Beranda > Gaya Hidup > Kenali Kekayaan Budaya Indonesia Lewat 5 Festival Unik Ini!

Kenali Kekayaan Budaya Indonesia Lewat 5 Festival Unik Ini!

Kenali Kekayaan Budaya Indonesia Lewat 5 Festival Unik Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Dengan jumlah suku bangsa yang mencapai ribuan, nggak heran jika Indonesia memiliki kebudayaan yang begitu kaya. Bahkan, terkadang kita juga nggak begitu paham dengan tradisi dan budaya dari suku sendiri, ‘kan? Ngaku, deh.

 

Salah satu cara saya untuk mengenal kebudayaan masyarakat Indonesia yang begitu jamak ini adalah dengan menyaksikan berbagai festival yang diselenggarakan di berbagai daerah. Di sana, kita bisa menyaksikan dari dekat bagaimana nilai tradisi dan budaya yang mengakar sejak zaman nenek moyang itu dilestarikan dengan baik oleh penerusnya. Selain itu, festival kebudayaan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Yuk, kenali kekayaan budaya Indonesia lewat sejumlah festival unik berikut ini

 

1.Festival Lembah Baliem

Lembah Baliem yang terletak di Pegunungan Jayawijaya, Papua, ini dikenal punya panorama alamnya yang istimewa. Di sini juga menjadi tempat diselenggarakannya Festival Lembah Baliem yang sangat terkenal di kalangan wisatawan sejak tahun 1989.

 

Pada festival ini, simulasi perang antara suku Dani, Lani, dan Yali dipertontonkan sebagai sebagai kebudayaan yang turun temurun. Kamu bisa menyaksikan tarian perang dan aneka senjata tradisional milik mereka. Selain itu, ada pula pesta yang diiringi musik dan tarian khas Papua. Festival ini biasanya dilangsungkan selama 3 hari di bulan Agustus. Tahun ini, Festival Lembah Baliem dijadwalkan pada tanggal 8-10 Agustus.

 

Artikel terkait: Destinasi kece untuk liburanmu

  1. 10 Kota Tempat Tujuan Wisata Murah di Eropa
  2. 10 Tempat Terbaik di Busan, Korea Selatan! Dijamin Akan Bikin Kita Bahagia
  3. 5 Destinasi Kece di Kepulauan Seribu untuk Akhir Pekanmu!

 

2. Upacara Yadnya Kasada, Bromo

Yadnya Kasada merupakan ritual tahunan yang dilakukan oleh suku Tengger yang mendiami kaki Gunung Bromo. Upacara adat ini bertujuan untuk memohon keselamatan dan kemakmuran kepada Sang Hyang Widi yang disimbolkan lewat pelarungan sesaji ke kawah Gunung Bromo.

 

Upacara ini dilaksanakan setiap tahun di Pura Luhur Poten yang berada di area lautan pasir kaki Gunung Bromo pada hari ke-14 bulan Kasada. Yang menarik, ritual ini tetap dilaksanakan meski Gunung Bromo tengah erupsi. Sebelum acara puncak Yadnya Kasada berlangsung, diadakan juga festival Eksotika Bromo yang nggak kalah menarik. Tahun ini, rangkaian event ini bakal diadakan sekitar 28 Juni-1 Juli. Pastinya jangan sampai terlewat!

 

3. Festival Reog Nasional, Ponorogo

Siapa yang nggak kenal dengan kesenian reog? Setiap tahun, Festival Reog Nasional dilangsungkan sebagai bagian dari rangkaian perayaan Grebeg Suro yang menjadi salah satu daya tarik utama kota Ponorogo. Ratusan penari dari puluhan grup reog ikut andil dalam memeriahkan festival ini.

 

Kalau ingin menikmati sajian budaya yang khas ini, persiapkan dirimu untuk hadir di alun-alun Ponorogo menjelang 1 Muharram alias tahun baru Islam. Kamu akan disuguhkan berbagai acara kesenian dengan Festival Reog Nasional sebagai puncaknya.

 

4. Festival Bau Nyale, Lombok

Buat kamu yang awal Maret ini berencana jalan-jalan ke Lombok, jangan lewatkan acara yang satu ini. Festival Bau Nyale adalah tradisi menangkap cacing laut yang diadakan setiap tahun di Pantai Seger dan Kuta, Lombok. Konon, nyale atau cacing laut ini merupakan jelmaan dari Putri Mandalika yang hanya muncul setahun sekali.

 

Nggak hanya ikut menangkap cacing di tepi laut, kamu juga bakal disuguhkan dengan berbagai pertunjukan kesenian dan pameran kerajinan tangan, lho. Rencananya, rangkaian acara Festival Bau Nyale di tahun ini bakal digelar mulai dari tanggal 20 Februari sampai dengan puncak acara pada tanggal 6-7 Maret.

 

Artikel terkait: Tips traveling

  1. Agar Tidak Kelebihan Bagasi, Lakukan Cara Ini dalam Mengatur Bawaan
  2. Tenang dan Jangan Panik Jika Paspormu Hilang di Luar Negeri, Ini Solusinya
  3. 8 Tips Untuk Traveller yang Baru Pertama Kali ke Luar Negeri

 

5. Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival adalah festival paling akbar di kawasan dataran tinggi Dieng yang selalu menyedot ribuan wisatawan setiap tahunnya. Selain alamnya yang mempesona, tradisi unik berupa ritual ruwatan bocah gimbal DIeng juga menjadi daya tarik tersendiri. Bukan cuma itu, kamu juga akan disuguhkan dengan alunan musik pada acara Jazz Atas Awan, pertunjukan seni, serta festival lampion.

 

Tahun ini, Dieng Culture Festival bakal diadakan pada tanggal 4-6 Agustus. Kalau kamu tertarik untuk menyaksikan festival ini, segera pesan tempat dan jangan lupa siapkan baju hangat!

 

Itu dia beberapa festival unik yang menarik disaksikan untuk menambah pengetahuan kita tentang keanekaragaman budaya Indonesia. Tentunya, masih ada beragam festival budaya lain yang nggak kalah menarik. Kalau di daerahmu, ada festival apa?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, wonderful events 2018, wonderful indonesia

 

 

 


PAULUS RISANG

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett