Beranda > Finansial > Lakukan 5 Cara ini untuk Membuat Bisnis Kamu Jadi Viral

Lakukan 5 Cara ini untuk Membuat Bisnis Kamu Jadi Viral

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Lakukan 5 Cara ini untuk Membuat Bisnis Kamu Jadi Viralwatermark

TUNAIKU.COM – Apa kamu pernah mendengar tentang Martabak Kota Barat atau yang biasanya disingkat dengan Markobar? Ya, martabak tersebut merupakan bisnis makanan dari putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

 

Sebenarnya, orang-orang berbondong-bondong mendatangi martabak aneka rasa ini karena sempat viral. Status anak Presiden dan desain tempat yang Instagramable inilah yang bisa menarik konsumen berdatangan. Ternyata, viralnya bisnis ini mendatangkan keuntungan. Usaha jadi terkenal dan orang-orang penasaran lalu mencobanya. Peluang bisnis ini berkembang pun semakin lebar.

 

Sepertinya memviralkan usaha adalah ide yang patut dicoba. Lalu, bagaimana ya, cara menjadikan bisnismu viral?

 

Artikel Terkait: Lakukan Ini untuk Memulai Usaha

  1. Ingin Sukses Memulai Usaha Kosmetik dan Skin Care dengan Modal Minim, Ikuti Kiatnya
  2. 5 Cara Jitu Memulai Usaha Pakaian Bagi Pemula
  3. Ingin Penghasilan Tambahan? Ini 4 Langkah Praktis Memulai Usaha Kecil

 

1. Cerita di baliknya

Masih ingat dengan kripik pedas bernama Maicih? Bisnis kuliner yang juga sempat viral ini menyita cukup banyak perhatian publik. Selain rasa pedasnya, orang-orang juga penasaran dengan cerita di balik penamaan Maicih.

 

Well, maicih merupakan dompet kecil yang dipakai ibu-ibu. Penamaan Maicih dilatarbelakangi oleh kisah masa lalu sang founder yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah. Saat kecil, dia sering diajak ibu ke pasar. Di sana dia bertemu dengan ibu-ibu yang suka membawa dompet bonusan toko emas untuk memasukkan receh. Ibunya bilang kalau itu adalah dompet Icih.

 

Selang beberapa tahun kemudian, si founder bertemu kembali dengan ibu-ibu tadi. Ternyata si ibu bisa membuat bumbu keripik pedas. Jadilah usaha ini diberi nama Maicih.

 

2. Posting di media sosial yang hits

Saya nggak mengatakan kalau satu-satunya media sosial yang bisa memviralkan sesuatu adalah Instagram. Namun, saat ini orang-orang sedang memusatkan perhatiannya di sini. Saya juga melihat, beberapa pemberitaan yang viral ini berasal dari Instagram. So, nggak ada salahnya kamu memberitakan produkmu melalui Instagram, jangan lupa untuk membuat tagar sejelas mungkin dan akunnya jangan dikunci, ya!

 

Artikel Terkait: Hal-hal Terkait Media Sosial

  1. Ternyata, Begini Media Sosial Memberi Pengaruh Terhadap Kariermu!
  2. Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial, Kamu Harus Coba!
  3. Waspada, Ini 5 Modus Penipuan Lewat Media Sosial yang Kerap Nggak Kamu Sadari!

 

3. Undang orang untuk review

Sekarang ini produk apa pun pasti di-review. Mau pake make up lihat review dulu. Mau makan juga baca review dulu. Mau jalan-jalan juga harus lihat review dari blogger dulu. Tahukah kamu kalau melesatnya pariwisata di Yogyakarta salah satunya disebabkan oleh postingan para travel blogger? So, undanglah blogger untuk me-review bisnismu.

 

4. Publik figur

Di balik melesatnya bisnis Markobar, ada kontribusi nama anak presiden di sana. Namun, kamu nggak perlu, kok, jadi anak Gubernur untuk bisa punya usaha yang viral. Kamu cukup mengundang publik figur untuk datang ke usahamu lalu mempostingnya di media sosial.

 

5. Tampil beda dan unik

Martabak milik Gibran bukanlah martabak biasa. Ada modifikasi aneka rasa seperti Nutella, di sini. Di bisnis-bisnis hits lainnya juga jadi viral dan menyita perhatian karena keberadaannya yang unik dan berbeda.

 

Itu dia cara agar bisnismu jadi viral. Bagaimana, sudah siap memviralkan bisnismu?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

Tunaiku, KTA

 

Mobile Site CTA

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett