Beranda > Gaya Hidup > 7 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bikin HP Android Cepat Rusak

7 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bikin HP Android Cepat Rusak

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bikin HP Android Cepat Rusakwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini, orang sering gonta-ganti handphone adalah hal yang lumrah. Banyak faktor yang melatarbelakanginya, bisa jadi karena bosan, ada keluaran versi terbaru, kualitas menurun, atau rusak.

 

Nah, untuk alasan yang terakhir itu yang paling kita hindari, ganti handphone karena rusak. Sebel banget kan, karena biasanya banyak file penting yang masih tersimpan di HP yang rusak itu.

 

Artikel terkait: Pahami ini untuk pengguna smartphone

  1. Tips Membeli Smartphone Samsung dan iPhone Tanpa Bikin Melarat
  2. Jangan Beli HP Baru dulu Kalau Belum Lihat 7 Tren Smartphone Masa Depan Ini
  3. Inilah 5 Smartphone Terlaris Idola Gadget Mania, Plus Harga Pasarannya!

 

Sebenarnya kita bisa lho, merawat handphone android agar tetap awet. Kembali lagi ke cara penggunaannya saja. Sayangnya, banyak kesalahan yang sering kita lakukan tanpa sadar dan membuat HP android kita cepat rusak.

 

Nah, berikut ini ada 7 kesalahan yang tanpa disadari bikin HP android cepat rusak. Apa sajakah itu?

 

1. Menyimpan di celana jin ketat

Menyimpan smartphone dalam saku celana jeans yang ketat ternyata berbahaya untuk layar. Gesekan dan tekanan pada saku jeans bisa mengurangi sensitifitas pada layar. Sebaiknya tempatkan andoidmu pada wadah khusus.

 

2. Menggunakan handphone saat pengisian baterai

Kesalahan ini adalah yang paling sering kita lakukan. Padahal bisa mengurangi kualitas dan umur baterai. Sebaiknya lakukan pengisian daya ketika kita melakukan aktivitas yang benar-benar nggak bisa diselingi hal-hal lain.

 

3. Menggunakan charger dengan banyak cabang

Ini yang sering kita lakukan jug. Padahal cabang dalam charger membuat aliran nggak stabil, dimana tiba-tiba kecil dan besar. Tentu nggak baik untuk kualitas handphone-mu.

 

4. Nggak mematikan bluotooth dan wifi

Bluotooth dan wifi menjadikan perangkat terus bekerja mencari signal. Otomatis daya baterai akan terkuras banyak sehingga cepat habis. Kamu juga harus berhati-hati pada penyedia wifi umum karena dengan terhubung wifi hacker bisa saja mengambil data-datamu. Jadi lebih baik setelah penggunaannya selesai, langsung dimatikan.   

 

5. Memperkerjakan aplikasi terlalu banyak

Semakin banyak aplikasi yang kamu gunakan, semakin menurun performa smartphone-mu karena kehabisan RAM untuk memroses program. Sebaiknya gunakan aplikasi yang benar-benar penting dan kamu butuhkan.

 

Artikel terkait: Aplikasi smartphone yang bisa memudahkan hidupmu

  1. Calon Pengantin Wajib Punya 7 Aplikasi Smartphone Ini. Penting!
  2. Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Kamu, Berdasarkan Zodiak
  3. 4 Aplikasi Smartphone Wajib untukmu yang Super Sibuk

 

6. Menggunakan smartphone sampai panas

Terlalu lama bermain handphone hanya akan membuatnya menjadi panas. Hal ini bisa memperpendek umur smartphone karena komponen di dalamnya bisa mengalami korsleting bahkan rusak. Sebaiknya gunakan smartphone-mu seefisien mungkin.

 

3

 

7. Menggunakannya sampai mati total

Beberapa dari kita mungkin juga sering melakukannya. Padahal, ini bisa menyebabkan kinerja baterai dan smartphone menurun, lho. Bahkan, baterai bisa nggak terisi lagi. Sebaiknya ketika sudah hamir mati (4%), kamu mematikan ponsel sekalian. Hitung-hitung mengistirahatkan ponsel. Bukankah dengan mematikannya sejenak bisa membuat baterai dan kinerja lebih awet?

 

Ternyata hal-hal sepele yang sering kita lakukan membuat smartphone cepat rusak, ya. Semoga setelah membaca artikel ini bisa jadi warning buat diri sendiri untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett