SWARA – Frekuensi makan yang berkurang saat ramadan membuat pundi-pundi uang kita jauh lebih banyak dibandingkan pada saat bulan-bulan lain. Iya kan? Namun sepertinya hal ini hanya ilusi saja, karena memiliki uang yang lebih banyak terkadang membuat kita gelap mata dan ingin membeli banyak barang. Ujung-ujungnya, kamu tidak bisa menabung? Iya saja atau iya banget?

 

Swara punya tips supaya kamu bisa menabung hingga nominal 5 juta selama puasa. Apa sajakah itu?

 

1. Niat

Semuanya yang penting niat dulu. Berawal dari niat, maka keinginanmu akan dilancarkan. Benar nggak? Sebelum menabung, pastikan dulu nih, uang tabunganmu akan dipakai untuk apa. Untuk membeli barang yang kamu inginkan, atau untuk simpanan jangka panjang? Tekad yang kuat ini akan membantumu menabung dengan konsisten. Uang pun akan lebih cepat terkumpul.

 

2. Tabungkan uang setelah gajian

Begitu tanggal gajian datang, jangan menunda waktu untuk mengalihkan dana ke rekening lain. Alokasikan dana untuk pos-pos pengeluaran dulu, dan jangan lupa menyisihkan uang untuk ditabung. Kamu bisa menabung di celengan, rekening tabungan, ataupun memasukkannya ke dalam investasi.

 

Tentukan wadah yang kamu pilih, dan pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari sebelum kamu menyimpan sebagian uangmu ke tabungan ya!

 

 

Artikel terkait:

Cara Mudah Menabung Metode Tanggalan yang Menghasilkan

Hobi Menabung Sejak Dini Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjang

Hobi Menabung Sejak Dini Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjang

 

 

3. Buat daftar kebutuhan dan pengeluaran

Pastikan kebutuhan dan pengeluaran yang kamu lakukan selalu terkait dengan hal yang benar-benar penting. Hindari untuk membeli barang-barang tersier yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Dengan kamu mencatat apa saja yang kamu butuhkan, kamu bisa terhindar dari keinginan untuk membeli barang yang tidak penting. Uang yang kamu miliki pun bisa ditabung.

 

 

4. Jangan terlalu boros

Akan ada banyak undangan berbuka bersama yang akan kamu terima. Mulai buka bersama teman-teman, kolega, ataupun keluarga. Momen ramadan adalah kesempatan untuk kita semua kembali mempererat tali silaturahmi. Tapi jangan gelap mata untuk mengiyakan semua ajakan berbuka bersama. Sah-sah aja kok untukmu hanya mengiyakan ajakan yang benar-benar kamu inginkan.

 

Selain itu, berbuka bersama di hotel membutuhkan dana yang besar. Mengapa tidak membuat acara berbuka bersama di rumah? Uang yang dihabiskan pun tidak akan sebanyak ketika kamu berbuka bersama di hotel.

 

5. Ingat niat menabungmu

Keinginanmu menabung akan sering goyah ketika melihat berbagai sale yang ditawarkan oleh berbagai merchant ternama. Apalagi yang didiskon adalah barang yang sudah kamu incar sejak lama. Sebelum kamu buru-buru mengeluarkan uang, kamu bisa berpikir ulang, apakah barang yang kamu incar benar-benar kamu butuhkan, ataukah kamu hanya sekedar gelap mata?

 

Ingat-ingat juga apa niat awalmu menabung. Jangan sampai hanya karena sale setitik, rusak tabungan sebelanga.

 

6. Buat target tabungan

Bulan puasa adalah waktu yang tepat untukmu merencanakan besar tabungan yang ingin kamu miliki. Di bulan ini, kamu yang berpuasa tidak perlu mengeluarkan biaya makan siang. Untuk sahur, kamu bisa memasak sendiri di rumah supaya pengeluaranmu bisa ditekan.

 

Kamu juga akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya pada bulan Ramadan. Kondisi ini bisa membantumu dalam merencanakan besar tabungan yang ingin kamu miliki. Jika memungkinkan, THR bisa dimasukkan ke dalam tabungan. Dengan begini, dana THR bisa menggelembungkan dana di tabunganmu dengan sekejap.

 

Nah, supaya kamu makin semangat nabung, mending mulai bikin tabungan Deposito atau tabungan berjangka TAMARA di Amar Bank! Kamu bisa langsung membuat rekening tabungan tanpa harus ke bank. Tinggal kunjungi NABUNGYUK.COM dan isi data diri kamu, serta jenis tabungan yang kamu minati. Selanjutnya, tim kami akan menghubungi kamu untuk melengkapi proses selanjutnya. Mudah, kan?

 

Yuk, langsung cus ke nabungyuk.com sekarang juga!

 

7. Buka puasa secukupnya

Walaupun kamu sudah melewatkan makan siang, jika kamu menghabiskan uang secara berlebihan untuk berbuka puasa, pengeluaranmu tetaplah sama. Tetap saja boros. Pastikan kamu berbuka puasa di tempat yang ramah kantong. Jika memungkinkan, kamu bisa berbuka puasa di rumah. Uang yang kamu keluarkan pun jumlahnya bisa ditekan.

 

8. Tentukan pecahan uang yang harus kamu tabung

Cara ini sangat menarik. Pertama, tentukan dulu nominal uang berapakah yang harus kamu tabung. Tidak harus jumlah yang besar karena untuk menumbuhkan kebiasaan kita harus memulai dari jumlah yang kecil. Misalnya nominal dua ribu. Berkomitmenlah setiap mendapatkan kembalian dengan nominal dua ribu rupiah, kamu tidak membelanjakannya.

 

Itulah delapan tips menabung di bulan puasa. Jagalah hati, jagalah niat, dan jagalah konsistensi dalam menabung supaya pundi-pundi uangmu bertambah. Kalau kamu ingin tabunganmu aman dan dapat bunga yang lumayan, coba klik NabungYuk.com deh biar keuanganmu lebih baik!


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas