Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Jitu Menabung Selama 12 Bulan untuk DP Rumah

5 Tips Jitu Menabung Selama 12 Bulan untuk DP Rumah

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Jitu Menabung Selama 12 Bulan untuk DP Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Punya rumah sendiri adalah idaman semua orang, apalagi generasi muda yang akan membangun masa depan. Salah satu cara paling umum untuk memiliki rumah adalah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan sistem pembayaran uang muka (DP) terlebih dahulu lalu mencicilnya hingga 20 tahun.

Ketika berencana untuk memiliki rumah dengan KPR, kamu harus membayarkan DP yang besarnya mulai dari 15% dari harga rumah. Kalau memiliki rumah adalah resolusi kamu di tahun 2019 ini, tentu kamu harus menyiapkan uang untuk DP, bukan?

Mumpung masih awal tahun, ini waktu yang tepat untuk mulai menabung hingga saat akhir tahun nanti uangmu sudah cukup untuk DP rumah. Lalu, bagimana cara menabung selama 12 bulan agar bisa maksimal untuk DP rumah pertamamu?

 

1. Pisahkan rekening tabungan untuk DP rumah dengan tabungan sehari-hari

Salah satu cara klasik yang sangat ampuh adalah memisahkan rekening tabunganmu. Kamu bisa membuat satu rekening tabungan khusus untuk menyimpan uang yang akan dipakai sebagai DP rumah. Kamu harus disiplin menabung, usahakan uang tersebut jangan diambil sama sekali. Carilah rekening dan bank yang menawarkan biaya admin rendah atau bahkan bebas biaya admin agar uangmu tetap utuh disimpan.

 

Artikel Terkait: Strategi Mudah untuk Memiliki Rumah

  1. 8 Strategi Memilih KPR Berdasarkan Jumlah Gaji Pas-pasan
  2. Selain KPR, Kredit In-House Jadi Solusi untuk Miliki Hunian
  3. Permudah KPR bagi Pasangan Muda dengan Kredit Online Terbaik Tunaiku

 

2. Saat gajian sisihkan terlebih dahulu untuk menabung

Kesalahan orang-orang saat menabung adalah mereka akan menggunakan uang gajian untuk kebutuhan terlebih dahulu, baru sisanya ditabung. Kalau sudah bertekad buat menabung selama 12 bulan, baiknya setelah gajian kamu sisihkan dulu uangmu sebanyak 30% dari gaji untuk ditabung di rekening khusus yang sudah kamu buat. Dengan begini kamu akan lebih disiplin dan uang tabunganmu akan bertambah dengan konstan.

Saat menerima bonus dari gaji juga sebaiknya jangan tergiur buat membelanjakannya, sebaiknya kamu tabung keseluruhan uang bonus untuk menambah tabungan rumah pertamamu.

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Jangan hanya andalkan tabungan, kamu harus cari pekerjaan tambahan

Menabung aja ternyata nggak cukup lho untuk menyelamatkan keuanganmu guna mendapatkan rumah impian. Kamu perlu banget cari pekerjaan tambahan yang bisa dikerjakan, baik bekerja freelance seperti desain grafis, menjadi penulis artikel atau jualan online. Pilihlah pekerjaan sambilan yang kamu sendiri sukai agar nggak capek berjalan berdampingan dengan pekerjaan utamamu. Meskipun kelihatannya hasilnya sedikit tapi itu sudah cukup membantu keuanganmu dan menambah tabungan rumah kalau diakumulasikan dalam 1 tahun lho.

4. Investasikan uangmu agar nilainya meningkat saat akan DP rumah

Dua belas bulan memang waktu yang nggak cukup lama untuk berinvestasi, namun bukan nggak mungkin uang yang kamu simpan dalam bentuk investasi berupa reksa dana saham atau tabungan berjangka akan meningkat nilainya. Kalau menginvestasikan seenggaknya 20% dari gaji bulananmu, kamu sudah bisa mendapatkan tambahan uang yang lumayan banget untuk DP rumah impianmu.

 

Artikel Terkait: Tips Mengajukan KPR agar Nggak Ditolak

  1. Agar Segera Diterima Bank, Coba 7 Tips Mengajukan KPR Berikut!
  2. KPR Tapi Terkena Blacklist BI Cheking, Bagaimana Solusinya?
  3. Kenapa Pengajuan KPR Kita Ditolak? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

 

5. Persiapkan biaya lain-lain seperti pajak dan sertifikat

Kepemilikan rumah memiliki beberapa hal yang harus diurus seperti sertifikat dan pajak, maka dalam mempersiapkan tabungan untuk DP rumah, kamu juga harus menyiapkan biaya-biaya itu. Alangkah baiknya waktu menghitung total biaya untuk DP kamu bisa melebihkannya beberapa juta rupiah untuk kebutuhan pajak dan sertifikat.

Siapkan juga tambahan uang untuk cicilan pertama agar kamu lebih tenang saat membeli rumah dengan KPR dan bisa bernapas lega selama 1 bulan pertama sekaligus bisa kembali mengumpulkan uang untuk pembayaran cicilan di bulan selanjutnya.

Itulah 5 tips menabung biar dalam 12 bulan kamu sudah bisa mengumpulkan uang untuk DP rumah pertamamu. Semoga berhasil ya memenuhi target tabunganmu!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett