SWARA – Bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu, terutama bagi para muslim di seluruh dunia. Karena, di bulan inilah, semua orang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan agar mendapat rahmat dari Yang Maha Kuasa.

 

Selain itu, ada lagi, lho, faktor lain yang membuat momen Ramadan sangat ditunggu-tunggu. Tahukah kamu? Yap, jawabannya yaitu kuliner. Karena, ada beberapa jenis kuliner yang hanya muncul dan dijual saat momen Ramadan.

 

Setiap daerah di Indonesia ternyata memiliki menu berbuka yang khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Nah, mau tahu apa saja menu khas berbuka dari berbagai daerah? Yuk, simak!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang kuliner

  1. Lapar Tengah Malam? 10 Kuliner Malam di Yogyakarta Bisa Menyelamatkanmu!
  2. 5 Jenis Kuliner Khas Bandung yang Cocok Jadi Ide Bisnis Baru
  3. Mau Coba Nikmatnya Kudapan Khas Timur Tengah? Ramadan Esok, Kamu Bisa Nikmati Sensasinya di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

 

  1. Bubur Pedas, Medan, Sumatera Utara

 

Sumber: indonesian-medan-food.blogspot.com
Sumber: indonesian-medan-food.blogspot.com

Kuliner pertama datang dari wilayah Sumatera Utara, yaitu Bubur Pedas. Kuliner ini merupakan makanan khas yang disajikan saat Ramadan di daerah Melayu, khususnya wilayah Medan, Sumatera Utara.

 

Uniknya dari kuliner ini adalah buburnya dimasak dengan tungku kayu bakar, serta menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah. Dari namanya sudah terlihat, bubur ini memiliki cita rasa pedas yang unik dan khas Melayu.

 

  1. Es Palu Butung, Sulawesi Selatan

 

Sumber: mangcook.com
Sumber: mangcook.com

Dari Sumatera Utara, kita langsung terbang ke Sulawesi Selatan. Terdapat sebuah menu khas yang biasa disajikan saat bulan Ramadan, yaitu Es Palu Butung.

 

Kuliner ini merupakan perpaduan dari pisang kepok yang telah dikukus dan bubur tepung beras. Menu es ini sangat menggugah selera karena disajikan dengan sirop merah yang manis, dan sangat cocok disantap untuk berbuka puasa.

 

  1. Asida, Maluku

 

Sumber: satuloket.com
Sumber: satuloket.com

Tidak jauh dari Sulawesi Selatan, di Maluku terdapat sebuah kuliner khas yang biasa disantap untuk berbuka puasa, yaitu Asida.

 

Kuliner ini memiliki cita rasa yang manis dan kenyal bagaikan dodol. Jadi sangat cocok untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa. Asida dibuat dari tepung terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan, dan kayu manis.

 

  1. Sate Susu, Bali

 

Sumber: ulinulin.com
Sumber: ulinulin.com

Walaupun penduduk muslim hanya sebagai minoritas, Bali tetap memiliki kuliner khas untuk berbuka puasa. Kuliner ini biasa disebut dengan sate susu. Untuk menambah kenikmatan, sate susu biasa disajikan bersama sambal plecing.

 

Kuliner ini biasa dijajakan oleh para pedagang di pinggir jalan saat bulan Ramadan tiba.

 

  1. Bubur Kampiun, Sumatera Barat

 

Sumber: travellingyuk.com
Sumber: travellingyuk.com

Dari Bali, kita terbang lagi ke wilayah Sumatera Barat. Minangkabau memiliki satu kuliner khas yang biasa disajikan saat bulan Ramadan, yaitu Bubur Kampiun.

 

Bubur ini terdiri atas bubur sumsum, kolak pisang, kolak ubi, bubur delima dan ketan hitam. Mengapa diberi nama kampiun? Karena, kampiun sendiri berarti pemenang dan memang disajikan sebagai sajian yang paling istimewa bagi orang Minang.

 

  1. Jongkong, Lampung

 

Sumber: caffecoffee.blogspot.com
Sumber: caffecoffee.blogspot.com

Tidak jauh dari Sumatera Barat, kita beranjak ke ujung Sumatera yaitu Lampung. Wilayah ini memiliki satu kuliner khas yang biasa dijajakan saat bulan Ramadan tiba, yaitu Jongkong.

 

Kuliner ini berisi adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang diberi warna dan perasan daun pandan. Bedanya dengan cincau, Jongkong ini memiliki warna hijau muda dan lebih pekat dibanding cincau.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang kuliner

  1. 6 Kuliner Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Coba
  2. Wajib Coba 5 Kuliner Tradisional Berikut Ini Kalau Berkunjung ke Surabaya
  3. Rekomendasi Kuliner Bakso Wajib Coba di Surabaya

 

  1. Kicak, D.I Yogyakarta

 

Sumber: pontianak.tribunnews.com
Sumber: pontianak.tribunnews.com

Sebagai penutup, kita kembali ke tanah Jawa, tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini memiliki satu kuliner khas yang biasa disajikan untuk berbuka puasa, yaitu Kicak.

 

Kicak merupakan makanan istimewa yang biasa terdapat di daerah Kauman dan dijajakan saat momen Ramadan. Kuliner ini terbuat dari beras ketan yang diolah menjadi jadah, ditambah parutan kelapa muda, gula pasir, nangka, dan daun pandan.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa kuliner khas yang biasa dijadikan santapan untuk berbuka puasa. Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke daerah tersebut, kamu wajib untuk mencoba kuliner-kuliner tersebut untuk mendapatkan momen istimewa di bulan Ramadan ini.


dhandyDhandy Dwi Yustica