Beranda > Finansial > Ini Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue Kering Lebaran

Ini Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue Kering Lebaran

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Ini Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue Kering Lebaranwatermark

TUNAIKU.COM-Memasuki bulan Ramadhan, bisnis kue kering pun mulai dibidik para pebisnis. Teman saya yang selama ini kerja kantoran pun, tiba-tiba ikut meramaikan bisnis kue kering. Katanya, lumayan juga kok hasilnya buat tambah angpao Lebaran.

 

Sebenarnya, seberapa besar ya keuntungan dari bisnis kue lebaran ini? Kenapa banyak orang yang tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis ini? Buat kamu yang  penasaran atau malah tertarik untuk bisnis kue kering lebaran, ini dia ilustrasi rincian modal dan keuntungannya.

 

1. Alasan bisnis kue kering lebaran menjanjikan

Bisnis kue kering lebaran adalah jenis bisnis yang nggak lapuk oleh zaman. Kamu nggak perlu momen khusus untuk bisa menjual daganganmu. Karena makanan masuk dalam kebutuhan primer manusia, kue kering lebaran bisa dinikmati kapan saja, baik saat lebaran atau hari biasa. Lebaran boleh saja selesai, tetapi kue kering tetap banyak yang cari, kok.

 

Kedua, target pasar dari bisnis ini cukup luas, lho. Nggak hanya yang merayakan Lebaran saja yang membutuhkan kue kering. Pasalnya, kue kering ini bisa dinikmati siapa saja. Selain jadi cemilan saat Lebaran, kue kering ini juga asik dijadikan teman ngopi atau ngeteh bareng keluarga.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola Bisnis

  1. Lakukan 5 Cara ini untuk Membuat Bisnis Kamu Jadi Viral
  2. Hindari 4 Kesalahan Saat Mempromosikan Bisnis Lewat Media Sosial Ini
  3. 7 Kesalahan dalam Bisnis Kuliner Ini Bisa Bikin Usaha Bangkrut

 

Terakhir, kue kering lebaran ini termasuk makanan yang tahan lama. Kamu bisa menyimpannya dalam stoples sampai berbulan-bulan tanpa takut busuk atau berjamur. Asik banget, bukan? Artinya, kamu nggak perlu terlalu khawatir akan merugi kalau kue kering belum laku di pasaran.

 

2. Biaya awal untuk memulai bisnis

Ketika memutuskan untuk bisnis makanan, kamu harus berkomitmen untuk menjaga kualitas produk. Oh iya, jangan sampai lupa faktor keamanan makanan, ya.

 

Jangan sampai deh kue buatanmu ditarik dari pasaran karena mengandung bahan berbahaya. Sebisa mungkin pakai bahan-bahan alami yang nggak mengancam kesehatan manusia. Memang sih sedikit mahal, tetapi kualitas kan nggak bisa bohong.

 

Untuk pemula, ini dia rincian modal yang kamu butuhkan untuk bisnis kue kering lebaran dikutip dari Investasiuntung.com.

1. Oven Rp1 juta

2. Loyang 5 buah harga Rp300 ribu

3. Mixer harga Rp500 ribu

4. Kompor gas Rp 100 ribu

5. Baskom sebanyak 6 buah Rp100 ribu

6. Kemasan Rp200 ribu

7. Bahan baku kue Rp2 juta

8. Gaji karyawan Rp500 ribu

9. Bayar LPG Rp100 ribu

10. Bayar listrik Rp50 ribu

11. Transportasi Rp100 ribu

12. Bujet promosi Rp50 ribu (optional)

 

Kalau ditotal maka kamu butuh bujet awal sebesar Rp5 juta. Dengan bujet sebesar ini, semua kegiatan operasional bisnis bisa ter-cover. Kamu tinggal mulai menjalankan rencana bisnismu.

 

3. Ilustrasi keuntungan

Lalu, berapa besar untung yang bisa kamu dapatkan dengan modal Rp5 juta? Cara penghitungan keuntungan untuk satu bulannya sangatlah mudah. Misalnya, satu toples kue kering kamu jual dengan harga Rp35 ribu. Dalam sebulan, kamu berhasil menjual sebanyak 200 toples kue kering.

 

Artikel Terkait: Jenis Bisnis Para Artis

  1. Bondan Winarno, Maestro Maknyus Kuliner yang Jago Berbisnis
  2. Tren Bisnis Oleh-oleh Kuliner dari Para Seleb Tanah Air
  3. Tak Cuma Kue Kekinian, Ini Bisnis Artis yang Bisa Kamu Contek

 

Maka, penghasilan kotormu adalah Rp35 ribu x 200 toples=Rp7 juta. Setelah dipotong semua pengeluaran sebesar Rp5 juta, keuntunganmu dalam satu bulan adalah  Rp2 juta.

 

Apabila bisnis kue kering bisa stabil dan punya pembeli tetap, omzet ini bisa naik pada bulan-bulan selanjutnya. Bisnis yang awalnya untuk mengisi luang selama puasa ini, ternyata bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan. Kuncinya, kamu harus benar-benar serius dan totalitas dalam mengelolanya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett