SWARA – Setiap bulan setelah gajian kamu pasti mulai bergulat dengan penghitungan angka agar keuangan di setiap bulannya surplus. Pengaturan keuangan seperti apa yang kamu lakukan setiap bulan?

 

Ngomongin masalah mengatur keuangan, sudah tahukah kamu kalau setiap negara memiliki cara mengatur keuangan sendiri-sendiri? Dan ternyata cara yang dilakuan negara-negara itu sudah nggak asing di kehidupan kita. Apa sajakah itu?

 

1. Metode amplop

Cara ini memang merupakan cara mengatur keuangan  sederhana dan sudah lama diterapkan di rumah tangga-rumah tangga Indonesia. Intinya kamu akan menyimpan uang dalam beberapa amplop yang berbeda. Langkah awal kamu harus membuat bujet bulanan terlebih dahulu. Sebagai contoh, berapa biaya makan sebulan, transport setiap bulan, air, listrik, dana darurat, tabungan, dan lain sebagainya. Kalau pembuatan bujetmu sudah jadi, kamu tinggal memasukkannya dalam amplop sesuai kategori. Jadi uang makan dimasukkan pada amplop uang makan.

 

2. Metode 50/20/30

Metode ini umum dilakukan di negara-negara barat. Ada pun metode ini dipopulerkan pertama kali oleh Elizabeth Warren yang merupakan senator di Amerika Serikat. Cara menerapkan sistem ini adalah mebagi pendapatan bulanan dalam kategori 50%, 20%, dan 30%. 50% pendapatanmu digunakan untuk membiayai kebutuhan rutin seperti cicilan, makan, sekolah, dan lain sebagainya. 20% dari penghasilanmu disisihkan untuk menabung atau investasi. Lalu sisanya, 30% lagi disisihkan untuk orang tua, dana sosial, sampai hiburan.

 

Artikel terkait: Ragam investasi yang bisa kamu coba

  1. 7 Jenis Investasi Reksadana, Kenali dan Pertimbangkan Sebelum Memulai
  2. 5 Jenis Investasi yang Sebaiknya Dihindari Investor Baru
  3. Jenis Investasi yang Bisa Dicoba Untuk Mempersiapkan Masa Pensiun

 

3. Anggaran bola salju

Buat kamu yang memiliki tanggungan utang, sangat cocok menerapkan penghitungan ini. Pasalnya, kamu akan dibiasakan untuk memenuhi kewajiban terlebih dahulu agar segera lunas.

 

Caranya cukup simpel. Kamu hanya perlu menghitung total hutang yang harus kamu bayarkan setiap bulan. Kalau sudah diketahui jumlahnya, kamu bisa menjadikannya untuk pengurang total pendapatan bulananmu. Hasil dari angka itulah (pendapatan dikurangi utang) yang kamu gunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

4. Metode Kakeibo

Metode ini berasal dari Negeri Sakura. Jadi melalui cara pengaturan ini kamu diminta untuk membuat rincian kebutuhan satu bulan, satu minggu, satu hari, bahkan satu tahun. Setelah mengetahui jumlah pengeluaran bulanan seperti sewa rumah, cicilan, listrik dan air, kamu jadi tahu berapa jumlah uang yang bisa ditabung.

 

Selanjutnya, dari total pengeluaran bulanan itu kamu diajak untuk membuat list pengeluaran mingguan, hingga harian. Adapun pengeluaran ini meliputi makan, transportasi, dan lain sebagainya. Nah, baru kamu diajak untuk membuat pengeluaran tahunan berdasarkan tujuan yang ingin kamu dapatkan. Sebagai contoh, target tabungan dan investasi dalam satu tahun, target barang-barang tersier yang dimiliki, target kota mana saja yang bisa dikunjungi dalam tahun ini, dan lain sebagainya.

 

Terakhir, dengan menyanding catatan di atas, kamu harus mengevaluasi pengeluaran harian hingga tahunan tadi. Ya, barangkali ada pengeluaran yang bisa dirampingkan. Siapa tahu bisa menambah jumlah tabungan tahunanmu.

 

5. Aplikasi kekinian

Metode ini digunakan hampir di belahan dunia mana pun. Kita tinggal men-download aplikasi pengaturan keuangan melalui Playstore. Ada berbagai macam aplikasi pengaturan keuangan di sana. Kamu tinggal memilih mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhanmu dan tentu mudah kamu pahami. Kamu juga bisa menyelaraskan aplikasi di smartphone dengan metode-metode pengaturan keuangan di atas.

 

Artikel terkait: Aplikasi-aplikasi yang bisa mempermudah hidupmu

  1. Mengaku Pecinta Buku? Sebaiknya Unduh Aplikasi Smartphone Berikut!
  2. Calon Pengantin Wajib Punya 7 Aplikasi Smartphone Ini. Penting!
  3. 4 Aplikasi Smartphone Wajib untukmu yang Super Sibuk

 

Itu dia cara mengatur keuangan yang datang dari berbagai negara. Nah, mana yang akan kamu pilih?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI