Beranda > Finansial > 5 Trik Menabung Selama Ramadan untuk Tambahan DP Rumah

5 Trik Menabung Selama Ramadan untuk Tambahan DP Rumah

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Trik Menabung Selama Ramadan untuk Tambahan DP Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Ramadan sebentar lagi tiba. Bicara soal bulan suci ini, saya selalu tertarik untuk mengambil tema seputar keuangan. Mengapa? Pasalnya, saya memiliki dua tipe teman. Pertama, dengan adanya bulan suci ini dia jadi sangat boros. Mungkin saya termasuk dalam kategori itu. Kedua, dengan adanya bulan suci malah bisa menabung dan bisa membeli barang kebutuhan yang telah lama diincar.

 

Teman saya yang boros itu tentu saja karena lapar mata dan suka membeli ini-itu untuk buka puasa. Ditambah, undangan bukber di sana-sini yang dia datangi. Wah, itu yang bikin bangkrut. Sedangkan teman saya yang untung tadi, tergolong orang yang bisa menahan hawa nafsu. Dia juga pandai memanfaatkan momen bulan suci ini dengan berjualan kue Lebaran. Alhasil dia mendapatkan kelebihan penghasilan.

 

Kalau bisa nabung di bulan suci ini, tentu hasilnya bisa lumayan. Kamu pun bisa menambah Rupiah yang dialokasikan untuk DP rumah. Siapa yang nggak pengin setelah Lebaran bisa beli rumah? Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini!

 

1. Memanfatakan peluang dengan bisnis musiman

Ada baiknya mulai sekarang kita mencontoh teman saya yang kedua itu. Memiliki bisnis musiman untuk menambah penghasilan. Ada banyak bisnis musiman yang bisa dicoba. Kalau hobi masak bisa bikin katering dadakan, jualan menu membatalkan puasa seperti kolak, sampai kue Lebaran. Buat yang suka belanja bisa jualan baju Lebaran. Buat yang suka membuat DIY bisa mengkreasikan amplop untuk persiapan Lebaran. Intinya ada banyak bisnis musiman yang bisa kamu geluti berdasarkan passion-mu.

 

Artikel Terkait: Bisnis yang Bisa Kamu Jalani Selama Ramadan

  1. #TunaikanRamadan dengan Ide Bisnis yang Tidak Biasa
  2. Ini Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue Kering Lebaran
  3. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Menghasilkan Uang Sambil Ngabuburit

 

2. Belanja langsung satu bulan

Cara hemat kedua adalah dengan meminimalkan waktu belanja. Lebih baik lagi kalau kamu belanja satu bulan sekali atau dua minggu sekali. Jadi, sekali belanja langsung banyak. Dengan langsung membeli grosir ini tentu akan jauh lebih murah. Dengan minimnya waktu belanja juga kamu akan terhindar dari yang namanya lapar mata.

 

NabungYuk

 

3. Menahan hawa nafsu

Jangan lupa juga untuk menahan hawa nafsu, ya. Biasanya ujian terberat bagi dompet itu berada di jam menuju buka puasa. Pengin-nya beli ini-itu karena memang di jalan-jalan banyak yang jualan aneka makanan dan minuman. Padahal, kamu nggak akan sanggup melahap itu semua. Tahan hawa nafsumu, dan kamu pun bisa menyisihkan uangnya!

 

4. Selektif terhadap undangan bukber

Kehadiran bulan suci juga ditandai dengan grup WhatssApp yang tiba-tiba ramai ngajakin bukber. Ada undangan bukber teman TK, hingga kuliah. Nggak kalah eksis, teman kantor juga ngajakin bukber. Bahkan kalau kamu sudah berpindah-pindah pekerjaan, teman kantor sebelumnya juga mengajak. Wah, sudah berapa undangan bukber yang kamu terima sampai sekarang?

 

Menurut hemat saya, selektiflah dalam mendatangi undangan bukber. Kamu bisa memilih dari komunitas yang paling akrab dengan kamu. Selanjutnya, pilihlah bukber yang pemilihan restorannya terjangkau dengan isi dompetmu. Dengan demikian, tabunganmu pun nggak akan terganggu.

 

5. Memanfaatkan promo

Kalau kamu perhatikan, ada banyak promo selama Bulan Ramadan. Pastikan kamu mendapatkan promo yang benar-benar promo, dalam artian bukan harga yang dinaikkan dulu baru didiskon. Dengan memanfaatkan promo ini, otomatis kamu bisa saving uang lebih banyak. Bisalah dialokasikan untuk menambah DP rumah.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Promo yang Sebaiknya Kamu Ketahui

  1. Promo Travel Fair Akhir Tahun 2018, Ini Informasi Lengkapnya!
  2. Penasaran Ga Sih Kenapa Gojek Selalu Sebar Diskon GoPay?
  3. Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!

 

Itu dia trik menabung biar kamu bisa mengumpulkan uang untuk DP rumah. Sebenarnya mudah saja ya, asalkan kamu tertib untuk melaksanakannya. Kalau kamu mau konsisten, uang yang terkumpul semakin banyak. Memiliki rumah pun nggak hanya sekadar wacana saja!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett