Beranda > Karier Sukses > Yuk, Berkenalan dengan Budaya Unik di Pulau Dewata

Yuk, Berkenalan dengan Budaya Unik di Pulau Dewata

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Yuk, Berkenalan dengan Budaya Unik di Pulau Dewatawatermark

TUNAIKU.COM – Pulau Bali atau yang biasanya dikenal dengan Pulau Dewata memang menyajikan panorama alamnya yang indah. Nggak heran kalau banyak turis entah itu dari dalam maupun dari luar negeri yang datang berkunjung.

 

Namun, selain karena keindahan alamnya, Bali juga menawarkan keanekaragaman budaya. Jika sudah ke sini, jangan hanya mengeksplorasi keindahan alam, tetapi budaya juga. Nah, ada banyak kebudayaan Bali yang unik dan nggak ada di daerah lain. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Hal-Hal Seputar Pulau Bali yang Harus Kamu Ketahui

  1. 5 Rekomendasi Tempat Terbaik Trekking di Pulau Bali Anti Mainstream
  2. 10 Hotel Ramah di Kantong Bikin Liburan di Bali Makin Hemat dan Menyenangkan
  3. Ini Dia Rekomendasi Olahraga Air Buat yang Mau Liburan ke Bali

 

1. Megibung

Megibung pada dasarnya merupakan tradisi makan bersama. Tradisi ini dilakukan pada saat perayaan istimewa seperti pernikahan. Jadi, mereka akan makan bersama dengan duduk melingkar. Nggak hanya sekadar makan bersama, tradisi ini mengharuskan mereka makan pada wadah yang sama. Ada yang menggunakan daun pisang, daun bambu, dan lain sebagainya.

 

2. Mapeed

Mapeed merupakan upacara besar keagamaan dan dilakukan sebagai prosesi pemakaman oleh mendiang keluarga yang ditinggalkan. Biasa disebut juga dengan Madeeng. Mapeed adalah iring-iringan gadis-gadis Bali yang mengenakan pakaian adat dengan riasan lengkap. Iringan ini berasal dari keluarga yang diinggal, mulai dari anak kecil hingga remaja.

 

3. Ngedeblag

Mungkin turis asing akan menyebut tradisi ini dengan Haloween. Pasalnya pemuda-pemudi yang melakukan tradisi ini berpakaian adat lengkap dengan dandanannya yang seram. Dandanan seram dari mereka bukan tanpa sebab. Itu merupakan simbol penolak bala karena konon sering terjadi bencana di desa. Selanjutnya, dengan dandanan semacam itu mereka akan melakukan pawai dan berkeliling desa. Kamu ingin menyaksikannya? Datanglah ke Desa Adat Penglipuran, Bangli.

 

4. Metatah

Tradisi ini juga disebut dengan potong gigi. Sebenarnya nggak hanya berupa tradisi, karena ini juga ada kaitannya dengan agama. Jadi, untuk umat Hindu yang sudah menginjak remaja mereka diwajibkan mengikir gigi taringnya. Tujuannya adalah menghilangkan sifat-sifat raksasa pada diri.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Kebudayaan

  1. 5 Sanggar Tari Tradisional di Jakarta, Yuk Belajar dan Lestarikan Warisan Budaya
  2. Kenali Kekayaan Budaya Indonesia Lewat 5 Festival Unik Ini!
  3. Langka, Hanya 6 Universitas Ini yang Tawarkan Jurusan Arkeologi di Indonesia

 

5. Perang api

Jika kamu ingin menyaksikan budaya ini, datanglah ke Pulau Dewata saat adanya perayaan hari besar seperti Hari Raya Nyepi. Umumnya tradisi ini dilaksanakan oleh para pemuda desa. Kamu bahkan bisa menyaksikan perayaan perang api yang beragam karena memang dilakukan dengan cara yang berbeda. Obor yang mereka gunakan ada yang menggunakan serabut kelapa, daun kelapa, dan lain sebagainya. Selanjutnya, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan lautan merah menyala. Keren!

 

Itu dia beberapa budaya unik yang ada di Bali. Sudah pernahkah kamu menyaksikan salah satu dari perayaan di atas?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

 

 

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett