Beranda > Finansial > 8 Langkah Agar Bisnis Kafe Sukses Walau dengan Modal Minim

8 Langkah Agar Bisnis Kafe Sukses Walau dengan Modal Minim

Tunaiku
8 Langkah Agar Bisnis Kafe Sukses Walau dengan Modal Minimwatermark

TUNAIKU.COM-Apa bisnis kafe bisa dicapai hanya dengan modal minim? Bisa banget. Tahun lalu merupakan kejadian paling bersejarah bagi saya. Walaupun dimulai dengan sederhana, akhirnya bisnis ini bisa berkembang di kota Bantul, Yogyakarta. Setiap harinya hampir enggak pernah absen didatangi oleh kaum muda-mudi. Tertarik juga mau bikin cafe dengan modal minim? Simak di sini langkah-langkahnya.

 

Artikel terkait: tren bisnis yang bisa kamu terapkan selagi masih muda

  1. Wah, Ini 5 Bisnis yang Tren di 2018 dan Dilirik Banyak Anak Muda
  2. 5 Tren Bisnis di Bandung dengan Segmen Anak Muda yang Bisa Kamu Coba
  3. Ingin Merealisasikan Ide Bisnismu? Lakukan 7 Cara Ini!

 

1. Cari lokasi yang ramai

Kafe itu biasanya diisi oleh kaum muda-mudi. Ketika tempat yang dibidik adalah kawasan ramai, otomatis banyak anak mudanya. Pilih yang sekiranya jadi pusat perputaran ekonomi di suatu kota atau provinsi. Kalau di Semarang, ya kira-kira enggak jauh dari Kota Lama atau kawasan industri. Begitu pula dengan kota besar lainnya di Indonesia.

 

Langkah ini dimulai dengan survei terlebih dahulu. Baik itu dengan datang langsung dan menikmati kehidupannya ataupun mencari data statistik tingkat keramaian kawasan tersebut dari waktu ke waktu. Biasanya sudah bisa ketahuan hanya dengan sering baca berita. Lakukan kedua survei tersebut secara intensif.

 

2. Tentukan target pasar sejak awal

Penentuan ini bertujuan untuk membangun branding. Saran saya sih mending targetkan saja untuk menggaet anak-anak muda. Mulai dari kalangan SMA, SMK, sampai anak kuliahan. Rata-rata kalau sudah nyaman, mereka bisa tiap hari datang dan jadi pelanggan. Kan lumayan. Bahkan dengan konsep lesehan saja mereka masih mau dan merasa asyik.

 

3. Wajib sajikan makanan kekinian

Anak muda zaman now kan sering banget menjajal menu-menu yang variatif tuh. Sebagai penyedianya, tentu kamu enggak boleh ketinggalan informasi dong. Penuhi juga selera mereka itu dengan rajin-rajin browsing untuk menciptakan menu baru. Tampilannya juga harus fresh. Sama seperti sifat anak muda yang energik dan super kreatif.

 

4. Tambahkan furnitur maupun aksesori dinding yang gaul abis

Berhubung bisnis kafe modal minim kita sudah punya target, langkah ini tetap harus diambil. Untuk menerapkannya, lakukan suvei dulu tentang kebiasaan anak muda di kawasan yang kamu pilih. Kalau mereka sukanya musik rock, tempelkan saja poster bintang rock serta kata-kata mutiara dari pemain andalan mereka. Suasana kafe pun lebih hidup rasanya.

 

5. Manfaatkan grosir terpercaya

Ketika hendak mendirikan kafe, terlebih dahulu dibarengi dengan kepemilikan atas jaringan yang kuat. Jadi, kemana-mana kamu sudah tahu langkahnya. Misalnya mau beli bahan-bahan untuk makanan, tinggal beli di pasar anu. Begitu pula ketika mau pasang poster, menyediakan bangku untuk pengunjung, dan sebagainya, kamu sudah kenal dengan vendor-vendornya.

 

6. Sediakan Wi-Fi gratis

Namanya juga anak muda, kan? Pasti mereka doyan banget browsing ataupun update status. Entah itu di Instagram, Facebook, Twitter, atau Google. Para mahasiswa kerapkali saya temui lebih suka mengerjakan tugas di kafe-kafe. Kalau kamu bisa memanjakan mereka dengan Wi-Fi, saya jamin bisa ramai tiap hari deh.

 

7. Ciptakan event menarik secara berkala

Untuk membuat suasana jadi berbeda, asyik, anti-mainstream, plus menggairakan, sekali-kali bikin event khusus saja. Misalnya dengan mengundang band yang baru merintis karier di kota tersebut. Dibandingkan dengan hasil yang kamu dapat, tarifnya jauh lebih murah. Soalnya dengan event tersebut, bisa sekalian dijadikan ajang untuk promosi ke para pengunjung baru.

 

Artikel terkait: tips memulai bisnis yang mudah diterapkan

  1. Ingin Memulai Bisnis Yoga? Ini 10 Rahasia yang Harus Kamu Tahu
  2. Ini Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue Kering Lebaran
  3. Tips Memulai Usaha Homemade yang Menguntungkan

 

8. Jalankan bisnis seserius mungkin

Walaupun temanya anak muda, tetapi harus dilakukan secara serius, dong! Kalau enggak, mana mungkin bisa maju? Ketika di tahap awal, jangan dulu pikirkan untung dan rugi. Namun, lebih baik pikirkan saja bagaimana agar perputaran uang bisa selalu maksimal. Itulah yang bisa membuat bisnismu maju suatu hari nanti.

 

Kelihatannya sulit, ya? Ah, enggak juga kok. Kalau sudah diniatkan dalam hati, bisnis kafe yang kamu dirikan pasti mudah berkembang. Asalkan perencanaan di atas kamu praktikkan betul-betul. Langkah yang bisa diambil rata-rata sama, yakni sesuaikan dengan target pasarmu. Dengan begitu, kafe milikmu akan terasa memiliki ciri khas. Percayalah.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett