Beranda > Finansial > Bagaimana Cara Memilih Reksa Dana Terbaik?

Bagaimana Cara Memilih Reksa Dana Terbaik?

PAULUS RISANGPaulus Risang
Bagaimana Cara Memilih Reksa Dana Terbaik?watermark

TUNAIKU.COM – Berbagai produk investasi tersedia dari yang risiko sangat rendah hingga tinggi. Salah satu investasi yang paling digemari dan mudah untuk diikuti investor pemula adalah reksa dana. Dengan reksa dana, kamu bisa memulai investasi bermodal kecil dan risiko yang didapat juga cenderung lebih kecil.

 

Namanya investasi tentu saja selalu ada risiko kerugian yang bisa datang, misalnya kelalaian manajer investasi yang mengelola keuangan, atau bisa juga adanya scam atau pelarian dana investasi. Agar kamu bisa meminimalkan risiko investasi melalui reksa dana ini, berikut tips bagaimana cara memilih reksa dana terbaik!

 

Artikel Terkait: Tips Memlilih Investasi Reksa Dana

  1. 3 Tips Memilih Reksadana untuk Investor Pemula, Agar Dapat Hasil Maksimal!
  2. 7 Jenis Investasi Reksadana, Kenali dan Pertimbangkan Sebelum Memulai
  3. Cari Investasi Tahun 2018, Pilih Reksadana dan Perhatikan 7 Hal Ini

 

1. Tentukan berapa lama jangka waktu yang akan kamu ambil

Jangka waktu dalam berinvestasi dan tujuan berinvestasi adalah hal dasar yang harus ditentukan agar bisa meminimalkan risiko. Reksa dana adalah investasi yang membutuhkan waktu lama. Disarankan untuk berinvestasi di reksa dana selama minimal 3 sampai 5 tahun agar kamu dapat return yang lebih baik. Waktu ini sudah sesuai untuk memaksimalkan hasil yang didapat.

 

Kalau kamu berinvestasi kurang dari 3 tahun di reksa dana, bisa terjadi fluktuasi harga yang menurun. Jadi, kalau ingin berinvestasi kurang dari 3 tahun, produk investasi lain seperti deposito lebih cocok untukmu.

 

2. Analisis dahulu produk yang kamu incar

Kamu bisa menganalisis terlebih dulu produk yang kamu incar secara mendetail agar benar-benar paham uangmu akan diinvestasikan ke mana dan seperti apa peluangnya di masa depan. Kamu juga perlu tahu berapa biaya yang mungkin muncul dari produk yang kamu pilih sehingga tahu seberapa besar potensi risiko. Kalau sudah paham begini, kamu bisa menyesuaikan dengan kapasitas keuangan.

 

3. Kamu harus tahu umur produk investasi reksa dana yang akan diinvestasikan

Umur perusahaan reksa dana cukup berpengaruh untuk membangun return tinggi. Produk reksa dana yang sudah berumur biasanya bisa lebih terjamin kinerja dan return-nya, daripada produk yang masih baru. Namun, produk reksa dana yang sudah berumur bakal mematok harga yang lebih tinggi. Kembali ke analisismu, apakah kamu mau mengambil risiko dari produk reksa dana muda yang harganya lebih rendah tapi kinerjanya belum tepercaya? Atau, kamu bisa mengeluarkan uang lebih untuk produk investasi berumur yang lebih terjamin. Sesuaikan dengan kapasitas menanggung risiko kerugian yang kamu punya, ya!

 

4. Pahami secara detail profil manajer investasi reksa dana kamu

Kamu harus tahu benar bagaimana rekam jejak dari manajer investasi reksa dana yang akan kamu ikuti. Bagaimana pengalamannya mengelola aset yang dimiliki sampai berapa banyak dana yang pernah ia kelola. Mintalah portofolio dari manajer investasi sebelum menyerahkan uangmu untuk dikelola.

 

Artikel Terkait: Macam-macam Investasi yang Bisa Kamu Coba

  1. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam
  2. Mengenal Investasi SBR 004, Ini Hal-Hal Wajib yang Perlu Kamu Tahu!
  3. Ingin Investasi Saham? Ini Modal Minimal yang Kamu Butuhkan

 

5. Perhatikan juga hak investor dalam berinvestasi reksa dana

Sebelum memulai reksa dana, kamu wajib tahu apa saja hak-hak yang bisa kamu dapatkan selama berinvestasi. Misalnya, hak mendapatkan bagian dari investasi, hak menjual unit penyertaan dalam reksa dana, hingga hak mendapatkan laporan-laporan hasil reksa dana.

 

Kamu juga perlu mengetahui apa saja kebijakan dalam produk reksa dana yang kamu investasikan, seperti berapa besar alokasi dana setelah dipotong fee dan biaya manajemen investasi.

 

Nah, itulah 5 cara bagaimana memilih reksa dana terbaik yang bisa kamu ikuti. Pada dasarnya seorang investor nggak bisa menghilangkan risiko yang akan muncul dalam investasi. Namun, seorang investor yang baik mampu mengelola dan mengendalikan risiko yang datang agar sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Selamat berinvestasi!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU1

 

 

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett