Beranda > Finansial > Apa Manfaat dan Keuntungan dari Investasi Unit Link?

Apa Manfaat dan Keuntungan dari Investasi Unit Link?

PAULUS RISANGPaulus Risang
Apa Manfaat dan Keuntungan dari Investasi Unit Link?watermark

TUNAIKU.COM – Kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki asuransi tergolong masih rendah. Baru 10% orang Indonesia yang punya asuransi individual. Boleh dibilang, masyarakat enggan membayar asuransi karena menganggap uangnya bakal hangus, hilang tanpa manfaat. Namun, ketika ditawari investasi, mereka lebih mudah menerima karena dengan investasi mereka akan mendapatkan keuntungan yang secara kasat mata dapat diambil.

 

Bagi perusahaan asuransi, lebih mudah menjual produk asuransi yang dikawinkan dengan investasi, atau biasa disebut unit link. Jadi, unit link sering disebut sebagai asuransi dua kantong, kantong untuk proteksi dan kantong investasi. Nantinya, uang premi yang dibayarkan nasabah sebagian digunakan untuk membayar proteksi, kemudian sisanya dimasukkan reksa dana dalam bentuk unit link yang dikelola oleh ahli investasi.

 

Agar lebih tahu manfaat dan keuntungan asuransi unit link, yuk simak artikel berikut ini!

 

Artikel Terkait: Investasi Unit Link

  1. Selain Investasi, Kamu Juga Bisa Dapat Proteksi dari Investasi Unit link, Ini Penjelasannya!
  2. Pahami 5 Risiko Ini Sebelum Berinvestasi Unit link!
  3. Rencanakan Pendidikan Anak dengan Investasi Unit link, Simak 4 Keunggulannya!

 

1. Dua manfaat sekaligus

Asuransi unit link merupakan asuransi yang memberikan 2 manfaat sekaligus, yakni perlindungan dan juga investasi. Keduanya bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar sejumlah premi kepada perusahaan asuransi, praktis, ya!

 

Selain itu, kamu nggak perlu bingung mengurus dana investasi karena perusahaan asuransi bertindak sebagai manajer investasi, seperti pada investasi reksa dana. Nasabah akan diminta memilih akan ditempatkan di mana dana investasinya. Bisa ditempatkan di reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau pasar uang. Kamu hanya perlu memilih instrumen investasi yang tepat, sesuai dengan rencana keuangan.

 

Jadi, selain mendapatkan perlindungan diri terhadap berbagai risiko, kamu juga akan mendapatkan keuntungan berupa uang tunai yang secara kasat mata dapat diambil. Wah, tawaran menarik!

 

2. Periode proteksi yang lebih panjang

Asuransi unit link menawarkan masa pertanggungan yang lebih panjang, melampaui masa pertanggungan yang ditetapkan di dalam asuransi jiwa murni. Masa pertanggungan bisa mencapai 75 tahun, 80 tahun, atau bahkan 100 tahun. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda-beda, kamu harus memahami secara detail ketentuan ini.

 

3. Kemudahan berinvestasi

Kalau masih takut untuk berinvestasi pada suatu instrumen tertentu, kamu bisa mempercayakan dana yang kamu miliki pada asuransi unit link. Biasanya ketakutan ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan atau trauma pada kegagalan investasi di masa lampau. Nggak perlu khawatir, dana yang kita bayarkan akan dikelola oleh ahli profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hanya saja, yang namanya investasi memang mengandung risiko, nggak bisa 100% untung, masih ada sedikit kemungkinan untuk rugi.

 

4. Nilai tunai nggak akan hangus

Asuransi jiwa murni menerapkan sistem premi hangus jika risiko-risiko yang ditanggung nggak terjadi hingga masa yang ditetapkan. Jadi, kalau kamu menggunakan asuransi murni, kamu nggak akan mendapatkan uang sedikitpun di akhir periode.

 

Kelebihan asuransi unit link dibandingkan asuransi jiwa murni adalah premi yang dibayarkan nggak akan hangus dan bisa dicairkan pada waktu tertentu. Hal ini jelas menguntungkan bagi nasabah, karena uang yang selama ini kamu bayarkan nggak akan hilang begitu saja.

 

Artikel Terkait: Mengenal Ragam Asuransi

  1. Semua Hal tentang Asuransi untuk Mobil Bekas yang Wajib Kamu Tahu
  2. Pahami Seluk Beluk Asuransi Kesehatan Sebelum Memilih
  3. 10 Jenis Produk Asuransi yang Perlu Diketahui, Mana yang Wajib Dimiliki?

 

5. Ada manfaat asuransi tambahan

Keuntungan lain menggunakan asuransi unit link adalah adanya manfaat tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhanmu. Jadi, kamu nggak hanya mendapatkan asuransi jiwa saja, tetapi juga mendapatkan perlindungan kecelakaan, keadaan kritis, cacat total, cacat tetap, sakit akibat penyakit, biaya rawat inap rumah sakit, dll.

 

Meski terlihat sangat mudah dan praktis, sejak awal kamu harus memperhitungkan besaran premi yang harus dibayarkan akibat penambahan sejumlah manfaat tambahan. Jangan sampai, kamu membuang-buang uang untuk premi yang sebenarnya nggak kamu butuhkan.

 

Setelah melihat berbagai manfaat asuransi unit link di atas, kamu berminat membeli asuransi yang mana?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett