Beranda > Finansial > SWARA KAMU: Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa? Bisa Lakukan 4 Cara Mudah Ini

SWARA KAMU: Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa? Bisa Lakukan 4 Cara Mudah Ini

Syah Rezi Tungga DewiSyah Rezi Tungga Dewi
SWARA KAMU: Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa? Bisa Lakukan 4 Cara Mudah Iniwatermark

Biasanya, mahasiswa di tanggal tua kayak gini pasti lagi deg-degan nunggu transfer uang jajan orangtua. He-he-he. Apakah kamu salah satunya? Terkadang sabar menunggu tidak berbanding lurus dengan kebutuhan yang cukup mendesak sebagai mahasiswa yang gawl abis gitu. Tenang saja, kamu bisa mencari dana tambahan dengan berbagai cara menyenangkan yang nggak akan bikin beban bertambah.

 

1. Jualan online

Sekarang sudah era digital, pikirkan kalian bisa melakukan apa di internet. Apakah jualan online termasuk?

“Aduh, tapi aku bingung mau jualan apa?”

 

Nggak usah panik, lihat tren sekitar kalian. Apakah ada item-item fashion yang lagi kekinian? Jangan ragu, langsung cari cara untuk jualan! Sekitar kalian sedang ramai makanan unik dan menarik? Nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan lahan tersebut! Atau, sekitar kalian sedang populer produk grooming untuk cowok? Mari dicoba! Namun, perlu diingat, wajib susun rencana dan segmen mana yang kalian incar untuk mempermudah kalian berdagang, ya!

 

2. Jadi volunteer suatu acara

Yang namanya anak muda, biasanya sih suka banget melakukan banyak kegiatan baru. Menjadi volunteer di suatu acara merupakan kegiatan menghasilkan uang yang dapat kalian lakukan. Ada banyak event anak muda kekinian yang membutuhkan volunteer yang berasal dari anak muda. Sekalian juga bisa nonton event gratis, kan, he-he-he. Selain itu, menjadi volunteer juga dapat memperluas jaringan sosial kalian.

 

3. Jadi asisten lab atau asisten dosen

Punya kemampuan akademis di atas rata-rata? Kalian bisa menjadi asisten lab atau asisten dosen! Bagi kalian yang punya kemampuan akademis oke dan punya passion tinggi di bidang edukasi bakal cocok dengan kegiatan satu ini. Kalian akan digaji langsung oleh pihak kampus, walau kebijakan tiap kampus berbeda, nggak ada salahnya untuk dicoba. Selain akan menghasilkan uang, kalian juga akan dikenal teman-teman satu jurusan, ya, secara kalian kerja di situ, dan keahlian baru yang biasanya akan diajarkan pada kalian.

 

4. Part time, magang, atau freelance

“Duh, aku sedang butuh dana lebih dan semester ini banyak waktu luang, nih.”

 

Nah! Manfaatkanlah waktu lebih kalian dengan part time, magang, atau freelance. Ada banyak perusahaan yang membuka kesempatan kerja bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proses bisnis mereka. Tinggal kalian rajin-rajin saja mencari info mengenai perusahaan yang membuka lowongan. Secara langsung, kalian akan memiliki pengalaman dan terbiasa bekerja di lingkungan perusahaan.

Nah, bagaimana 4 tips di atas? Bisa kalian coba salah satunya, loh! Jangan lupa ada yang namanya trial and error. Jadi, jangan langsung menyerah jika salah satunya gagal. Goodluck!

 

Ini Swara Kamu dari :

Syah Rezi Tungga Dewi

 

Swara Kamu adalah media tempat warga net menumpahkan opini. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

SWARA KAMU

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett