Beranda > Finansial > Bekerja sebagai Freelancer? Simak 7 Kiat Mengatur Keuangan Ini!

Bekerja sebagai Freelancer? Simak 7 Kiat Mengatur Keuangan Ini!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Bekerja sebagai Freelancer? Simak 7 Kiat Mengatur Keuangan Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Bagi beberapa orang, berprofesi sebagai freelancer adalah kenikmatan yang tidak akan mereka tukar dengan apa pun. Dengan menjadi freelancer, secara otomatis kamu nggak perlu berangkat pagi-pagi ke kantor, berkutat dengan kemacetan, atau menerima omelan bos karena terlambat menyiapkan presentasi. Dengan menjadi freelancer, kamu berperan sebagai bos untuk dirimu sendiri.

 

Namun, bukan berarti hidup freelancer bebas dari masalah. Biasanya, masalah keuangan kerap menimpa freelancer yang tidak disiplin dalam bekerja. Akibat keuangannya nggak stabil, alhasil mereka pun kerap terseok-seok pada waktu-waktu yang nggak bisa diprediksi. Nah, sebelum mimpi buruk itu menghampirimu, cobalah mengantisipasinya dengan menerapkan 7 kiat berikut ini!

 

Artikel Terkait: Tips Rencana Hidup Pascakuliah

  1. 7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate
  2. Lulus D3, Lebih Baik Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja?
  3. 10 Langkah langsung dapat kerja setelah lulus kuliah

 

1. Siapkan dana darurat

Salah satu konsekuensi menjadi freelancer adalah tidak adanya pemasukan yang tetap. Ada kalanya kamu mendapatkan keuntungan yang sangat besar di minggu pertama, tapi pada minggu berikutnya pendapatanmu justru nihil. Nah, itulah mengapa kamu wajib menyiapkan dana darurat! Caranya bagaimana? Rajin-rajinlah menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk ditabung. Dengan demikian, kamu nggak perlu lagi kelimpungan dalam keadaan mendesak.

 

2. Jangan buru-buru resign

Hati-hati, terlalu larut dalam euforia untuk berwiraswasta bisa membuatmu salah langkah. Sebelum terburu-buru resign demi berfokus menjadi freelancer, pastikan kamu mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik. Kalau kamu masih punya pekerjaan tetap, biarkan pekerjaan itu membantu keuanganmu sampai usaha mandirimu bergerak stabil. Jangan bersikap impulsif, ya!

 

3. Jangan berutang

Hal yang lebih buruk dari nggak menabung adalah terjerat utang. Untuk mencegahnya, pastikan kamu tidak meminjam uang ke lembaga keuangan untuk memenuhi kebutuhanmu. Percaya deh, berutang adalah contoh nyata gali lubang-tutup lubang yang justru akan menambah masalah finansialmu. Sebelum memutuskan menjadi freelancer, tabung dulu dana secukupnya. Kalau benar-benar kepepet, kamu boleh meminjam uang hanya kepada orang-orang terdekat seperti keluarga.

 

4. Miliki beberapa sumber penghasilan

Seorang freelancer sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu sumber penghasilan. Kalau usahamu seret, bisa dapat uang dari mana, dong? Nah, cobalah memiliki lebih dari satu sumber penghasilan, tetapi jangan terlalu banyak! Pastikan kamu tetap berfokus pada setiap usaha yang kamu lakukan dan tidak kelimpungan sendiri.

 

5. Miliki asuransi

Beberapa orang enggan menjadi freelancer karena profesi tersebut tidak memberikan jaminan kesehatan, properti, maupun keselamatan kerja. Padahal, dengan menjadi freelancer kamu bisa memilih jenis asuransi apa pun yang kualitas, nilai premi, dan keuntungannya sesuai dengan harapanmu. Walaupun penghasilanmu tidak tetap, berusahalah untuk tetap memiliki asuransi, ya. Selain untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, nilai asuransimu juga bisa dijadikan sumber investasi, kan.

 

6. Terapkan prinsip paperless office

Karena berkantor di rumah, kamu memiliki keleluasaan untuk menentukan perlengkapan bekerja yang dipakai. Banyak pekerja lepas yang masih menggunakan kertas dan printer; namun jika memungkinkan, kenapa nggak membuat pekerjaanmu bebas kertas? Meski sangat bergantung pada profesimu, berusahalah mengerjakan segala sesuatunya dalam formal digital agar mempermudah kinerja dan menghemat pengeluaranmu.

 

7. Berhematlah

Karena bekerja di rumah, tandanya biaya listrik, internet, dan telekomunikasi akan menjadi tanggungan pribadimu. Jangan sampai pengeluaranmu justru membengkak karena persoalan ini, ya! Cobalah untuk lebih disiplin dalam menggunakan alat-alat penunjang yang sudah saya sebutkan di atas. Misalnya, jangan pernah meninggalkan lampu menyala di siang hari atau saat tidak diperlukan; pastikan kamu juga selalu mematikan AC atau internet saat tidak digunakan. Niscaya, pengeluaranmu pun akan jauh lebih hemat setelahnya!

 

4

 

 

 

 

Ingin hidup nyaman sebagai freelancer? Jangan lupa menerapkan 7 cara di atas, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett