Beranda > Gaya Hidup > 10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menyiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menyiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

KENNY CAROLINEKenny Caroline
10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menyiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauhwatermark

 

TUNAIKU.COM – Salah satu faktor penentu kenyamanan dan keselamatan perjalanan jauh adalah kondisi kendaraan yang baik. Nah, bila dalam waktu dekat kamu punya rencana untuk melakukan trip ke luar kota menggunakan mobil, ada baiknya kamu mempersiapkan kesehatan fisik mobilmu.

 

Ada 10 hal yang harus kamu lakukan saat menyiapkan mobil untuk perjalanan jauh. Apa sajakah itu? Simak yuk penjelasannya.

 

1. Cek oli

Saat menyiapkan mobil untuk perjalanan jauh, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek oli. Kamu bisa memerika oli mesin dengan melihat level pada stik oli. Agar berfungsi baik, oli mobil harus berada di garis antara tanda “L” dan “F” atau paling sedikit di bawah level “F”.

 

Jika levelnya nggak berada di garis tersebut, pastikan kamu menambah jumlah secukupnya. Jangan lupa untuk memastikan kecukupan batas waktu (kilometer) penggunaan oli dengan jarak tempuh pada trip kamu kali ini.

 

2. Cek air radiator dan air reservoir

Pastikan air radiator dalam kondisi penuh. Selain itu air reservoir harus berada pada level nggak terlalu penuh. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi selang radiator terhubung dengan baik air reservoir. Gantilah bila selang retak atau menggelembung untuk menghindari ban pecah di tengah jalan.

 

Artikel Terkait: Ingin beli ponsel?

  1. Ingin Ganti Ponsel? Ini Smartphone yang Diprediksi Bakal Rilis di Tahun 2018!
  2. Wah, 5 Smartphone Ini Punya Kapasitas Memori Internal Jumbo Plus Harganya Murah
  3. 5 Smartphone dengan Kamera Bokeh Terbaik, Harganya Dibawah 5 Juta

 

3. Baterai

Ini hal kecil yang kadang suka terlewatkan saat kamu menyiapkan mobil untuk perjalanan jauh. Yup, memastikan keamanan baterai. Mulailah dengan mengecek baut kutub aki. Bersihkan kutub baterai dari kotoran atau kerak yang menempel. Selain itu, kamu juga wajib memeriksa level air. Bila kurang, tambahkan dengan air aki murni.

 

4. Saringan udara

Kamu wajib membersihkan air filter sebelum memulai perjalanan jauh menggunakan mobil. FYI, patokan pemakaian air filter berada di jarak tempuh sekitar 10.000 kilometer.

 

5. Filter dan selang bensin

Memeriksa kondisi selang bahan bakar sangat krusial. Perhatikan apakah ada yang mengalami retak atau bocor. Segera perbaiki atau ganti. Selain itu pastikan pula selang nggak tersumbat. Salah satu cara untuk menjamin kebersihan filter dan selang bensin adalah servis kendaraan rutin ke bengkel mobil.

 

6. Lampu

Memeriksa kondisi lampu juga wajib kamu lakukan saat menyiapkan mobil untuk perjalanan jauh. Kondisi lampu yang baik memastikan keselamatanmu dalam berlalu lintas, terutama saat malam hari. Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan normal. Bila ada yang rusak, segera ganti sebelum memulai perjalanan.

 

7. Windshield wipers

Saat hari hujan atau cuaca berkabut, windshield wipers berfungsi menjaga kejernihan pandanganmu ke jalan saat berkendara. Nah, pastikan komponen ini berfungsi dengan normal.

 

8. Periksa putaran kipas pendingin

Kamu bisa memeriksanya dengan memutar kipas yang diputar oleh belt. Gantilah belt bila kamu menemukan keretakan. Periksa juga ketegangan tension belt untuk memastikan optimalnya putaran kipas.  Selain itu, cek pula sistem pendinginan mesin mobil. Perhatikan jarum pointer petunjuk suhu mobil. Bila lebih dari setengah, kamu bisa berhenti terlebih dahulu sampai mobil dingin.

 

Artikel Terkait: Aplikasi fungsional untuk ponsel.

  1. 10 Aplikasi Musik Streaming Pilihan yang Bikin Hari Lebih Berwarna
  2. Jangan Manual, Nih Ada Aplikasi yang Bikin Hitung-Hitungan Patungan Dengan Teman Jadi Lebih Mudah
  3. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana

 

9. Cek ban

Kondisi ban sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kelancaran perjalanan jauh. Karena itu pastikan nggak ada parut atau benda tajam yang berpotensi merusak ban. Jangan lupa memeriksa tekanan angin pada ban, yang normalnya 30-34 psi. Sediakan pula ban cadangan untuk jaga-jaga.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, mobil untuk perjalanan jauh, menyiapkan mobil

 

10. Cek rem dan komponen setir mobil

Mengecek fungsi rek bisa kamu lakukan dengan memeriksa level minyak rem di reservoir. Bila jumlahnya di bawah batas minimal, maka ada kemungkinan kebocoran. Cek juga sistem rem mulai dari selang, master rem, serta silinder roda. Pastikan seluruh sistem rem bekerja dengan baik.

 

Itulah komponen-komponen yang wajib kamu cek sebelum memulai perjalanan jauh. Kamu juga bisa meminta bantuan pada orang yang ahli soal permesinan mobil. Ingat, safety comes first.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett