Beranda > Finansial > Jenis Investasi yang Bisa Dicoba Untuk Mempersiapkan Masa Pensiun

Jenis Investasi yang Bisa Dicoba Untuk Mempersiapkan Masa Pensiun

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Jenis Investasi yang Bisa Dicoba Untuk Mempersiapkan Masa Pensiunwatermark

TUNAIKU.COM – Kelak di hari tua, saya sih inginnya diisi dengan bersantai, menikmatin hidup, beribadah, dan tentunya bebas dari kekhawatiran finansial. Ah, rencana yang manis, ya?

 

Untuk bisa mencapai cita-cita ini, saya harus mempersiapkannya sejak sekarang, salah satunya dengan investasi. Karena menabung saja tidak cukup, jadi memang kudu belajar investasi nih!

 

Nah, dari sekian banyak instrumen investasi yang ada, 5 jenis inevstasi berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk mempersiapkan masa pensiun. Apa saja investasi yang bisa dicoba untuk mempersiapkan masa pensiun? Berikut penjelasannya.

 

Artikel terkait: alternatif lain saat mempersiapkan dana pensiun

  1. 6 Jenis Investasi Dana Pensiun yang Cocok untuk Karyawan Pemula
  2. Nggak Ada Salahnya Siapkan Usaha yang Cocok Untuk Pensiun Nanti. Ini Pilihannya
  3. Ingin Hidup Tenang Saat Pensiun? Ini Jumlah yang Harus Ditabung!

 

1. Real Estate Investment Trusts (REITs)

Real Estate Investment Trust atau disebut REITs merupakan instrumen investasi berupa surat berharga yang dapat dibeli oleh investor dari perusahaan yang menerbitkan REITs. Sekilas, surat berharga ini mirip dengan surat saham yang mencerminkan kepemilikan atas sebuah perusahaan tertentu. Salah satu keunggulan REITs  yaitu memiliki sumber alternatif pembiayaan dengan perlakuan perpajakan khusus dengan deviden yang cukup tinggi.     

  

2. Obligasi korporasi

Berdasarkan data dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), dana pensiun obligasi masih menjadi salah satu pilihan utama instrumen investasi pensiun. Salah satu alasannya yaitu, tingkat keamanan yang tinggi sekaligus imbal hasil yang maksimal.

 

Saat kamu membeli obligasi berarti kamu meminjamkan uang kepada pemerintah/perusahaan dan mereka setuju untuk membayarkan bunga untuk menentukan jumlah waktu. Jangka waktu yang dipakai pada umumnya adalah 1-10 tahun. Saat sudah jatuh tempo, uang pokokmu akan dikembalikan, plus bunganya. Nah, bunga inilah yang bisa dikatakan sebagai hasil investasi.

 

3. Dana anuitas

Dana anuitas adalah instrumen investasi yang memberikanmu jaminan sejumlah uang setiap bulannya. Ibaratnya, kamu akan mendapatkan gaji pensiun bulanan dari perusahaan asuransi tersebut.

 

Nah, supaya bisa gajian di masa depan, nasabah harus nabung dulu sekarang di perusahaan asuransi. Dana tabungan ini kemudia dikelola lagi dan hasilnya kelak berupa gaji bulanan yang akan diberikan sampai sang nasabah meninggal dunia.

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, investasi, menyiapkan amsa pensiun

 

4. Simpan cash keras atau tabungan biasa di bank

Jika kamu termasuk yang berjiwa old school, salah satu cara ini mungkin bisa diterapkan juga. Menyimpan harta berharga seperti uang, emas, dan perhiasan di brankas di rumah, atau sekadar tabungan biasa di bank, memang terkesan agak merugi karena hanya menjadi harta mati. Tapi, toh, kebanyakan mereka yang melakukan cara ini memang bertujuan untuk ‘menyimpan apa yang dipunya’ alih-alih ‘mengembangbiakkan’.

 

Lagipula, sebanyak-banyaknya kamu menyimpan uang secara digital ataupun aset lainnya, menurut saya sih, tetap penting mempunyai duit tunai di tangan. Kita nggak tahu menahu lho kapan dan bagaimana hal-hal darurat akan terjadi.  

 

Selain itu, jika kamu masih belum yakin, atau paham mau diapain sih, harta yang seabrek ini, anggap saja mentode menyimpan cash keras itu  sebagai kondisi ‘parkir’. Yup, daripada terburu-buru ingin investasi tapi belum matang perhitungannya?

 

Artikel terkait: sebelum pensiun, harus cerdas mengelola keuangan di umur berapapun

  1. Yuk, Terapkan 10 Trik Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berumur 30 Berikut!
  2. Ini Tips Mempersiapkan Target Keuangan Sesuai Usia yang Bisa Dicoba!
  3. Hal Wajib yang Perlu Dicari Tahu Saat Memilih Asuransi. Jangan Asal Pilih!

 

5. Asuransi Investasi

Salah satu jenis investasi aman sekaligus memberikan manfaat tambahan. Asuransi investasi pada dasarnya adalah sebuah sistem yang lebih praktis di mana kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, proteksi/ perlindungan dan investasi uang sebagai tunjangan di masa depan.

 

Sistem pembayarannya pun tergolong praktis. Bisa melalui kartu kredit atau auto-debet. Ini tentunya sangat membantu, kan.

 

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett