Inspirasi & Edukasi Finansial dari Amar Bank – Tidak terasa masyarakat di Indonesia sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan di Indonesia tentu identik dengan kegiatan buka puasa bersama.

 

Kegiatan buka puasa akan membawa vibe tersendiri bagi teman-teman yang menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, kegiatan buka puasa bersama itu cukup dapat menguras kantong, loh.

 

Teman-teman, jangan panik dulu! Jika keuangan pribadi diatur dengan baik, tentu kalian dapat mengikuti kegiatan buka puasa dengan aman dan nyaman di kantong. Bagaimana caranya? Yuk kita simak.

 

Agar tidak boncos selama ramadhan, kamu bisa menggunakan Senyumku dari Amar Bank untuk mempermudah alokasi anggaranmu. Langsung kepoin di sini.

 

1. Selektif dalam mengikuti ajakan buka puasa bersama

Ketika memasuki bulan Ramadhan, biasanya ajakan buka puasa bersama akan mulai bermunculan. Ajakan dapat datang dari berbagai circle kehidupan kita, mulai dari teman kerja, teman sekolah, keluarga, jajaran direksi, teman arisan, dan sebagainya.

Kalau ajakan buka puasa ini datang setiap hari, tentu kita bakal kerepotan. Bisa saja uang kita banyak terkuras karena ikut buka puasa setiap hari. Jadi kuncinya adalah kita harus selektif dalam memilih, acara buka puasa yang mana yang akan kita datangi.

 

Maksud dari selektif adalah pastikan kegiatan bukber hanya dilakukan dengan orang-orang yang berarti buat diri kita atau orang-orang yang memang benar-benar dekat dengan diri kita. 

 

Kita tentu ingin merasa nyaman dan menikmati kegiatan berbuka bersama dengan orang-orang yang kita sayangi dong?

 

Kadang ada kegiatan buka puasa yang isinya orang-orang yang bahkan tidak kita sukai, atau lebih buruk lagi, isinya orang toxic semua. Kegiatannya ghibah, ghibah, dan ghibah, tidak ada positifnya.

 

Nah tentu circle yang seperti itulah yang harus kita hindari. Kita harus belajar menolak, jangan termakan gengsi deh. Meskipun yang datang ke acara buka puasa bersama tersebut adalah orang-orang yang high class tetapi kalau kitanya tidak nyaman, ya untuk apa datang?

 

Baca juga:

Simak, 6 Hal ini Bisa Bikin Kamu Batal Puasa, lho!

7 Menu Favorit Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan Saat Berpuasa

Lakukan 8 Cara Cerdas Ini untuk Menabung 5 Jutaan Saat Puasa

 

2. Manfaatkan diskon spesial buka puasa bersama

Pada bulan Ramadhan, biasanya akan ada banyak restoran yang menawarkan diskon-diskon atau promo-promo spesial. Nah, tentu ini bisa jadi kesempatan untuk kalian agar buka puasa bersama dapat terasa ringan di kantong.

 

Manfaatkan promo-promo menarik itu jika kalian ingin mengadakan buka puasa. Ini tentu juga akan meringankan teman-temanmu loh. 

 

Biasanya, akan ada juga ada promo khusus ketika kita menggunakan kartu kredit/payment provider tertentu. Jangan lupa untuk memanfaatkan tools tersebut ya.

 

Berburu promo untuk acara buka puasa tentu membutuhkan skill khusus. Kalian harus memantau terus tuh, deal-deal apa saja yang diberikan setiap hari, baik oleh restoran atau payment provider. 

 

Jika kalian tidak terbiasa mencari diskon-diskon khusus, tentu kalian dapat bertanya ke teman kalian. Biasanya nih, di suatu lingkaran pertemanan, pasti ada teman-teman yang ahli dalam mencari deal menarik yang sedang ditawarkan.

Tak perlu repot dengan keuanganmu. Catat dan pantau semua pengeluaranmu secara otomatis dengan aplikasi Senyumku. Cek di sini.


3. Siapkan budget khusus atau alokasikan penghasilan

Nah, tips terakhir ini yang paling penting. Kalian harus menyiapkan budget khusus jika tidak ingin keuangan kalian “seret” akibat keseringan buka puasa.

Sebelum bulan Ramadhan tiba, sisihkan sedikit uang kalian untuk budget buka puasa bersama di bulan berikutnya. Mungkin, di bulan sebelumnya, kalian dapat menyisihkan 5% dari penghasilan kalian untuk digunakan pada acara buka puasa selama bulan Ramadhan.

 

Kalian juga harus mengatur, berapa banyak penghasilan kalian yang maksimal akan kalian keluarkan untuk kegiatan buka puasa. Mungkin bisa 5% sampai dengan 10% dari penghasilan kalian. 

 

Baca juga:

 

Contoh:

 

Jika gaji bulanan kalian adalah Rp 5.000.000,00

 

Kalian dapat menyisihkan 5% dari gaji bulan lalu dan 10% dari gaji bulan ini, which is Rp 250.000,00 dan Rp 500.000,00 maksimal untuk kegiatan buka puasa bersama. 

 

Jika limit budget maksimal sudah tercapai, ya artinya kalian harus berhenti menerima ajakan buka puasa, kecuali ada yang bayarin yah.

 

atur finansial

 

Nah, demikian tips-tips mudah dalam mengatur keuangan pribadi kalian di saat banyak ajakan buka puasa bersama. Tips-tips tersebut tentu dapat kalian coba. Satu hal yang terpenting dan harus kalian perhatikan baik-baik adalah kedisiplinan dalam mengatur keuangan. 

 

Tanpa kedisiplinan, tentu keuangan kalian pasti akan berantakan meskipun perencanaan keuangan kalian sudah canggih. Selamat mencoba!

 

Cerdas secara finansial dengan Senyumku produk unggulan dari Amar Bank. Atur perencanaan keuangan dengan satu genggaman. Cari tahu selengkapnya di sini.