Beranda > Gaya Hidup > 5 Prediksi Tren Mobil yang Akan Digemari di 2019

5 Prediksi Tren Mobil yang Akan Digemari di 2019

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Prediksi Tren Mobil yang Akan Digemari di 2019watermark

TUNAIKU.COM – Tahun baru, tren baru. Kira-kira, itu yang selalu terjadi setiap tahunnya. Bisa untuk apa saja. Pakaian, gaya rambut, bahkan mobil. Kira-kira, seperti apa sih tren mobil di tahun 2019? Mari kita analisa dari prediksi regulasi, model, modifikasi, maupun fiturnya di tahun 2019.

 

Pada bulan Oktober 2018, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengeluarkan data bahwa penjualan mobil dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 553.757 unit. Jumlah ini naik 3.8% jika dibanding dengan tahun lalu, yang cuma 533.506 unit. Lalu, tren mobil apa yang akan digemari di tahun 2019? Nah, ini dia penjelasannya.

 

1. MVP masih menjadi favorit

MPV (Multi Purposes Vehicle) masih mendominasi pasar dengan menjadi urutan teratas penjualan mobil di tahun 2018. Avanza berada di puncak dengan penjualan 9.358 unit. Disusul oleh MPV lain, Kijang Innova dengan penjualan 7.085 unit. Pengamat otomotif, Bebin Djuana, berpendapat bahwa tren ini sepertinya nggak akan berubah banyak. Selain karena kontribusi penjualan mobil MPV yang besar, desain dari mobil-mobil MPV yang masih menarik juga mendukung argumen tersebut. Namun, Bebin menambahkan bahwa update fitur dan desain harus terus dilakukan untuk tetap menjaga antusiasme dari pasar MPV yang melimpah.

 

Biasanya konsumen nggak peduli dengan istilah MPV, crossover, atau istilah-istilah lain tambah Bebin. Hal yang paling dijadikan pertimbangan nanti adalah model dari mobil itu sendiri. Jangan sampai mobil baru yang akan dirilis 2019 nanti malah membuat pasar otomotif semakin monoton.

 

Artikel Terkait: Mobil yang Patut Kamu Pertimbangkan

  1. Beli Rekomendasi Mobil Terbaru di GIIAS 2018 dengan Dana Tunaiku
  2. 5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia, Ramah Lingkungan dan Desainnya Keren!
  3. 7 Rekomendasi Mobil Sport di Bawah Rp1 M yang Bisa Kamu Beli

 

2. Mobil dengan desain futuristik

Desain-desain futuristik yang tajam dan agresif akan terus menjadi pilihan. Mobil-mobil seperti Toyota Rush misalnya, akan tetap menjadi primadona karena Rush memiliki desain futuristik nan modern. Lihat saja grill berukuran mantab yang diapit oleh lampu utama yang sudah mengadopsi teknologi full LED. Atau tengok Daihatsu Terios keluaran 2018 yang sporty dengan tambahan fender beraksen hitam yang gagah.

 

Tunaiku

Tunaiku

 

3. Mobil dengan teknologi terbaru

Apalah arti desain menarik kalau nggak diimbangi dengan fitur yang up to date, apalagi kalau ditambahkan upgrade-upgrade fitur teknologi, head unit. Konektivitas smartphone juga menjadi update yang wajib, mobil 2019 dengan fitur yang gitu-gitu saja? Siap-siap tenggelam di pasaran. Beberapa fitur yang juga diprediksikan akan menjadi tren adalah teknologi keyless entry, Airbag, Anti-Lock Braking System (ABS) dan sensor parkir.

 

4. Gaya sederhana dan elegan

Tren modifikasi juga nggak akan mengalami banyak perubahan. Ketua Panitia MAXI Auto Modfest, Sarwan Edi, menjelaskan bahwa tren modifikasi tahun 2018 didominasi gaya sederhana dan elegan. Modder akan masih mempertimbangkan sisi fungsional dan semakin menjauhi modifikasi-modifikasi yang ekstrem, Sarwan memberi contoh penggunaan Air Suspension yang beresiko tinggi akan segera ditinggalkan.
Artikel Terkait: Rekomendasi City Car Terbaik

  1. 5 Mobil Bekas City Car yang Bisa Kamu Dapatkan di Bawah Rp100 Juta
  2. Yuk, Intip 10 Rekomendasi Mobil Irit Bensin Berikut!
  3. Untuk Perempuan Single, Intip 10 Rekomendasi City Car Terbaik di Indonesia!

 

5. Era kejayaan Low Cost Green Car akan berakhir?

Kalau kamu cukup update soal regulasi pajak kendaraan bermotor, mungkin kamu pernah mendengar mengenai Isu berakhirnya program Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Walau bukan berarti insentif pajak untuk KBH2 hilang sepenuhnya, hanya saja kebijakan pajak murah yang diberikan oleh Pemerintah terhadap model ini nggak lagi 100 persen. Dengan begitu, bisa saja harga KBH2 akan mendekati harga mobil normal.

 

Jadi era kebesaran KBH2 (atau disebut juga Low Cost Green Car, LCGC) akan segera berakhir nih? Belum tentu, produsen pastinya memiliki strategi untuk menyiapkan produk menghadapi perubahan regulasi tersebut, tunggu saja.
Kita masih berandai-andai mengenai bagaimana tren mobil nanti pada tahun 2019. Walaupun kita bisa menganalisa dari data yang sudah ada, semuanya hanya akan bisa dijawab pada tahun 2019 depan. Kita tunggu saja tren regulasi, modifikasi, model, ataupun fitur mobil-mobil baru yang patut dinantikan kehadirannya. Jadi bagaimana prediksi kamu?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett