Beranda > Karier Sukses > Contek 5 Jurus Jitu Cegah Emosi Meluap di Kantor, Mudah Dilakukan!

Contek 5 Jurus Jitu Cegah Emosi Meluap di Kantor, Mudah Dilakukan!

Artikel ini ditulis oleh:
Contek 5 Jurus Jitu Cegah Emosi Meluap di Kantor, Mudah Dilakukan!watermark

TUNAIKU.COM – Menjalani rutinitas kerja yang monoton pasti membuat jenuh dan kadang membuat kamu mudah marah. Tenang, hal ini memang banyak dialami oleh para pekerja kantoran. Belum lagi masalah pribadi yang menambah beban pikiran.

Tetapi jangan dibiarkan karena pasti akan menggangu produktivitas kerja. Untuk menghindarinya maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Lakukan beberapa tips cegah emosi yang sudah ampuh teruji dan membantumu melewati hari dengan lebih baik.

 

Artikel terkait: tips agar kamu cepat naik jabatan sekaligus gaji

  1. Ini Dia Tips Cepat Naik Jabatan di Perusahaan Besar
  2. 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Bisa Cepat Naik Gaji
  3. Ingin Naik Gaji? Jangan Risau, Ikuti 6 Tips dan Trik Berikut!

 

1. Rajin tersenyum dan bersikap ramah

Senyum itu sangat ringan dan murah, tapi pengaruhnya sangat besar. Bukan hanya untuk orang lain, tetapi untuk dirimu juga. Enggak ada orang yang lagi bersungut-sungut itu bisa tersenyum secara tulus. Kalau dipaksakan senyum, tetap ada sungut-sungutnya. Orang yang murah senyum mengesankan sebagai pribadi ramah dan punya kecakapan sosial.

Siapa pun akan mudah mendapatkan tempat ketika berhasil bersikap ramah dengan siapa pun. Sikap ini juga bisa menjadi terapi ketika tiba-tiba ada yang bikin kamu emosi. Saat emosi, seringkali kita kehilangan kendali dan trek yang benar. Cobalah kembali ke jalan yang benar dengan memaafkan orang lain, mengakui kesalahan pribadi, dan jangan lupa tersenyum.

2. Terima kritik yang membangun

Saya enggak heran sih ketika ketemu banyak orang yang selalu ingin memprogram pikiran saya di kantor. Mulai dari pekerja junior hingga senior. Seakan-akan mereka tahu segalanya. Namun saya enggak memblokir pendapat mereka mentah-mentah selagi mampu membangun profesionalitas diri sendiri. Nah, kamu bisa ikuti tips ini, walaupun perlu waktu banyak.

Sikap menerima kritikan yang membangun merupakan salah satu sikap dewasa. Untuk memiliki sikap seperti ini, kamu wajib banyak mengenali diri sendiri. Kemampuan memilah dan memilih juga salah satu bagian dari proses mengenali diri sendiri. Menurut saya, tips ini sangat efektif dan cocok diterapkan oleh siapa pun. Enggak cuma saat di kantor saja.

CTABARU1

Mobile Site CTA

3. Salurkan emosi pada kegiatan yang positif

Orang yang sering emosi itu sebetulnya memiliki energi meledak-ledak, tapi salah dalam penyalurannya. Ketika energi itu disalurkan untuk menghajar atau menghardik orang lain, jelas akan menimbulkan kerugian. Salah satu tips cegah emosi itu bisa disalurkan ke hal-hal yang kreatif. Untuk melakukannya, redakan dulu gejolak di hati.

Cara meredakannya macam-macam. Bisa dengan menutup mata dan menerima segala bentuk serangan dalam pikiran. Bisa pula dengan menyetel lagu favorit saat bekerja untuk meraih keadaan trance yang dalam. Setelah itu baru salurkan ke hal-hal yang kreatif, misalnya brainstorming demi mendapatkan ide dan sebagainya. Hasilnya sangat bagus.

4. Bicarakan masalah pribadi secara kekeluargaan

Sebagai makhluk sosial, enggak seharusnya tiap pribadi berada dalam pertentangan yang sengit. Hal ini akan merugikan diri sendiri maupun orang lain secara luas. Ketika mengalami masalah yang mengganggu pikiran dan menyulut emosi karena orang lain, bicarakan secara kekeluargaan. Bagaimana pun, setiap pekerja di kantor adalah saudara satu sama lain.

Sudah seharusnya masing-masing memiliki kepedulian untuk saling mendukung. Tentu saja pembicaraan tersebut dilakukan setelah situasinya sudah reda. Akui diri kalau memang bersalah. Maafkan mereka jika agar hati selalu damai.

 

Artikel terkait: saat ada kenaikan gaji, lakukan hal ini biar enggak ludes

  1. Gaji Naik, Lakukan Hal Ini Biar Uangmu Nggak Cepat Ludes!
  2. Tips Sukses Buat Kamu yang Baru Naik Jadi Manajer
  3. Katanya Setiap Tahun Akan Ada Kenaikan Gaji. Bener Nggak, Sih?

 

5. Menghitung angka sambil memejamkan mata

Apa yang ada dalam pikiranmu saat emosi? Pasti banyak gambaran negatif dan dipenuhi dengan kalimat-kalimat negatif pula. Gambaran itu memang enggak bisa dihapus, tapi bisa dialihkan. Misalnya dengan cara menghitung angka 1 sampai 10. Alihkan gambaran negatif dengan gambar angka sesuai yang kamu sebutkan. Cara ini sangat efektif menurut saya.

Tips cegah emosi tersebut sudah saya coba dan terbukti berhasil. Khusus untuk tips terakhir, kamu bisa menambahkan angkanya sampai gejolak emosi betul-betul reda. Ketika kita memejamkan mata, maka akan lebih banyak melihat kebenaran daripada kesalahan. Apa yang tampak di permukaan akan berbeda setelah menyelam di kedalaman jiwamu.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett