Beranda > Karier Sukses > Intip 7 Tips Sukses Berkarier Sebagai Freelancer

Intip 7 Tips Sukses Berkarier Sebagai Freelancer

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Intip 7 Tips Sukses Berkarier Sebagai Freelancerwatermark

TUNAIKU.COM – Jam kerja yang fleksibel, membuat banyak orang memilih untuk menjadi freelancer. Baik sebagai pekerjaan utama, maupun pekerjaan sambilan. Nggak mesti pusing minta cuti kalau tiba-tiba ingin liburan panjang. Bahkan bisa memilih dengan bebas mana pekerjaan yang mau kamu ambil dan mana yang nggak. Intinya kamu jadi kapten dari hidup dan pekerjaanmu.

 

Apalagi menjadi freelancer di era digital sekarang ini semakin mudah. Kamu bisa bekerja secara remote dari mana saja dan hasil kerjaan bisa langsung kirim lewat email atau cloud. Perlu meeting? Bisa lewat grup chatting atau skype juga beres.

 

Tapi, nggak sedikit orang yang nggak cocok  freelancer sehingga nggak bisa bertahan lama. Alasan yang paling sering sih biasanya nggak disiplin dalam mengatur waktu dan memenuhi deadline dan nggak adanya jaminan kesehatan atau ketenagakerjaan yang dijamin oleh kantor.

 

Meski pun sebenarnya kalau kamu bisa memanfaatkan profesi sebagai freelancer secara maksimal, gaji pegawai kantoran pun bisa kamu lewati, lho. Alsakan kamu memang kualitas-kulitas yang dibutuhkan untuk bisa jadi freelancer sukses. Apa saja?

 

Nah, berikut ini ada 7 tips sukses berkarier sebagai freelancer.

1. Berkomitmen

Jam kerja yang fleksibel ini bisa menjadi sesuatu yang positif atau negatif, tergantung dari bagaimana seseorang itu menyikapinya. Kalau kamu merupakan tipe orang yang kurang menghargai waktu, ya bukannya nggak mungkin kamu nggak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat deadline atau lebih parah lagi tiba-tiba mundur di tengah jalan.

 

Untuk itu, seorang freelancer perlu punya komitmen kuat. Dari sinilah klien akan memberikan nilai besar atau bahkan minus untuk kamu. Jadi semakin kamu tegas dan kuat dalam berkomitmen tentu akan semakin tinggi nilai dan tingkat kesuksesanmu.

 

Artikel terkait: Perlu diketahui untuk kamu yang ingin atau sudah jadi freelancer

  1. Lakukan 10 Hal Ini Saat Memutuskan Berhenti Kerja dan Jadi Freelancer
  2. Bekerja dari Rumah, Lebih Produktif atau Menghambat Kesuksesan?
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

 

2. Pintar menjalin relasi

Kamu nggak perlu jadi serba ekstrovert dan jago mingle kok. Tapi setikdanya jangan suka gengsi dan belaga nggak butuh. Apalagi malas. Sebagai freelancer memilik koneksi yang luas itu penting banget dalam menentukan kesuksesan. Semakin banyak koneksi yang kamu miliki, semakin banyak juga peluang proyek yang akan datang ke kamu.

 

Untuk itu jalin dan jaga baik selalu relasi seluasnya. Baik itu dengan teman, klien, rekan kerja sesama freelancer atau lainnya. Penting juga untuk selalu bersikap positif, jujur dan baik agar relasi kamu terjaga.

 

3. Aktif mencari

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di poin sebelumnya. Jangan pernah malas atau gengsi bertanya soal peluang kerja pada relasi kamu. Atau kalau lagi nggak ada proyek, ya jangan santai-santai doang nunggu ada orang datang menawari pekerja. Kamu harus cari sendiri.

 

Tanya relasi atau cari di berbagai situs yang menyediakan proyek untuk pekerja freelancer, misalnya situs sribulancer.com. Manfaatkan juga media sosial untuk ‘memasarkan’ dirimu dan hasil kerjamu. Twitter, Instagram dan LinkedIn bisa jadi pilihan yang pas.

 

ajukan pinjaman tanpa agunan di tunaiku

 

4. Cari keahlian baru

Kamu adalah seorang freelancer menulis. Kamu sudah memiliki jam terbang yang lumayan dan kemampuan menulis yang cukup bagus. Apa yang kamu lakukan? Merasa puas? Jangan.

 

Terus tingkatkanlah kemampuanmu. Kalau bisa, pelajari sesuatu yang bukan di bidangmu. Seperti fotografi misalnya. Memiliki beberapa keahlian akan membuat tawaran proyek yang ada semakin banyak dan beragam.

 

Tapi tentunya jangan setengah-setengah ya. Pastikan kamu menawarkan jasa atau keahlian yang memang benar-benar kamu bisa atau mampu lakukan dengan baik dan benar. Ingat, freelance itu dibayar dari kualitas hasil kerjanya. Kalau hasil kerjanya selalu mengecewakan, ya pasti nggak ada klien yang mau pakai, dong.

 

5. Buat kontrak

Walaupun ini sepertinya sudah hal yang wajib, masih banyak freelancer yang nggak membuat kontrak kerja tertulis dengan kliennya. Biasanya hanya kesepakatan lewat lisan atua bahkan sekedar chat.

 

Padahal meskipun bersifat nggak terikat, kamu tetap melakukan bisnis yang melibatkan uang dan tanggung jawab besar. Makanya dibutuhkan kontrak tertulis yang jelas. Mulai dari jumlah dan waktu bayaran, jumlah pekerjaan, deadline, ketentuan revisi, konsekuensi pembatalan kontrak atau bayaran menunggak dan lain sebagainya.

 

Dengan begitu, bila terjadi suatu kesalahan baik dari pihak kamu atau pun klien, penyelesaiannya bisa kembali disesuaikan dengan kontraknya. Jadi nggak ribet. Tapi perlu diingat, kamu wajib membaca dengan seksama isi kontraknya ya.

 

6. Uang muka

Untuk menghindari pembayaran yang terlambat atau ditunda-tunda, ada baiknya kamu buat peraturan, klien harus membayarkan uang muka sebanyak 50% sebelum kamu mulai bekerja. Setelah proyek selesai, barulah klien membayarkan sisa 50% lagi. Jadi seandainya pun klienmu tetap membandel, seenggaknya kamu sudah mendapatkan setengahnya.

 

Artikel terkait: Berbagai tips agar kariermu sukses

  1. 6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman Sekarang
  2. Kerja Sambil Kuliah? Lakukan 5 Tips Ini Agar Hasilnya Maksimal
  3. Introvert Bisa Jadi Team Leader, Inilah 5 Cara untuk Jadi Pemimpin yang Baik

7. Personal branding

Ingat, nggak cuma kamu saja yang mencari penghasilan dari menjadi freelancer dengan keahlian yang kamu miliki. Masih banyak freelancer lainnya, bahkan yang lebih hebat darimu. Di sinilah personal branding kamu bermain.

 

Carilah keunikan atau signature yang menjadi nilai lebihmu sehingga kamu akan selalu dilirik oleh calon klien. Tentunya, publikasikan juga karya dan nilai lebihmu ini. Paling mudah sih lewat medsos seperti yang sudah saya singgung sebelumnya.

 

Nah, itu tadi tujuh tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat kariermu sebagai freelancer mulus menanjak. Pokoknya, kalau kamu menjadi freelancer, ingat saja bahwa seberapa banyak atau kecilnya uang yang kamu dapatkan tergantung sepenuhnya dari apa yang kamu lakukan.

 

Hal ini berbeda dengan pegawai kantoran yang mau berapa pun jumlah pekerjaanya, akan menerima gaji yang sama setiap bulannya. Karena itu, kamu harus rajin dan mandiri dalam mencari peluang pekerjaan. Selamat mencoba ya!

 

Oh ya, buat kamu yang sedang ada kebutuhan finansial mendesak, kamu bisa coba cari solusi dengan mengajukan pinjaman di Tunaiku, lho.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett