Beranda > Finansial > Langkah Tepat Menabung dan Investasi bagi yang Bergaji UMR

Langkah Tepat Menabung dan Investasi bagi yang Bergaji UMR

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
Langkah Tepat Menabung dan Investasi bagi yang Bergaji UMRwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki gaji yang pas-pasan atau setara Upah Minimum Regional (UMR) kadang-kadang bisa menyurutkan niat seseorang dalam menabung maupun berinvestasi. Alasannya sih karena gaji yang dihasilkan sudah pas dengan pengeluaran dan nggak bisa dialokasikan ke hal yang lain lagi.

Padahal sebenarnya hal itu nggak sepenuhnya benar. Kamu bakal bisa meyisihkannya kalau kamu bisa mengatur keuangan dengan baik. Lalu bagaimana cara mengaturnya?

 

Tempat tinggal nggak perlu mewah

Jika kamu nggak tinggal di rumah orang tua, maka biaya tempat tinggal merupakan pengeluaran yang perlu kamu urus tiap bulannya. Kamu bisa mengatur pengeluaran tersebut dengan memilih tempat tinggal yang harganya relatif murah.

Sekarang lumayan banyak kos-kosan yang biaya tinggalnya hanya Rp 500rb per bulan, atau bahkan kurang dari itu jika kamu bukan tinggal di kota berpengeluaran besar seperti Jakarta.  Misalnya saja di kota Yogyakarta, kamu masih bisa menemukan kos-kosan seharga Rp 350rb per bulannya. Mungkin nggak akan mewah, namun setidaknya kamu bisa nyaman tinggal di dalamnya. Dengan membatasi biaya tempat tinggal, maka pengeluaran tiap bulan juga akan berkurang.

 

Artikel Terkait: Tips dan trik berinvestasi supaya untung.

  1. Yuk Pelajari Perbedaan Invetasi Saham dan Reksa Dana
  2. Ingin Investasi Saham? Ini Modal Minimal yang Kamu Butuhkan
  3. Kenali Perbedaan Trading saham dan Investasi saham, Ini Plus Minusnya

Mengatur bujet makan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menekan pengeluaran adalah dengan membuat bujet makan sehari-harinya. Kamu bisa menyisihkan misalnya saja Rp 50rb untuk makan dalam sehari, maka dalam sebulan kamu perlu mengeluarkan Rp 1,5 juta hanya untuk makan. Jika memungkinkan bujetmu bisa kurang dari Rp 50rb, tergantung kamu makannya di mana.

Mungkin sewaktu-waktu kamu akan mengeluarkan biaya melebihi bujet, misalnya ketika kamu nongkrong di café dengan teman-temanmu. Kalau sudah begitu, maka kamu bisa menyiasatinya dengan memangkas budget makan besoknya. Cara lain dalam mengatur biaya makan adalah dengan memasak sendiri. Cara ini bisa dibilang ampuh dalam menekan pengeluaran.

CTABARU1

Mobile Site CTA

Mengurangi biaya transportasi

Sebenarnya biaya transportasi yang kamu keluarkan untuk berangkat ke kantor bisa dihilangkan dengan cara mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantormu. Dengan begitu, kamu bisa jalan kaki dan nggak perlu mengeluarkan biaya.

Namun jika sudah terlanjur tinggal jauh dari kantor, maka kamu bisa mengatur pengeluaran dengan memanfaatkan voucher dan bonus yang biasanya ditawarkan oleh aplikasi ojek online. Pastinya hal tersebut bisa mengurangi biaya yang kamu keluarkan. Selain itu, dengan menggunakan dompet online, biaya transportasi yang kamu keluarkan untuk perjalanan ke kantor juga bisa lebih murah.

 

Artikel Terkait: Investasi a la anak muda.

  1. Apa Keuntungan Berinvestasi Jika Dimulai Sejak Dini?
  2. Pilih Investasi Aman dan Terdaftar di OJK, Cek Ini Daftar Nama Perusahaannya
  3. Sasar Anak Muda, OJK dan Industri Jasa Keuangan Gencar Kampanyekan Program Tabungan dan Investasi

 

Nah, dari tiga hal itu kamu bisa loh menekan pengeluaranmu. Intinya kamu ada niat dan komitmen dalam melakukannya. Jika begitu maka kamu pasti bisa menyisihkan gaji kamu untuk ditabung atau mungkin digunakan dalam berinvestasi.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett