Beranda > Karier Sukses > Cara Bertahan dan Atasi Lingkungan Kerja yang Banyak Tukang Gosip

Cara Bertahan dan Atasi Lingkungan Kerja yang Banyak Tukang Gosip

TUNAIKU
Cara Bertahan dan Atasi Lingkungan Kerja yang Banyak Tukang Gosipwatermark

TUNAIKU.COM – Mendengar gosip itu seringkali bikin telinga merah-padam. Ini wajar. Hanya saja, jangan sampai gara-gara tukang gosip di kantor, produktivitasmu menurun. Saya punya beberapa tips atasi tukang gosip di kantor buat kamu. Tipsnya sangat sederhana kok dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Begitu baca artikel ini pun bisa langsung diterapkan.

 

Artikel terkait: motivasi untuk menunjang kariermu

  1. 5 Buku Enterpreunership yang Wajib Dibaca untuk Menunjang Karir
  2. 9 Tips Motivasi Karyawan Bikin Makin Semangat dan Produktif
  3. Ini Dia Film Seputar Karier yang Bisa Memotivasimu

 

Keluar dari jaringan para penggosip

Ada hukum alam yang enggak bisa dibantah, yakni seorang yang pandai bergosip, di waktu lain ia juga paling sering digosipkan. Namun, enggak semua orang begitu. Ini berkaitan dengan hukum sebab-akibat yang ada di dunia ini. Kalau kamu enggak suka digosipkan, lebih baik bicarakan kebaikan orang lain saja. Kiranya itu lebih aman.

 

Apabila kamu mendapati perkumpulan penggosip di kantor, lebih baik hindari. Walau bukan dihindari secara fisik, seenggaknya hindari dari segi omongan. Jangan sampai ikut-ikutan biar lepas dari kawanan mereka. Gosip itu semacam jaringan yang mudah menyebar. Ketika dirimu bisa keluar dari jaringan itu, maka enggak ada beban maupun tanggung jawab lagi.

 

Sesekali ancam penggosip sebagai korban

“Beraninya bicara di belakang,” agaknya kalimat ini yang paling cocok untuk menggambarkan tipe penggosip. Ketika di depan, mereka seolah enggak tahu apa-apa. Namun, begitu di belakang, mereka sering main prasangka. Bahkan enggak jarang ada yang berbicara di luar fakta yang ada. Inilah bagian yang paling menjengkelkan.

 

Para penggosip sangat berpotensi menjadi seorang penjilat maupun kaum bermuka dua. Jadi, ketika posisimu sebagai korban (yang digosipkan), sesekali coba ancam sebagaimana adanya. Bilang saja kalau kamu akan balik menggosipkan tentang tukang gosip itu. Cara ini cukup ampuh meredam gejolak tukang gosip. Namun, kalau dengan teguran sudah bisa, cukup itu saja.

 

Cari tahu rahasia si tukang gosip

Tips atasi tukang gosip di kantor ini sudah sering saya lakukan. Saya lebih lega ketika bisa membuat pelajaran pada tukang gosip itu. Soalnya tipe penggosip di kantor saya itu sudah cukup keterlaluan. Beruntungnya, saya punya teman yang selalu sedia berbagi dalam senang maupun sedih. Pendek kata, saya punya teman-teman yang benar-benar tahu sifat saya.

 

Begitu tukang gosip itu mulai melancarkan aksinya, teman-teman saya itu sama sekali enggak terpengaruh. Terima kasih, kawan. Dengan begitu, saya dan teman-teman jadi mudah mengetahui apa saja rahasia dari tukang gosip itu. Sesekali memang harus diberi pelajaran biar kapok. Soalnya dengan teguran empat mata sudah enggak ngefek sama sekali.

 

Bicaralah senetral mungkin

Menurutmu, apa yang sebenarnya paling diinginkan oleh tukang gosip? Ambil saja contoh paling sederhana dari berbagai agenda siaran infotainment. Bukankah yang rating-nya tinggi itu seputar hal-hal yang kontroversial? Tukang gosip paling suka dengan hal-hal yang begituan. Oleh karena itu, untuk jaga-jaga biar enggak jadi korban, pakai tips ini.

 

Setiap kali pembicaraan tentang hal-hal bombastis, hoax, dan sebagainya, alihkan saja pembicaraan ke topik lain. Semisal olahraga terkini, masa depan perusahaan, hari nasional, dan lain-lain yang enggak ada hubungannya dengan kabar miring. Cara ini cukup ampuh meredam keinginan bergosip dari tukang gosip itu.

 

Artikel terkait: tips saat dinas ke luar kota buat kamu

  1. Dinas Luar Kota Bareng Atasan? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini!
  2. 4 Tips Atur Waktu saat Dinas ke Luar Kota yang Wajib Diperhatikan
  3. 8 Tips Kerja Efektif saat Dinas Luar Kota yang Mudah Diterapkan

 

Hentikan secara langsung

Apa yang paling menyedihkan dari tukan gosip? Mereka selalu bergosip dalam keadaan berkumpul dengan kawanannya. Ketika masing-masing dipisah, seakan-akan ada yang hilang karena gosip itu sudah seperti makanan sehari-hari layaknya nasi dan lauk-pauk. Ketika jadi korban, lebih baik kamu langsung menghentikan pembicaraan itu. Apalagi ketika di kantor.

 

Setiap orang memiliki tipe yang berbeda-beda dan hal inilah yang harus kita pahami. Termasuk memahami karakter dari tukang gosip di kantor. Minimal, jangan sampai kamu termakan oleh omongan mereka yang pandai sekali membual. Semoga tips atasi tukang gosip di kantor ini berdampak baik untuk kariermu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett