Beranda > Karier Sukses > Tips bagi Wanita Introvert agar Memiliki Karier Gemilang

Tips bagi Wanita Introvert agar Memiliki Karier Gemilang

TUNAIKU
Tips bagi Wanita Introvert agar Memiliki Karier Gemilangwatermark

TUNAIKU.COM-Wanita introvert itu cenderung lebih suka kerja sendirian di rumah atau melibatkan tak banyak orang. Faktanya, kesempatan kerja seperti itu masih jarang. Kebanyakan harus ke kantor atau di luar rumah. Biar sukses, saya punya beberapa tips karier bagi wanita introvert yang bisa langsung kamu terapkan mulai sekarang. Apa saja?

 

Artikel terkait: tips jitu agar sukses saat magang

  1. Cari Jawaban untuk Pertanyaan yang Kerap Muncul saat Interview Magang Ini
  2. 5 Trik Jitu Menjawab Pertanyaan saat Interview Magang dengan Sukses
  3. Tips Agar Kerja Magang Membuahkan Hasil yang Manis

 

Membangun jaringan secara virtual lebih luas

Masalah utama wanita introvert itu sulit menjalin pergaulan dengan banyak orang. Namun, sekarang zaman sudah maju. Semua kebutuhan bisa difasilitasi oleh teknologi. Misalnya lewat jejaring media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tanpa harus bertatap wajah secara langsung, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan mereka.

 

Bahkan kalau dipikir-pikir, kemajuan ini bisa membuat komunikasi lebih efektif. Dalam beberapa klik saja, sudah langsung terhubung dengan orang dari jarak jauh. Dalam bisnis apapun, jaringan pertemanan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan. Mumpung sedang zamannya dunia virtual, manfaatkan fasilitas ini.

 

Membangun hubungan sosial di kantor walau jumlahnya terbatas

Ketika kerja di kantor, tentu kamu wajib mempersiapkan diri untuk momen yang melibatkan keramaian dan sebagainya. Misalnya ada yang ulang tahun, syukuran karena naik jabatan, atau pesta kantor. Rasanya ingin cepat-cepat pulang, ya? Tunggu dulu. Kalau buru-buru pulang, nanti kamu justru merasa lebih terasing.

 

Demi profesionalitas dan karier cemerlang, ada baiknya kesampingkan perasaan tersebut. Hadirilah konferensi, workshop, pelatihan, pesta, dan acara lainnya yang melibatkan banyak orang. Menurut saya, pilih yang tetap bikin kamu merasa nyaman. Kalau kamu menganggap pekerjaan itu penting, pasti bisa melaluinya.

 

Banyak mencari informasi mengenai ilmu psikologi

Selama ini, tips karier bagi wanita introvert ini termasuk yang paling saya percaya. Soalnya ilmu psikologi sangat dekat dengan upaya untuk memahami orang lain. Orang yang cenderung introvert biasanya lebih mudah menerapkan hal ini. Jadi, kalau sudah berhasil diterapkan, kamu pun lebih tahu kapan tepatnya untuk mengambil sikap tanpa bertanya.

 

Semua gerak-gerik manusia memiliki tanda. Secara alamiah, hal seperti ini enggak disadari oleh semua orang. Namun, selalu ada yang mengamati setiap perilaku manusia untuk menyimpulkan sesuatu. Maka, lewat pengamatan itu, hadirlah berbagai buku tentang psikologi. Semakin dipelajari, saya yakin kamu akan lebih mudah beradaptasi.

 

Tetaplah jadi diri sendiri

Meskipun orang lain punya kecenderungan berbeda, sebaiknya jangan pernah membohongi diri sendiri. Memang saya sarankan untuk ikut berkumpul dan sebagainya. Namun, soal kenyamanan, bukankah seharusnya berada dalam kendali pribadi? Kalau ikut-ikutan kebiasaan orang lain, nanti identitas pribadi lama-lama hilang.

 

Untuk kembali menjadi diri sendiri lagi, tentu perlu proses yang enggak sebentar. Dampak terburuknya, selama kamu menjadi orang lain, setiap hari harus berhadapan dengan stres dan tekanan dari dalam. Bila ingin mencontoh, ada baiknya ikuti hal-hal yang kaum ambivert lakukan. Dia bisa tenang dan bahagia dalam situasi apa pun. Entah ramai ataupun sepi.

 

Artikel terkait: tips berteman dan mengontrol emosi di kantor dalam situasi yang menjengkelkan

  1. Cara Bertahan dan Atasi Lingkungan Kerja yang Banyak Tukang Gosip
  2. Contek 5 Jurus Jitu Cegah Emosi Meluap di Kantor, Mudah Dilakukan!
  3. 5 Tips Bertahan Bekerja dengan Rekan Kerja yang Menyebalkan

 

Sesekali latihlah diri sendiri untuk jadi sorotan publik

Sebetulnya, bila mereka yang ekstrovert itu mampu jadi pusat perhatian, kamu pun bisa. Hanya saja caranya berbeda. Bukan dengan cuap-cuap terhadap persoalan sepele. Tapi berusahalah untuk selalu berprestasi di tempat kerja. Ketika prestasi berhasil diraih, secara otomatis karier naik dan jaringan pertemanan pun bertambah.

 

Untuk menerapkan tips karier bagi wanita introvert tersebut saya akui memang perlu usaha yang terus-menerus. Terutama dalam hal meyakinkan diri sendiri, bahwa kita mampu melakukannya. Tanpa keyakinan semacam itu, untuk membuat langkah pertama pun ragu. Padahal kesuksesan hanya datang pada orang-orang yang berkeyakinan tinggi.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett