Beranda > Gaya Hidup > 5 Genre Musik yang Cocok Menemani Saat Bekerja, Makin Semangat dan Produktif!

5 Genre Musik yang Cocok Menemani Saat Bekerja, Makin Semangat dan Produktif!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
5 Genre Musik yang Cocok Menemani Saat Bekerja, Makin Semangat dan Produktif!watermark

TUNAIKU.COM – Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah berita yang bermaksud untuk mengimbau kembali kepatuhan masyarakat dalam berkendara, yang mana dua poin yang disorot dalam berita tersebut ialah perilaku pengendara yang bisa dikatakan berisiko mengganggu konsentrasi. Yakni, berkendara sambil merokok dan mendengarkan musik.

Nah poin mendengarkan musik yang kemudian membuat saya berpikir kalau, memang benar bahwa musik semakin menjadi bagian yang nggak terpisahkan dari keseharian kita. Kamu mungkin juga merasakan hal yang sama.

Mendengarkan musik sembari bekerja, ditemani lantunan lagu-lagu saat berkendara, dan di kegiatan-kegiatan lainnya. Bagi saya pribadi, musik nggak hanya sebagai mood booster, tapi lebih dari itu. Bahkan ibarat narkoba untuk produktivitas dan semua aktivitas.

Menjadi bagian terpenting dari keseharian, musik membantu membangun mood saya, menjaga saya tetap fokus dalam mengerjakan sesuatu, dan terkadang membantu saya dalam pencarian ide yang tepat dalam penulisan. Secara pribadi, musik membantu saya untuk memaksimalkan produktivitas saya.

Nah, bicara musik tentu akan bicara selera bukan? Belum tentu selera saya akan sama dengan kamu. Jadi, musik membantu produktivitas juga akan tergantung pada seleramu. Berikut ini, saya coba kategorikan manfaat mendengarkan musik menurut genre pada produktivitasmu.

 

Artikel terkait: Bikin harimu lebih baik dengan musik

  1. 10 Aplikasi Musik Streaming Pilihan yang Bikin Hari Lebih Berwarna
  2. Tahukah Kamu? Musik yang Kamu Dengar Berpengaruh dengan Kesuksesanmu
  3. Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!

 

1. Musik klasik

Nggak hanya enak sebagai teman bersantai, musik klasik juga diyakini sebagai salah satu jenis musik yang bisa meningkatkan produktivitas. Sebuah penelitian yang menggunakan ahli radiologi menunjukkan bahwa setelah mendengarkan musik klasik, tujuh dari delapan responden mengaku mengaku memiliki peningkatan suasana hati dan mampu berkonsentrasi lebih pada pekerjaan.

2. Soundtrack video game

Meskipun kamu bukan seorang gamer, musik video game ternyata baik untuk meningkatkan produktivitas, lho. Agak sulit dipercaya ya, tapi soundtrack-soundtrack video game rupanya diciptakan nggak sembarangan. Ia diciptakan dengan komposisi khusus yang bisa membantu kamu untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada di depanmu. Nggak percaya? Coba dengarkan Soundtrack Blade Runner atau Zelda’s Lullaby saat mengerjakan sesuatu.

3. Musik reggae

Genre musik yang berasal dari Jamaica ini sebenarnya terinfluens oleh musik jazz dan swing. “Offbeat” pada musik reggae akan membuat kamu merasa lebih relax dan di saat bersamaan juga bisa jadi booster untuk fokus kerjamu. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu mulai diserang kantuk saat bekerja, nggak ada salahnya kamu dengarkan musik reggae.

4. Deep house

Sama-sama terinfluens oleh warna musik jazz-funk dan soul, genre deep house bisa kamu jadikan pilihan untuk tingkatkan produktivitas kerja, kalau reggae bukan seleramu. Dengan kombinasi bassline dengan ritme lambat dan sedikit vokal, deephouse akan memberikan atmosfer relax tanpa mereduksi fokusmu.

5. Instrumental blues

Iringan musik blues tanpa lirik ini merupakan pilihan tepat lainnya saat merasa kesulitan menemukan fokus ketika bekerja. Dominasi suara saxophone dan gitar elektrik sebagai pemberi warna utama pada aliran ini akan sangat memanjakan telingamu.

 

Artikel terkait: Jadikan hobi musikmu naik level

  1. 10 Kampus Terbaik Jurusan Seni Musik, Labuhan Hati Pencinta Musik
  2. Hobi Bermusik, Yuk, Coba 5 Jenis Bisnis Menguntungkan Berikut!
  3. 5 Rekomendasi Toko Musik Terlengkap Bagi Pencinta Musik di Jakarta

 

Nah, itulah lima genre musik yang bisa mengembalikan fokus dan meningkatkan produktivitas saat kamu bekerja.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

2


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett