SWARA РTanpa disadari, taraf hidupmu mulai meningkat sehingga kebutuhan juga meningkat. Tentu saja, pemasukan juga harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ternyata mengandalkan uang dari gaji saja terkadang nggak cukup karena banyak pekerjaan yang kita kerjakan nggak bisa menawarkan gaji yang sepadan dengan kebutuhan. Cara paling mudah agar kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan adalah dengan menambah pemasukan melalui kerja tambahan, seperti pekerjaan freelance.

 

Pekerjaan tambahan memang efektif untuk menambah pemasukan meskipun kita jadi harus bekerja lebih keras. Namun, itu sebanding jika ingin mendapatkan uang yang lebih banyak. Kamu juga nggak perlu bingung mencari pekerjaan tambahan apa yang cocok karena saya akan memberikan info 7 pekerjaan freelance yang bisa menambah keuanganmu. Yuk, simak di bawah ini!

 

1. Copywriter

Jika kamu orang yang memiliki bakat atau suka menulis, coba untuk bekerja freelance sebagai seorang copywriter. Pekerjaan copywriter adalah membuat teks yang isinya menawarkan suatu produk dengan tulisan yang bagus sehingga orang-orang mau membaca tulisanmu. Industri jual beli online saat ini memang tengah naik dan para pebisnis berlomba-lomba melakukan marketing iklan yang menarik dengan copywriting agar orang-orang di internet bisa membacanya. Ini menjadi peluang yang bagus untuk kamu bekerja. Kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan adalah sekitar Rp600 ribuan/jam, terlebih lagi jika kamu menjadi freelancer copywriter untuk perusahaan asing.

 

Artikel Terkait: Kiat Bekerja sebagai Freelancer

  1. Bekerja sebagai Freelancer? Simak 7 Kiat Mengatur Keuangan Ini!
  2. Jadi Freelancer Sukses, 5 Cara Tambah Koneksi Ketika Bekerja di Co-Working Space
  3. Intip 7 Tips Sukses Berkarier Sebagai Freelancer

 

2. Ahli SEO (Search Engine Optimizer)

Di tengah gencarnya penggunaan internet, perusahaan berlomba-lomba agar situsnya mudah ditemukan oleh orang yang mencari di mesin pencari seperti Google. Inilah tugas seorang ahli SEO untuk membuat sebuah situs agar muncul di halaman pertama saat seseorang mengetikan kata kunci di Google.

 

Pekerjaan yang dilakukan adalah memaksimalkan konten yang ada dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan kalimat apa yang menjadi tren atau akan mudah diketik oleh orang di Google. Terdengar menarik? Jika kamu mahir mengoperasikan komputer dan paham dunia internet, pekerjaan ini bisa jadi pekerjaan tambahan kamu, lho. Gajinya sekitar Rp700 ribuan/jam nih.

 

3. Perancang situs

Pekerjaan yang satu ini tentu membutuhkan kemampuan khusus yaitu pemrograman situs, kamu yang sekolah di IT tentu pernah mendapatkan mata kuliahnya. Pekerjaan yang cukup menjanjikan ini semakin besar karena saat ini banyak perusahaan baik besar maupun kecil yang membutuhkan website untuk kelancaran usaha mereka. Kamu bisa menjadi seorang perancang situs freelance yang bekerja berdasarkan proyek yang ditawarkan kepadamu.

 

Namun, kamu harus benar-benar bisa membagi waktu dengan pekerjaan utama kamu, ya. Pasalnya, pekerjaan ini membutuhkan fokus tersendiri dalam pengerjaannya agar klien yang ditangani nggak kecewa. Gaji pekerjaan ini adalah Rp800 ribuan/jam sesuai dengan tingkat kesulitan situs yang dibangun.

 

4. Keamanan siber

Seiring maraknya hacker yang membobol situs-situs instansi dan perusahaan besar, menyadarkan kita bahwa keamanan siber itu penting sehingga mulai bermunculan berbagai lowongan pekerjaan freelance sebagai penjamin keamanan suatu web. Bagi kamu yang lulusan IT, tentu hanya cukup mendalami ilmunya agar bisa bekerja paruh waktu di bidang ini. Untuk gajinya mencapai Rp700 ribuan/jam, lho.

 

5. HRD freelance

Beralih ke pekerjaan non-IT, kamu juga bisa melamar sebagai HRD freelance untuk perusahaan atau startup, lho. HRD memiliki pekerjaan yang sangat banyak terutama menyortir CV yang masuk, biasanya HRD freelance dipekerjakan untuk membantu tugas utama HRD ini. Gaji yang ditawarkan mulai Rp600 ribuan/jam untuk perusahaan luar negeri. Kamu tertarik?

 

6. Voice talent

Belakangan ini para pekerja kreatif membutuhkan sebuah karya yang melibatkan interaksi melalui suara, seperti video iklan, jingle lagu, aplikasi, dan game smartphone. Nah, bagi kamu yang memiliki bakat suara yang bagus baik saat berbicara atau menyanyi bisa mencoba untuk mencari pekerjaan ini, lho.

 

Kamu bisa datang sesuai dengan permintaan proyek yang sedang dikerjakan atau jika sudah profesional dan memiliki alat recording suara tersendiri, kamu juga bisa mengerjakannya di rumah saja. Kisaran bayarannya bisa Rp700 ribuan/proyek dan tergantung pada besarnya proyek yang dikerjakan, ya!

 

Artikel Terkait: Cara Mendapatkan Dana Tambahan

  1. Manfaatkan Program Referral Tunaiku Sebagai Penghasilan Tambahan!
  2. SWARA KAMU: Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa? Bisa Lakukan 4 Cara Mudah Ini
  3. 7 Aplikasi yang Bantu Cari Uang Tambahan dengan Mudah dan Menyenangkan

 

7. Jasa hukum

Pekerjaan ini membutuhkan dasar pendidikan hukum agar bisa mengerti bagaimana seluk-beluknya. Membuka jasa hukum untuk perizinan suatu perusahaan atau usaha yang dibangun juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan tambahan lho. Bayaran yang didapatkan bisa mencapai Rp1,6 jutaan. Wah, banyak juga, ya!

 

Itulah 7 pekerjaan freelance yang dapat kamu coba. Tertarik melamar pekerjaan yang mana?