Beranda > Karier Sukses > 5 Tipe Musik Menurut Sains yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

5 Tipe Musik Menurut Sains yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
5 Tipe Musik Menurut Sains yang Bisa Tingkatkan Produktivitaswatermark

TUNAIKU.COM – Musik adalah salah satu hiburan bagi kamu ketika kita sedang merasa galau, senang, ataupun ketika kita sedang nggak ingin melakukan sesuatu. Musik bisa membuat kamu menjadi lebih santai dan membantu memperbaiki mood kamu. Namun, apakah musik juga bisa meningkatkan produktivitas kamu, apalagi jika kamu sudah bekerja dan memiliki pola hidup yang berulang-ulang dan bisa membuat kamu bosan?

 

Berdasarkan penelitian Teresa Lesiuk, seorang asisten profesor dalam program terapi musik di Universitas Miami, orang yang mendengarkan musik menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat dibanding orang yang bekerja tanpa mendengarkan musik. Hal ini menunjukkan bahwa musik dapat memberikan efek positif dalam pekerjaan kamu. Tapi jangan salah, ada juga loh musik yang bisa memperlambat pekerjaan kamu. Jadi tipe musik yang dipilih harus sesuai dengan situasi dan kebiasaan kamu.

 

Artikel Terkait: Menulis novel dan mencari tempat baca yang asyik.

  1. 7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novel
  2. Ini 4 Judul Novel Misteri di Bawah 300 Halaman yang Cocok Mengisi Akhir Pekanmu!
  3. Terbaik, 10 Novel Romantis Indonesia yang Seru Dibaca Saat Waktu Luang

 

Namun, meskipun begitu, terdapat beberapa tipe musik yang cocok dan dapat memberikan efek positif dalam pekerjaan kamu. Mau tau? Langsung saja simak tipe-tipe musik di bawah ini.

 

 1. Musik Klasik


Mendengarkan musik nggak harus melulu musik dengan lirik. Terkadang musik yang kebanyakan lirik juga bisa mengganggu kamu saat bekerja. Salah satu tipe musik yang cocok untuk didengar ketika sedang bekerja adalah musik klasik. Berdasarkan penelitian, 7 dari 8 radiolog semakin berkonsentrasi dalam bekerja ketika mereka mendengarkan musik klasik. Kalau kamu bingung mau mulai dengan musik klasik apa, kamu bisa mencoba mendengarkan lagu “four seasons” oleh Vivaldi.

 

2.  Musik Alam


Musik alam juga bisa menjadi pilihan untuk kamu dengar ketika sedang bekerja. Tapi nggak semua musik alam bisa meningkatkan konsentrasi kamu lho. Kamu bisa mencoba mendengarkan musik alam seperti suara air mengalir, air terjun, atau juga suara gemerisik daun. Hindari musik alam seperti suara burung atau suara binatang lainnya karena bisa mengganggu konsentrasi kamu.

 

3. Musik Epic


Melakukan pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi hal yang paling menyebalkan sekaligus menyulitkan. Jika kamu sedang menghadapi hal semacam itu, kamu bisa mencoba bekerja sambil mendengarkan musik epic supaya motivasi dan semangat kamu bisa balik.

 

4. Musik Video Game

Musik video game umumnya dibuat supaya kamu bisa semakin semangat dan konsentrasi ketika sedang menyelesaikan tantangan yang terdapat di dalam game. Oleh karena itu, musik video game juga bisa kamu coba dengarkan ketika sedang bekerja untuk membuat kamu lebih bersemangat dan lebih tertantang. Kamu bisa memulai dengan mendengarkan lagu game Bastion atau SimCity sebagai permulaan.

 

5. Musik Ambient


Kamu bisa mencoba mendengarkan tipe musik ambien jika kamu sedang stres atau merasa tertekan dalam pekerjaan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mendengarkan tipe musik ini saat kamu sedang merasa lelah atau capek dalam pekerjaanmu.

 

Artikel Terkait: Penting untuk yang hobi belanja.

  1. Meski Hobi Belanja, Ini Tips Supaya Tetap Punya Uang di Akhir Bula
  2. Hobi Belanja Murah? September adalah Waktu Terbaik Membeli 7 Barang ini
  3. Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!

 

Lima tipe musik di atas hanyalah sebagian kecil dan berbagai tipe musik yang ada sekarang ini. Kamu bisa mencoba mendengarkan tipe-tipe musik di atas ketika sedang bekerja. Atau jika kamu memang lebih bersemangat ketika mendengar lagu pop yang bernuansa fun, maka cobalah mendengarkannya saat bekerja. Mungkin hal itu akan membuat kamu lebih termotivasi saat bekerja.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett