SWARA – Sebagian orang terkadang akan menyepelekan receh dan menganggapnya remeh. Padahal, kalau diingat lagi, receh adalah uang yang tentunya memiliki nilai dan bisa menghasilkan banyak hal.

 

Bentuknya yang terkadang lusuh dan sering menjadi uang kembalian, membuat receh semakin dianggap tak bernilai oleh sebagian orang. Bahkan, ada sebagian orang yang merelakan uang recehnya jatuh atau hilang di suatu tempat; atau lebih memilih untuk merelakan uang kembalian.

 

Receh tetap bernilai!

 

Walaupun bentuknya tak seindah pecahan yang lebih besar, receh itu tetap ada nilainya, lho! Pastinya, masih bisa diterima di pasaran.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang cara menabung

  1. 5 Trik Menabung Selama Ramadan untuk Tambahan DP Rumah
  2. Cara Mudah Menabung Metode Tanggalan yang Menghasilkan
  3. 5 Tips Jitu Menabung Selama 12 Bulan untuk DP Rumah

 

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit

 

Siapa yang nggak tahu pepatah di atas, sih? Pepatah tersebut sudah kita kenal sejak bangku sekolah dasar, lho!

 

Bukan tanpa maksud, pepatah tersebut memang benar adanya. Terutama dalam konteks receh, jika kamu bisa mengumpulkannya, pasti kamu bisa mendapatkan dan merasakan hasilnya setelah beberapa lama.

 

Mungkin, yang penting kamu ketahui pada saat ini adalah edukasi dan informasi mengenai pentingnya berinvestasi. Karena, ada salah satu kecenderungan milenial yang enggan untuk menabung, hingga berinvestasi.

 

Nggak perlu uang dalam jumlah banyak, receh juga bisa kamu gunakan sebagai modal investasi!

 

Nah, itu tadi adalah salah satu kegunaan receh yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya. Sekarang, yuk, kita simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan receh yang kamu punya!

 

  1. Kamu punya uang koin? Kumpulkan saja dulu, pasti nanti akan terpakai, kok!

 

Mungkin memang terasa risih saat kita mendapat uang koin, maka dari itu, kamu perlu siasati hal tersebut! Caranya, kamu bisa sediakan sebuah kantong kecil yang khusus digunakan untuk mengumpulkan uang receh.

 

Jadi, kamu nggak perlu lagi meletakkan uang receh di dalam dompetmu, karena hal tersebut bisa saja membuat dompet menjadi berat ataupun sempit. Lalu, bawa terus kantong kecil tersebut ke mana pun kamu pergi, dan kamu bisa simpan di dalam tas atau bagasi kendaraanmu.

 

Percaya deh, suatu saat nanti kamu akan membutuhkan uang koin tersebut!

 

  1. Dapat uang pecahan Rp2 ribu? Kumpulkan saja untuk bayar parkir!

 

Buat para pengendara kendaraan bermotor, pasti sering kali bertemu dengan abang-abang tukang parkir. Nah, nggak mungkin, dong, kalau kamu kasih uang dengan pecahan yang besar?

 

Kalau kebiasaan saya, setiap berjumpa dengan uang pecahan Rp2 ribu, saya akan langsung simpan di salah satu bagian/kantong di tas saya. Hal tersebut saya lakukan untuk membayar biaya parkir.

 

Selain lebih cepat dan mudah, kamu tidak perlu lagi memecah uang dengan pecahan besar hanya karena harus membayar parkir yang besarnya kira-kira Rp2 ribu.

 

  1. Kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk mencoba investasi

 

Ternyata, sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengumpulkan uang receh sebagai modal investasi. Salah satunya adalah aplikasi yang bernama “Raiz”.

 

Aplikasi ini bekerja dengan cara mengumpulkan uang receh dan menginvestasikannya secara otomatis di pasar modal. Jadi, aplikasi ini akan mengajak kamu untuk menggunakan uang kembalian hasil belanja, menjadi modal investasi.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang cara menabung

  1. Langkah Tepat Menabung dan Investasi bagi yang Bergaji UMR
  2. 5 Tips Agar Tetap Bisa Menabung Walau dengan Gaji UMR
  3. Ingin Belajar Menabung Lebih Banyak, Wajib Melakukan Hal Ini

 

Aplikasi ini memberi contoh simulasi sebagai berikut:

 

Misalkan pengguna Raiz membeli barang seharga Rp23 ribu, maka nantinya akan dibulatkan menjadi Rp25 ribu. Selanjutnya, uang Rp2 ribu tadi secara otomatis akan dimasukkan ke dalam modal investasinya.

 

Selanjutnya, aplikasi ini juga terintegrasi dengan e-wallet dan mobile banking. Jadi, penggunaannya bisa lebih mudah dan juga efisien.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan receh yang kamu miliki. Jadi, berapa pun nilainya, jika uang tersebut masih layak berarti masih bisa kamu gunakan dan manfaatkan. Selamat mencoba!


dhandyDhandy Dwi Yustica