Beranda > Gaya Hidup > 10 Cara Menghemat BBM Kendaraan

10 Cara Menghemat BBM Kendaraan

KENNY CAROLINEKenny Caroline
10 Cara Menghemat BBM Kendaraanwatermark

TUNAIKU.COM – Tak bisa dipungkiri harga BBM kendaraan selalu mengalami kenaikan. Namun, karena memang termasuk kebutuhan pokok, mau tak mau kita tetap membeli BBM kendaraan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari.

 

Mungkin yang bisa kita lakukan agar bisa mengurangi pengeluaran untuk BBM kendaraan adalah dengan cara menghematnya. Tapi bagaimana cara menghemat BBM kendaraan ya?

 

Berikut adalah 10 cara agar kamu bisa menghemat BBM kendaraan. Simak yuk!

 

1. Mengemudi sesuai batas kecepatan

Cara ini merupakan cara paling mudah dan efektif untuk menghemat BBM kendaraanmu. Dengan mengemudi sesuai batas kecepatan yang ditentukan, maka penggunaan BBM pun semakin efisien. Sebaliknya, kalau kamu doyan ngebut, BBM kamu bakal lebih cepat habis.

 

2. Mengatur putaran mesin

Kamu perlu mengatur putaran mesin kendaraan sejak awal agar efisiensi penggunaan BBM meningkat. Sebab, laju putaran yang nggak stabil (terlalu tinggi atau terlalu rendah) bakal bikin konsumsi BBM lebih besar. Idealnya, putaran mesin kendaraan berada di kisaran 3.000 rpm.

 

Artikel Terkait: Pengguna android harus paham hal ini.

  1. 5 HP Android Layar Besar yang Cocok Untuk Para Gamers
  2. 7 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bikin HP Android Cepat Rusak
  3. HP Android Murah dengan Kamera Malam Terbaik

 

3. Menghindari berhenti dengan kondisi menyala dalam waktu lama

Saat sedang menunggu orang, kebanyakan dari kita memilih untuk menunggu di dalam mobil sambil mendengarkan musik dan juga menikmati dinginnya AC. Tentu saja kondisi itu mengharuskan mesin mobil tetap menyala. Nah, tahukah kamu bahwa sebenarnya kebiasaan tetap menyalahkan mesin saat berhenti untuk waktu lama, akan membuat BBM kendaraanmu boros. Selain itu, kendaraan cukup dipanaskan sebentar saja (beberapa detik) sebelum pemakaian.

 

4. Mematikan semua alat elektronik dan AC sebelum mematikan mesin

Bila ingin menghemat, maka kamu perlu mematikan alat-alat elektronik beserta pendingin ruangan mobil sebelum mematikan mesin. Dengan begini, jumlah bahan bakar yang terpakai lebih sedikit karena beban yang lebih ringan, termasuk saat kamu kembali menyalakan mesin kendaraan.  

 

5. Jangan menggunakan mobil untuk jarak dekat

Kalau tujuanmu hanya sekitar beberapa ratus meter saja dari rumah, lebih baik kamu berjalan kaki atau naik sepeda. Sebab, pemakaian mobil dalam jarak dekat bakal membuat catalytic converter nggak bekerja dengan baik. Catalytic converter berfungsi untuk mengurangi emisi polusi udara dan hanya dapat beroperasi maksimal saat mesin sudah benar-benar hangat. Perjalanan kurang dari 5 kilometer hanya bikin boros bensin sebab mesin belum mencapai suhu operasi puncak dalam jarak tersebut.

 

6. Mengganti saringan udara

Gantilah saringan udara kendaraanmu secara berkala. Saringan udara yang kotor hanya akan membuat tenaga dan efisiensi mesin berkurang. Akibatnya, penggunaan BBM pun semakin meningkat.

 

7. Mengurangi beban mobil

Bila kamu membawa barang seabrek dalam kendaraan tapi nggak jelas kegunaannya, maka kamu perlu mengeluarkannya dari sekarang. Beban yang berat hanya akan memperlambat laju mobil dan menyulitkan mesin untuk berakselerasi.

 

Singkirkan barang yang nggak penting dari bagasi. Hindari juga membawa barang di atas atap mobil. Hal itu bakal memperbesar hambatan angin dan menghambat laju kendaraan.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman online, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa jaminan, kredit tanpa kartu kredit, cara menghemat BBM kendaraan

 

8. Menggunakan oli sintetis

Oli sintetis bakal memberikanmu manfaat ganda. Pertama, kamu bisa menghemat 5% konsumsi bahan bakar. Kedua, penggantian oli bakal lebih jarang karena oli sintetis lebih awet.

 

Artikel Terkait: Aplikasi apa saja yang membantu mobilitasmu?

  1. Jangan Manual, Nih Ada Aplikasi yang Bikin Hitung-Hitungan Patungan Dengan Teman Jadi Lebih Mudah
  2. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana
  3. Calon Pengantin Wajib Punya 7 Aplikasi Smartphone Ini. Penting!

 

9. Tune-up sesuai jadwal

Fungsi dari tune-up sesuai jadwal adalah untuk mengoptimalkan daya mesin kendaraan serta efisiensi bahan bakar. Penggantian busi dan koil yang tepat waktu juga bisa melancarkan putaran mesin. Dengan demikian, tenaga mesin pun semakin besar dan semakin maksimal dalam menggunakan bahan bakar.

 

10. Memarkir kendaraan di tempat teduh

Tempat yang panas hanya akan mempercepat penguapan sehingga boros bensin. Karena itu, usahakan untuk selalu memarkir di tempat yang lebih sejuk sehingga penguapan bahan bakar pun lebih sedikit.

 

Memang sih, kalau dihitung-hitung, penghematan BBM dengan 10 cara di atas nggak terlalu signifikan. Tapi dalam jangka panjang (10 atau 15 tahun), kamu bakal takjub sendiri dengan angka penghematan itu. Selain itu, dengan menghemat BBM sekarang, kamu turut berkontribusi pada upaya penghematan persediaan BBM di masa depan.  

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett