Beranda > Finansial > Hindari 4 Kesalahan Saat Mempromosikan Bisnis Lewat Media Sosial Ini

Hindari 4 Kesalahan Saat Mempromosikan Bisnis Lewat Media Sosial Ini

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Hindari 4 Kesalahan Saat Mempromosikan Bisnis Lewat Media Sosial Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Banyak cara untuk mempromosikan usaha atau produk yang saat ini sedang kamu rintis. Salah satunya adalah melalui media sosial. Platform ini sangat membantu karena media sosial memiliki jangkauan yang luas dan efisiensi biaya. Saat ini banyak sekali usaha yang punya media sosial sebagai tempat promosi.

 

Nah, dalam promosi di media sosial itu, kesalahan nggak luput terjadi. Simak kesalahan berikut supaya kamu bisa memperbaikinya.

 

Artikel Terkait: Modal dan Usaha

  1. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya
  2. Ini 5 Alasan Kenapa Bisnismu Perlu Pinjaman Modal Usaha!
  3. Tambahkan Modal Usaha dengan Pinjaman Tunaiku untuk aMMazing Seller di MatahariMall.com

 

1. Nggak update

Gunanya promosi adalah agar calon konsumen dan masyarakat luas bisa mengenal produk kamu. Bukan cuma informasi saat pertama kali launching di media sosial, akan tetapi informasi lanjutan atau kabar termutakhir dalam bisnis dan produk tersebut. Nggak mungkin, kan, konsumen tahu kalau kamu nggak mengumumkan barang terbaru lewat media sosial. Jadi, usahakan agar tetap up to date.

 

Bila kamu bergerak di bidang kuliner, bahan update kamu bisa meliputi menu-menu terbaru atau pindahnya alamat restoran. Bila kamu jualan pakaian, kamu bisa memberitahu model pakaian baru serta harga pakaian. Dengan cara-cara ini kamu membangun komunikasi dan juga menyediakan informasi bagi pelanggan.

 

Alasan lain mengapa kamu harus tetap up to date di media sosial, misalnya Instagram, adalah agar akun bisnismu tetap muncul di beranda pengikut. Dengan menjadi aktif di media sosial, kamu tetap memberikan efek kehadiran sehingga kecil kemungkinan pelanggan unfollow akun bisnismu.

 

2. Nggak komunikatif

Salah satu tujuan membuat akun media sosial, selain promosi bisnis/produk, adalah untuk membangun komunikasi dengan pelanggan. Cara ini bisa mendekatkan kamu sebagai owner atau produk dengan pelanggan yang membeli produk kamu. Bila kamu nggak komunikatif, atau menyampaikan pesan-pesan promosi yang nggak nyambung, pelanggan bakal berpikir meh lalu ilfil lalu unfollow, deh.

 

Hindari kesalahan ini dengan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kamu bisa membuat kuis-kuis iseng berhadiah atau bikin survei yang melibatkan pelanggan. Dengan cara ini pelanggan merasa dihargai.

 

3. Nggak tanggap dalam melayani konsumen

Walau terkesan klise, tetapi frasa ‘pembeli adalah raja’ ada benarnya. Tanpa mereka, produk kamu nggak bakal laku. Siapa yang beli kalau bukan pelanggan? Pembeli nggak bakal mau tahu alasan kamu lambat dalam membalas pesan (DM atau WA). Kalau kamu terus menerus memberikan slow response, review yang diberikan bisa jelek dan tentu menurunkan kualitas pelayanan kamu.

 

Usahakan agar nggak menunda menjawab pertanyaan atau order pembeli. Jangan menunda sebab pertanyaan bisa menumpuk. Apalagi, kamu bisa repot sendiri membalasnya. Selain itu slow response juga bisa menghilangkan kepercayaan pembeli terhadap produk kamu. Sehingga, bisa saja menurunkan minat pembeli terhadap produk yang kamu tawarkan.

 

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah memberitahukan jam aktif di media sosial atau Whatsapp/Line. Dengan cara ini, pelanggan jadi tahu kapan bisa menghubungi kamu dan mereka pun nggak bisa protes. Cara ini cukup efektif.

 

Artikel Terkait: Bikin Bisnis Sampingan, Yuk.

  1. Hati-Hati, Ini Dia 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memulai Bisnis!
  2. 5 Kesalahan yang Membuatmu Gagal Menjadi Pebisnis Andal
  3. Bolehkah Rumah Tinggal Dijadikan Tempat Usaha?

 

4. Terlalu sering update

Kata ‘terlalu’ nggak selalu baik karena memberikan kesan berlebihan. Hal ini juga berlaku dengan promosi di media sosial. Bila kamu terlalu sering posting, pelanggan atau follower kamu bisa gondok karena kamu membanjiri timeline mereka. Karena itu hindari kesalahan ini dengan mengunggah 1-2 postingan setiap harinya. Sedikit-sedikit tapi rutin lebih bermanfaat, baik buat kamu maupun pelanggan kamu.

 

Itulah kesalahan saat melakukan promosi di media sosial. Walau terdengar remeh, tapi cukup berpengaruh dalam kelancaran bisnis kamu. Karena itu, bila kamu merasa melakukan kesalahan di atas, kamu bisa memperbaikinya dari sekarang. Untuk bisnis lancar dan untung banyak. Semangat!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

ajukan pinjaman

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett