Beranda > Gaya Hidup > 5 Mobil Bekas City Car yang Bisa Kamu Dapatkan di Bawah Rp100 Juta

5 Mobil Bekas City Car yang Bisa Kamu Dapatkan di Bawah Rp100 Juta

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Mobil Bekas City Car yang Bisa Kamu Dapatkan di Bawah Rp100 Jutawatermark

TUNAIKU.COM-Bagi saya, salah satu pos pengeluaran terpenting yang harus dipikirkan matang-matang adalah saat harus membeli mobil. Membeli mobil membutuhkan komitmen yang bisa dibilang, sama besarnya dengan membayar cicilan KPR. Kecuali, kalau kamu bisa membeli mobil dengan tunai, ya. Hehe.

 

Artikel terkait: Aksesori mobil supaya berkendara makin nyaman

  1. 10 Rekomendasi Aksesori Mobil Terbaik 2018 yang Harus Kamu Punya
  2. Serba Serbi Jok Mobil Model Captain Seat, Perlukah Diganti?
  3. Bahan dan Karakteristik Kaca Film Mobil yang Harus Kamu Tahu

 

Berhubung harga mobil yang bagus itu rata-rata menyentuh angka minimal Rp200 jutaan, saya jadi kepikiran untuk membeli mobil bekas saja sebagai mobil pertama. Alasannya, saat ini sudah banyak kok perantara mobil bekas yang profesional dan terpercaya, yang bisa membantu saya mendapatkan mobil bekas dengan harga jauh di bawah mobil baru, sekaligus memastikan bahwa kondisi mobilnya prima.

 

Dengan dua pertimbangan itu, saya punya beberapa mobil bekas incaran nih. Namun, bukan yang LCGC ya. Karena, menurut saya, kalau mau beli LCGC saja, lebih baik langsung yang baru. Jadi, yang saya incar memang city car yang pas dijadikan mobil pertama.

 

Berikut beberapa mobil bekas yang bisa kamu beli di bawah Rp 100 juta. Lumayan, lah untuk transportasi kantor—rumah.

 

1. Suzuki Swift

Ini dia, lini city car adalah merek Jepang Suzuki. Lantaran saat ini Swift masih belum mengeluarkan seri baru, saya terpaksa harus puas dengan yang versi bekasnya saja, dengan seri terakhir sekitar tahun 2012 lalu. Saya suka eksteriornya yang khas berkat perpaduan moncong dan siluet body yang tegas. Bentuknya mungil, tapi tetap meninggalkan kesan sporty. Untuk urusan mesin pun, masih sangat memadai dengan kapasitas 1,372 cc. Suzuki Swift yang diproduksi tahun 2007—2008 biasanya dibanderol antara Rp60—80 juta rupiah aja lho.

 

2. Mitsubishi Mirage

Terkenal dengan mobil-mobil sangar dengan bodi kekar, Mitsubishi juga bermain di kelas city car, kok. Mitsubishi Mirage, yang pertama kali meluncur pada 2012 lalu, diimpor langsung dari Jepang. Seperti mobil Jepang umumnya, penampilan Mirage memang simpel nan minimalis, dengan pilihan warna yang banyak. Fitur yang diusung lumayan oke, ground clearance di atas rata-rata dan dibekali dengan mesin berkapasitas 1193 cc. Mobil Suzuki Mirage bekas produksi 2014 ada yang dibanderol di angka Rp90-105 juta saja. Untuk mobil barunya sendiri, di tahun 2016 lalu dibanderol mulai dari Rp173 juta.

 

3. Toyota Yaris

Pamor merek Jepang yang satu ini memang masih jadi top of mind–nya Indonesia, nih. Termasuk city car Toyota Yaris yang pertama kali dikenalkan di jalanan Indonesia pada 2006. Di periode awal ini, Toyota Yaris tampil dengan bodi mungil, desainnya membulat dan minim lekukan tegas. Di jeroannya, Toyota Yaris memasang mesin 1.5L 1NZ-FE yang digunakan juga oleh Toyota Vios dan Toyota Limo (Taksi). Bicara masalah perawatan, kamu nggak perlu khawatir, lah. Pusat servis dan spare part Toyota tersedia di mana-mana. Di forum-forum mobil bekas, Toyota Yaris keluaran tahun 2006-2012 banyak yang dijual di angka Rp80-90 jutaan.

 

4. Honda Brio

Mobil bekas di bawah Rp100 juta berikutnya datang dari pabrikan Honda, yakni Honda Brio. Sebenarnya, Honda Brio tergolong anak baru di kelas city car karena perdana muncul di 2012 lalu. Brio tergolong cukup merajai jalanan Indonesia karena keunggulannya di sisi kemudi yang relatif ringan untuk bermanuver, sekaligus akselerasi yang bagus dengan handling yang stabil. Konsumsi bahan bakarnya pun ada di angka 20km/L. Irit banget untuk ukuran mobil kota. Untuk harga barunya, Honda Brio dikenai mulai dari Rp150 jutaan. Sedangkan yang bekas produksi 2012, cukup ditebus seharga Rp80-85 juta.

 

5. Daihatsu Sirion

Rekomendasi mobil bekas di bawah Rp100 juta berikutnya adalah Daihatsu Sirion. Produsen mobil asal Jepang yang dikenal sebagai rajanya mobil murah di Indonesia. Untuk mobil bekas Daihatsu, saya mengincar Daihatsu Sirion, city car yang disenjatai mesin yang sama dengan Avanza, yaitu K3-VE 1.300cc dengan VVT-i. Dari fitur keselamatan yang disematkan, terdapat Collapsible Steering Column yang membuat setir akan terlepas ketika terjadi benturan pada mobil. Plus, sensor parkir di bagian belakang mobil yang memudahkan pengemudi jalan mundur dan memarkirkan kendaraan dengan aman. Harga Daihatsu Sirion bekas produksi 2011-2012 ada di kisaran Rp90-92 juta.

 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, pembelian mobil haruslah dipikirkan masak-masak. Mengingat besaran cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulannya itu, nggak sedikit. Memilih mobil pun harus sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau hanya untuk kebutuhan kantor-rumah dan kamu masih single atau baru berdua, mobil city car udah cukup banget, kok sebagai mobil pertama.

 

Selamat memilih-milih, ya!

 

Artikel terkait: Rekomendasi mobil untukmu di 2019 kelak

  1. Tertarik Beli Mobil Cina Terbaru di Indonesia Tahun 2018? Ini Daftar Harganya!
  2. Berminat Beli Mobil Baru?Ini Harga Mobil Honda per Agustus 2018
  3. Jenis Mobil yang Cocok untuk Perempuan, Lihat Berdasarkan Zodiak!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett