Beranda > Karier Sukses > 5 Trik Jitu Menjawab Pertanyaan saat Interview Magang dengan Sukses

5 Trik Jitu Menjawab Pertanyaan saat Interview Magang dengan Sukses

Artikel ini ditulis oleh:
5 Trik Jitu Menjawab Pertanyaan saat Interview Magang dengan Sukseswatermark

TUNAIKU.COM – Setiap tempat maupun kesempatan terbaik selalu membutuhkan trik jitu agar lolos. Kali ini saya mau memberikan beberapa tips kerja untuk anak magang. Terutama dalam hal menjawab pertanyaan selama proses wawancara. Banyak yang gagal di sini dan berakhir dengan tangan hampa. Jika ingin berhasil saat interview magang, terapkan tips-tips berikut ini.

 

Artikel terkait: cari tahu tentang kepribadian dalam dunia kerja yuk

  1. 6 Alasan Kepribadian Ambivert Lebih Sukses di Tempat Kerja
  2. Temukan Pekerjaan yang Tepat Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian Ini, Yuk!
  3. Kantor Ini Mempekerjakan Karyawannya Berdasarkan Zodiak dan Tes 16 Kepribadian, Lho!

 

1. Yakinkan pewawancara sejak tahap perkenalan diri

Setiap perusahaan terbaik, terutama yang bonafide, tentu menjadi incaran banyak orang. Kamu mesti bersaing dengan ketat untuk menjadi bagian dari perusahaan. Langkah pertama yang kamu ambil adalah perkenalkan diri dengan baik dan meyakinkan. Sebisa mungkin tampak dari sorot matamu bahwa kamu benar-benar menginginkan posisi itu.

Seorang dengan kepercayaan diri yang rendah akan mudah dideteksi. Soalnya para pewawancara mayoritas ahli di bidang psikologi. Setiap bahasa tubuh yang kamu tunjukkan dinilai olehnya. Perkenalkan diri dengan bahasa yang santun dan enggak over confidence. Perkenalkan diri dengan singkat dan mampu membuat pewawancara tersenyum puas.

2. Tunjukkan kalau kamu 100% menginginkan posisi yang ditawarkan

Pada waktu magang kan banyak pilihan kerja. Ketika sudah diputuskan mau kerja di suatu posisi, maka wajib dipelajari secara lengkap. Termasuk upaya-upaya agar bisa lolos wawancara dengan menunjukkan seberapa besar minatmu. Inilah yang saya bilang harus 100% menginginkan posisi tersebut. Soalnya kurang 1% saja sudah bisa bikin diri meragu.

Pertanyaan seputar minat ini meliputi tujuan kamu magang, harapan saat magang, kenapa tertarik, dan lain-lain. Untuk meyakinkan pewawancara tentang daya minatmu, menurut saya diri sendiri harus yakin dulu. Sebelum berangkat, coba berdiri di depan cermin. Kemudian tanyakan hal-hal seputar minat dan jawab sendiri. Yakin atau belum, semuanya akan tampak.

 

3. Memperlihatkan kemampuan dan skill terkait profesi

Tips kerja untuk anak magang ini enggak boleh dihilangin. Menurut saya penting sekali dan banyak yang gagal pada tes wawancara poin ini. Cara menunjukkannya harus dengan cara-cara yang kreatif. Misalnya ditanya, “Pencapaian seperti apa yang pernah membuatmu bangga selama kuliah atau sekolah?”

Bukan jawabannya saja yang sangat penting, tapi cara kamu menjawabnya. Saran saya, jawab sesuai dengan apa yang kamu alami. Sekali-kali enggak boleh berbohong karena akan kelihatan ketika bertatap wajah. Semakin kamu aktif dalam organisasi, punya pengalaman bersama dosen dalam proyek, dan lain-lain, maka peluangmu diterima cukup tinggi.

CTABARU4

Mobile Site CTA

4. Hadapi ujian tentang wawasan kerja dengan elegan dan tenang

Untuk setiap pertanyaannya, harap jangan sampai terjebak. Ada beberapa pertanyaan yang memang untuk menguji kedalaman perasaan ataupun cara berpikirmu selama ini. Pada waktu ditanya tentang wawasan kerja, usahakan bisa nyambung dengan obrolan tentang pekerjaan yang kamu incar.

Kan aneh kalau ada seseorang menginginkan sesuatu, namun enggak tahu seluk-beluknya. Hal itu akan membuat pewawancara berkesimpulan bahwa kamu cuma mau main-main dan kurang serius. Calon pekerja yang berkompeten akan terus menggali rasa penasarannya terhadap pekerjaan yang ingin dijalani.

Artikel terkait: kelebihan dan kekurangan tes DISC

  1. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Dominance
  2. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Steadiness
  3. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Si Influence

5. Jawab setiap pertanyaan dengan spesifik

Seorang calon pekerja yang serius akan berhasil menjawab setiap pertanyaan dengan spesifik. Modal ini sangat penting untuk diterapkan. Pasalnya, waktu untuk wawancara itu sangat terbatas. Lagi pula, cukup banyak calon lain yang mengincar posisimu. Peluangmu akan mengecil kalau sampai terindikasi buang-buang waktu dengan cerita yang panjang-lebar.

Dalam wawancara terdapat paduan antara seni memahami diri sendiri dan seni menyampaikan karakter lewat bahasa lidah. Satu hal yang harus kamu ingat adalah pewawancara itu sudah berhadapan dengan banyak orang dan karakter. Tips kerja untuk anak magang tersebut wajib kamu terapkan betul-betul agar bisa diterima magang kerja.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett