Beranda > Karier Sukses > Tips Agar Kamu Bisa Fokus Saat Belajar di Rumah

Tips Agar Kamu Bisa Fokus Saat Belajar di Rumah

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tips Agar Kamu Bisa Fokus Saat Belajar di Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini, kafe akan dipilih sebagai tempat yang paling nyaman untuk belajar. Maka nggak heran kalau saat ini kafe ramai dipenuhi oleh pelajar atau mahasiswa yang sedang belajar bahkan berdiskusi. Apakah kamu juga sering belajar di kafe atau di luar ruangan?

 

Sayangnya. Belajar di kafe itu ya lumayan bikin boros. Belakangan ini saya merasakannya. Uang bulanan saya jadi lebih cepat habis karena saya terlalu lama belajar di kafe. Kan nggak mungkin, saya belajar di kafe tanpa membeli minum atau makanannya. Belum lagi jarak antara rumah dengan kafe langganan saya itu bisa dibilang cukup jauh. Alhasil, biaya transport pun membengkak.

 

Artikel terkait: Hal-hal tentang kafe yang perlu kamu ketahui

  1. 6 Kafe Dessert yang Menggugah Selera di Surabaya
  2. 8 Langkah Agar Bisnis Kafe Sukses Walau dengan Modal Minim
  3. Yuk Ajak Anak ke Kafe Keluarga Ramah Anak di Surabaya Berikut Ini

 

Sebenarnya, kalau harus belajar di kamar pun nggak kalah seru daripada belajar di kafe. Haya saja kamu harus mengkondisikan segala sesuatunya sehingga bisa fokus. Beberapa tips yang bisa kamu coba adalah:

 

1. Merapikan dan membersihkan kamar

Memiliki kamar yang bersih membuat saya betah berlama-lama berdiam diri di kamar. Kondisi kamar yang bersih juga membuat lebih fokus dalam belajar atau menyelesaikan pekerjaan. Apalagi jika kondisi kamar rapi. Wah bisa langsung masuk ke otak pelajarannya.

 

2. Menjaga kesejukan kamar

Selain rapi dan bersih, kamar yang sejuk juga mendukung tingkat fokus dalam belajar. Untuk mewujudkannya, kamu bisa memberikan wangi-wangi sesuai selera, menyalakan kipas angin, meletakkan meja belajar di samping jendela, meletakkan tanaman di kamar, dan lain sebagainya.

 

3. Desain meja belajar semenarik mungkin

Bentuk meja belajar dan tatanannya bisa menarik minat kita untuk belajar. Sebagai contoh, diberikan hiasan karakter Avenger, bunga-bungaan, dan lain sebagainya. bagaimana, bentuk desain seperti apa yang kamu suka?

 

4. Full musik

Beberapa orang lebih fokus belajar jika sembari mendengarkan musik. Namun, beberapa juga nggak bisa belajar kalau sembari mendengarkan musik. Tergolong yang manakah, kamu? Jika memang iya, kamu bisa memutar musik selama belajar, bisa menggunakan radio, smartphone, dan lain sebagainya.

 

Artikel terkait: Musik yang sebaiknya kamu dengarkan

  1. 5 Tipe Musik Menurut Sains yang Bisa Tingkatkan Produktivitas
  2. 5 Genre Musik yang Cocok Menemani Saat Bekerja, Makin Semangat dan Produktif!
  3. Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!

 

5. Sediakan camilan

Beberapa orang juga nggak bisa belajar kalau nggak ada makanan. Jadi, mulai sekarang sediakan cemilan saat kamu belajar. Pilihlah cemilan tanpa micin yang memang jadi favoritmu. Namun, jangan hanya fokus di makanan, ya, hehe.

 

6. Penuhi asupan air putih

Air putih itu selain minuman yang murah meriah juga menyehatkan. Bahkan, dengan mencukupi asupan air putih tingkat fokusmu pun lebih baik. Jadi, jangan lupa menyediakan air putih di samping meja belajarmu, ya.

 

7. Jauhkan smartphone

Nggak bisa dipungkiri kalau keberadaan gadget atau smartphone akan mencuri perhatianmu. Untuk itu, coba jauhkan gadget dari genggaman dan meja belajar. Kamu harus bisa membagi kapan waktunya belajar dan kapan waktunya memegang gadget.

 

8. Belajar dengan waktu yang cukup

Pada dasarnya, kamu nggak perlu kok belajar berlama-lama. Asalkan sungguh-sungguh dan fokus, kamu hanya perlu 30—60 menit untuk belajar.

 

9. Olahraga yang cukup

Usai belajar, kamu perlu meregangkan otot. Nggak ada salahnya kamu olahraga barang 10 menit. Kamu juga bisa olahraga di dalam ruangan kok, misalnya lari kecil di kamar, peregangan tangan kaki, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kamu pun bisa fresh kembali.

 

Itu dia 9 cara agar kamu bisa fokus belajar meskipun hanya di kamar saja. Nah, sekarang kamu nggak perlu boros mengeluarkan uang untuk biaya belajar di kafe, ya! Semangat!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett