Beranda > Gaya Hidup > Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana

Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencanawatermark

TUNAIKU.COM-Beberapa hari yang lalu, Jogja diguyur hujan tanpa henti selama dua hari sampai terjadi banjir. Kala itu, saya sedang melakukan perjalanan ke luar kota dengan naik motor. Karena nggak sempat melihat perkiraan cuaca, akhirnya saya kehujanan selama 3 jam.

Sejak saat itu saya pun tersadar, betapa pentingnya untuk mencari info cuaca sebelum beraktivitas. Informasi cuaca sekaligus info bencana bisa berasal dari mana saja, lho. Sehingga, sudah sewajarnya untuk membekali diri dengan berbagai aplikasi penunjang yang ada.  

Aplikasi ini pasti akan sangat berguna dalam kondisi darurat. Apa saja ya aplikasi yang cocok saat darurat bencana? Kamu bisa cek rekomendasinya berikut ini.

 

1. BMKG

Sebenarnya, aplikasi BMKG sudah terpasang di smartphone. Namun, kadang kala saya memang belum terbiasa untuk melihat prakiraan cuaca sebelum keluar rumah. Sehingga, kadang kurang persiapan seperti nggak bawa payung saat hujan turun.

 

Artikel terkait: Berbagai Pilihan Aplikasi

  1. Calon Pengantin Wajib Punya 7 Aplikasi Smartphone Ini. Penting!
  2. 5 Aplikasi Handphone Android yang Bisa Membantu atasi Stres dan Capek
  3. 4 Aplikasi Smartphone Wajib untukmu yang Super Sibuk!

 

Padahal, nih, perlu saya akui bahwa informasi BMKG sangat membantu dan lengkap. Kamu bisa menemukan segudang informasi terkait info gempa, prakiraan bencana, kualitas udara, sampai dengan cuaca maritim.

 

So, wajib untuk install di smartphone, khususnya di musim penghujan seperti sekarang.

 

2. Siaga Bencana

Paling Merah Indonesia (PMI) meluncurkan media sosialisasi tanggap bencana bernama Siaga Bencana. Melalui aplikasi ini, PMI berusaha untuk mengedukasi masyarakat agar lebih siap dalam menghadapi bencana yang ada.

 

Informasi yang ada dalam aplikasi ini cukup lengkap. Kamu akan dapat informasi lengkap tentang tips penyelamatan saat terjadi berbagai bencana. Seperti badai, tsunami, banjir, dan gempa bumi. Kamu nggak lagi bingung saat menghadapi bencana.

 

3. First Aid

Saat terjebak pada kondisi yang gawat dan kamu bingung untuk melakukan pertolongan pertama pada seseorang, bisa belajar dulu dari aplikasi First Aid. First Aid menjadi aplikasi lain yang dikeluarkan oleh PMI.

 

Dari sini, kamu bisa mendapatkan tutorial untuk melakukan pertolongan pertama. Misalnya, kamu tengah menjumpai orang yang tidak sadarkan diri. Agar nggak salah langkah, bisa cari tutorial pertolongan pertama di First Aid.

 

Aplikasi ini juga memuat informasi pertolongan pertama untuk pendarahan, luka bakar, sampai penanganan alergi. Saya yang punya banyak alergi, sepertinya wajib instal aplikasi ini, deh.

 

4. Peta

Ada dua aplikasi peta yang digandrungi oleh masyarakat yaitu Google Maps dan Waze. Google Maps sendiri bisa jadi guide saat harus menyelamatkan diri dari bencana.

 

Poin lebih  dari Google Maps adalah bisa tetap digunakan saat offline. Ketika sinyal nggak ada, bisa memanfaatkan aplikasi offline ini. Maka, evaluasi bencana pun bisa berjalan dengan sukses.

 

Artikel terkait: Pilihan Aplikasi Keuangan

  1. 10 Aplikasi Booking Tiket Pesawat dengan Harga Murah, Apa Saja?
  2. 10 Aplikasi Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Ada di Smartphone-mu
  3. 5 Aplikasi Ini Bantu Catat Keuanganmu Jadi Lebih Rapi, Cobain Deh!

 

5. Zello

Salah satu kendala yang sering dialami oleh korban bencana adalah susahnya sinyal ponsel. Sehingga, akan menghambat komunikasi antar warga. Hal ini bisa diminimalisasi jika kamu memakai aplikasi Zello yang bisa beroperasi meski sinyal lemah. Konon, Zello tetap bisa berfungsi pada jaringan 2G, lho. Duh, keren banget, nih!

 

Bahkan, saat terjadi badai Harvey dan Irma, Zello menjadi aplikasi yang paling banyak dipakai oleh masyarakat Amerika Serikat. Aplikasi ini pun bisa dipakai untuk komunikasi dua arah, sehingga bisa bagi-bagi info soal bencana.

 

6. Siaran Radio

Informasi real-time sangat diperlukan untuk mengetahui datangnya bencana. Kadangkala, sulit sekali memprediksi kapan terjadinya bencana. Ketika terjadi secara mendadak dan perlu evakuasi segera, siaran radio adalah pilihan tepat.

 

Usahakan untuk meng-instal aplikasi siaran radio pada smartphone. Dari sini, kamu bisa dapat informasi bencana secara cepat. Pastikan untuk memilih stasiun lokal seperti RRI, ya.

 

Kamu bisa dapat info pengumuman resmi dari pemerintah. Sehingga, nggak akan ada berita simpang siur yang bikin heboh.

 

3

 

 

 

So, persiapkan 6 aplikasi penting ini saat menghadapi darurat sebelum bencana. Pastikan untuk install aplikasi ini pada smartphone, ya. Selamat mencoba.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett