaan buruk di depan calon menantu idaman? Biasanya, baru kelihatan setelah pernikahan berjalan dalam rentang tertentu.

 

Namun, nggak ada calon mertua yang sempurna. Maksudnya, nggak memiliki kebiasaan buruk, begitu. Biarpun hanya satu, tetap ada. Ketika kamu sudah kenal, apalagi akrab dengan calon mertua, dengan sendirinya kamu akan tahu kebiasaan buruk atau baik darinya. Dengan begitu, ketika muncul saat masa pernikahan usai, kamu sudah maklum.

 

2. Biar bisa belajar untuk mandiri secara serius

Menikah itu memang bukan perkara main-main. Ketika seseorang menikah, dengan sendirinya harkat dan martabatnya naik di lingkungan masyarakat. Apa jadinya ketika sudah menikah, mertua banyak ikut campur terhadap kehidupan rumah tanggamu? Apalagi kalau sampai tetangga tahu. Bisa-bisa kamu jadi bahan gunjingan yang empuk sehari-hari.

 

Ketika sudah kenal dengan calon mertua, dengan sendirinya kamu akan tahu cara terbaik dalam menempatkan diri sesuai posisi. Jadi, ketika mereka berusaha ikut campur, kamu tahu cara menghadapinya. Begitu pula ketika kamu terkena masalah dan mereka mengulurkan tangan bantuan. Terima, lalu kembali lagi ke jalur rumah tanggamu sendiri.

 

3. Biar bisa mengambil hatinya

Ini bukan perkara cari perhatian, ya. Anggap saja mengenal karakter calon mertua sebelum menikah itu sebagai tahapan memperoleh kebahagiaan secara lengkap. Baik dari pasangan, maupun calon mertua. Bukankah bagus kalau kamu sudah mendapatkan restu dari mereka sebelum menikah? Jadi, nggak ada acara semacam pemaksaan segala.

 

Inilah yang paling sering diabaikan oleh calon yang hendak menikah. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu berdua tanpa mempertimbangkan persetujuan dari calon mertua. Padahal, persetujuan dari calon mertua itu memiliki andil sebanyak 50% dari suksesnya acara resepsi pernikahan yang kamu impikan. Namun, jangan lupa kenali pula karakter calon iparmu.

 

4. Biar bisa memasuki kehidupan calon mertua lebih dalam lagi

Pasangan yang sudah mengenali karakter calon mertua biasanya lebih berani untuk bilang “Mama” atau “Bapak”. Kalau belum kenal, jangankan memanggil dengan kata ganti itu, menatap saja mungkin gemetaran. Betul, nggak? Kalau nggak begini, nanti yang ada cuma pacaran di luar ruangan terus. Menurut saya nggak sehat pacaran model begitu.

 

Bagaimana pun, orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mereka pasti sedih ketika anaknya pacaran tanpa mereka ketahui. Rasanya kayak dibohongi. Ketika sudah kenal betul dengan karakter calon mertua, kamu bisa tuh cerita banyak-banyak. Topik apa pun yang dibahas jadi terasa asyik.

 

Artikel Terkait: Kamu Merasa Sulit Bahas Mengenai Uang dengan Pasangan? Baca Ini!

  1. Alasan Sulit Bicara Soal Uang dengan Pasangan dan Cara Mengatasinya
  2. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang pada Pasangan
  3. Daripada Atur Postingan Pasangan di Medsos, Mending Atur Keuangan Bersama, Yuk!

5. Kenal karakter calon mertua, maka kenal dengan karakter pasangan

Ada istilah dari Jerman yang sangat terkenal, bahwa buah apel yang jatuh itu nggak jauh dari pohonnya. Banyak sifat yang mungkin belum kamu tahu dari pasangan saat berduaan saja. Maka, untuk mengetahui karakter aslinya, kenali saja orang tuanya. Rata-rata lebih sering bicara blakblakan daripada ditutup-tutupi.

 

Jika menyimak dari alasan tersebut, saya rasa tahapan mengenal karakter calon mertua sebelum menikah itu jadi perkara wajib. Di sisi lain, kedewasaan kita akan terbentuk selama menjalani proses tersebut. Pernikahan yang berhasil biasanya bisa membuat calon mertuamu yakin hanya dengan sekali tatap. Percaya, deh.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett