Beranda > Gaya Hidup > Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!

Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!

Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!watermark

TUNAIKU.COM – Pernahkah kamu merasa di sekeliling kamu banyak distraksi yang mengganggu konsentrasi kamu, khususnya saat bekerja atau melakukan sebuah kegiatan? Misalnya, email tentang promo produk atau brand ternama, asyiknya timeline di media sosial, video-video viral yang memaksa mata kamu untuk melihatnya, belum lagi teman kantor yang terkadang ingin ngobrol dan gangguan-gangguan dari internal maupun eksternal yang membuat kamu gagal fokus. Agak menyebalkan, ya? He-he-he.

Akan tetapi, sebenarnya banyak cara yang bisa membantu kamu berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Salah satu cara yang menyenangkan adalah mendengarkan musik. Kegiatan tersebut pun bisa jadi kebiasaan yang menyenangkan untuk membantu kamu lebih berkonsentrasi. Mendengarkan musik dipercaya bisa membantu kamu dalam berkonsentrasi, meningkatkan produktivitas, memicu kreativitas dan membantu efisiensi waktu kamu dalam bekerja.

Musik sendiri memiliki bermacam-macam tipe dan ternyata ada jenis-jenis musik yang bisa meningkatkan produktivas kerja. Biar makin produktif dan fokus kerja, coba sambil dengerin 4 jenis musik ini, deh. Yuk, simak!

 

Musik Klasik

Sudah tidak asing lagi jika musik klasik dipercaya bisa mengembangkan fungsi otak seseorang. Musik klasik sangat ampuh untuk membantu seseorang berkonsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Helsinki mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan fungsi otak.

Salah satu musik klasik yang patut kamu coba supaya kamu bisa berkonsentrasi dengan baik adalah musik klasik yang diciptakan komposer ternama, Mozart. Mendengarkan musik ciptaan Mozart tenyata bisa sangat membantu memfokuskan pikiran dan memaksimalkan kinerja otak. Tapi kalau kamu mau dengar musik klasik dari komposer yang lebih modern, kamu bisa coba dengarkan karya dari Yiruma, yang terkenal dengan karyanya River Flows in You.

 

Suara Alam

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of the Acoustical Society of America menyatakan jika suara atau efek alam (natural sound) dapat mmebawa dampak yang baik untuk suasana kerja. Suara alam atau musik yang mengutamakan suara alam sebagai komponen utamanya membantu kemampuan kognitif dan mood seseorang meningkat. Tidak hanya di lingkungan kerja, hal tersebut juga bisa berdampak luar lingkungan kerja.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mendengarkan Nature Sounds yang merupakan kumpulan suara-suara alam. Kamu bisa mendengarkannya melalui aplikasi streaming musik atau sejenisnya.

 

Musik tanpa lirik

Ada beberapa orang yang jika mendengarkan musik, ia akan ikut bernyanyi dan terkadang terdikstrasi oleh lagu tersebut karena mengikuti lirik lagunya. Nah, jika kamu salah satu tipe yang seperti itu, musik tanpa lirik mungkin bisa menjadi pilihan kamu untuk lebih berkonsentrasi. Sebuah penelitian mengatakan jika musik tanpa lirik bisa memberikan efek baik pada produktivitas dan konsentrasi seseorang.

Beberapa lagu berjenis EDM tanpa lirik bisa kamu coba seperti beberapa lagu milik Tiesto. Kalau musik EDM terlalu heboh buat kamu, kamu bisa coba dengerin musik IDM (Intellegent Dance Music), seperti Telefon Tel Aviv atau Mamori.

 

Musik Favorit Pilihan kamu

Sebuah penelitian mengatakan jika seseorang mendengarkan lagu yang sesuai dengan kesukaannya atau lagu yang memang benar-benar ingin didengarkannya, dapat membantu meningkatkan konsentrasinya dan juga produktivitasnya. Hal tersebut memicu kerja otak secara maksimal dan dapat mengatur emosi seseorang. Jadi, tidak ada salahnya kamu membuat playlist khusus untuk kamu saat bekerja.

Tapi kalau mau lebih asyik lagi, kamu bisa coba dengerin playlist yang isinya random atau nggak terpaku oleh satu jenis musik aja. Misalnya kamu bisa coba pilih playlist dengan tema Focus for Work atau sejenisnya di apps music player pilihan kamu tanpa tahu isi lagu-lagunya apa aja. Pasti seru!

Nah, beberapa tipe musik tersebut mungkin akan membantu produktivitas kamu dalam bekerja. Selain itu, lagu milik Norah Jones, John Lennon dan beberapa musisi lama dengan lagu yang tenang juga bisa membantu kamu untuk fokus dan tidak terdistraksi dengan hal-hal di luar sana.

 

Gimana? Sudah ada inspirasi mau dengerin musik jenis apa hari ini biar makin produktif dan fokus kerja? Lets’s listen to the music and be focus!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa menjadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku yang prosesnya serba digital.

Yuk, langsung ajukan dan isi formulir di sini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett