Beranda > Finansial > 7 Cara Menyiapkan Dana Pensiun, Amankan Hidup Jelang Hari Tua

7 Cara Menyiapkan Dana Pensiun, Amankan Hidup Jelang Hari Tua

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Cara Menyiapkan Dana Pensiun, Amankan Hidup Jelang Hari Tuawatermark

TUNAIKU.COM – Dalam mengelola keuangan, pastilah makan, transportasi, hutang, tabungan, menjadi alokasi khusus. Namun, sudahkah kamu mengalokasikan dana pensiun dari gajimu selama ini?

Banyak orang menganggap dana pensiun bisa disiapkan nanti-nanti saja. Padahal, waktu yang baik untuk menyiapkan dana pensiun ya saat ini, sejak dini, sejak pertama kali mendapatkan gaji, di sekitar umur 23 atau 24 tahun. Kenapa? Karena usia kita masih produktif dan kebutuhan belum banyak. Jadi bisa mengalokasikan uang lebih banyak. Kita pun jadi terdorong untuk nggak hidup boros, bersenang-senang dalam waktu yang sifatnya hanya sesaat. 

Memang nggak bisa dipungkiri kalau generasi millenial itu masih suka bersenang-senang. Pastilah banyak alokasi uangnya yang mengarah ke traveling dan hiburan lainnya. Mereka pun jadi kesulitan dalam menyiapkan dana pensiun. Tenang saja. Berikut ada 7 kiat yang bisa kamu coba untuk menyiapkan dana pensiun :

1. Mulai alokasikan dana pensiun

Mau nggak mau, mulai sekarang kamu harus mulai mengalokasikan dana pensiun. Nggak harus banyak, kok. Kamu bisa mulai dari 100ribu setiap bulan. Biar sedikit, asal rutin, lama-lama juga banyak.

Sekarang bayangkan kalau di usia 24 tahun kamu sudah mulai menyiapkan dana pensiun mulai dari 100ribu. Dalam satu tahun uang yang terkumpul adalah 1,2juta. Sampai umur pensiun 56 tahun, kamu telah melakukan investasi selama 32 tahun. Jadi 1,2juta dikali 32 tahun dan kamu akan meraup hasil sebesar Rp 38.400.000,00. Itu belum sama bunga jika kamu titipkan ke bank, ya.

2. Ikut program dana pensiun bank

Jika kesulitan menyisihkan uang, kamu bisa melalui perantara bank. Ada banyak program pensiun yang ditawarkan bank. Sistemnya adalah auto debet. Jadi secara otomatis kamu akan menabung. Tentu kamu akan mendapatkan kenaikan jumlah, ya.

3. Ikut BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan dana untuk pensiun. Jadi dana yang kamu bayarkan ke BPJS Ketenagakerjaan setiap bulannya, bisa kamu claim jika kamu sudah resign. Sebagiannya lagi, ada yang baru bisa kamu claim ketika benar-benar menginjak usia pensiun, sekitar 56 tahun.

CTABARU3

Mobile Site CTA

4. Lunasi hutang terlebih dahulu

Jika saat ini kamu masih memiliki hutang, ada baiknya untuk kamu lunasi dulu. Bunga dari hutang ini akan terus berjalan dan membuatmu tercekik saat membayarnya. Daripada membuat bank untung dengan bunga yang kamu bayarkan, ya lebih baik uangnya buat nyicil dana pensiun, kan?

5. Punya kerjaan sampingan

Merasa bergaji pas-pasan? Kamu bisa kok memiliki kerjaan sampingan. Dengan demikian, penghasilanmu pun bertambah. Dengan demikian kamu sudah bisa mulai menyediakan dana pensiun. Jika sebelumnya pun sudah menyediakan dana pesiun, otomatis jumlahnya harus kamu tambah, ya.

 

Artikel terkait: Berikut pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba

  1. 5 Ide Bisnis Sampingan yang Nggak Mengganggu Pekerjaan Utama
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

6. Memisahkan dana pensiun dengan dana cadangan

Kamu harus menyisihkan dana pensiun dari dana cadangan. Jangan sampai kamu nggak memiliki dana cadangan atau kalaupun punya tapi jumlahnya kurang, ya. Hal inilah yang memicumu mengambil dana pensiun. Kalau begini namanya uangmu nggak jadi terkumpul, hehe.

7. Investasi

Cara terbaik menyediakan dana pensiun adalah dengan mulai melakukan investasi. Ada berbagai jenis investasi yang bisa kamu coba. Bisa tabungan, deposito, emas, saham, obligasi, sampai properti. Setiap jenis investais tentu memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda-beda, ya.

 

Artikel terkait: Ragam investasi yang bisa kamu coba

  1. 9 Mata Uang yang Bawa Keuntungan Jika Kamu Pandai Investasikan
  2. Belanja Sembari Investasi, Ini Barang yang Bisa Kamu Pilih!
  3. Apa Manfaat dan Keuntungan dari Investasi Unit Link?

 

Itu dia 7 cara buat kamu menyiapkan dana pensiun. Yuk, mulai siapkan sejak sekarang. Jangan lagi ada kata nanti, ya!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett