Beranda > Karier Sukses > Tertarik Kuliah di Jepang? Kenali Sistem Pendidikan dan Cek Persiapannya

Tertarik Kuliah di Jepang? Kenali Sistem Pendidikan dan Cek Persiapannya

Artikel ini ditulis oleh:
Tertarik Kuliah di Jepang? Kenali Sistem Pendidikan dan Cek Persiapannyawatermark

TUNAIKU.COM – Saya sangat suka dengan Jepang karena sangat merawat budayanya. Itulah yang membuat saya sekarang kuliah di Negeri Sakura ini. Apakah kamu berpikiran yang sama dengan saya dan mau kuliah di sini? Tenang saja. Sistem pendidikan di Jepang itu nggak terlalu sulit kok. Asalkan disiplin belajar, semuanya terasa mudah. Kira-kira inilah yang perlu kamu siapkan.

 

Artikel terkait: Daftar Beasiswa untuk Melanjutkan Kuliah

  1. Buat yang Berencana Kuliah S2, Perhatikan 7 Beasiswa yang Bisa Kamu Kejar di Tahun 2017 Ini!
  2. Ini Dia 5 Beasiswa Kuliah yang Disediakan oleh Pemerintah
  3. Yuk, Coba 5 Beasiswa Kuliah ke Belanda Berikut! 

1. Pahami kebijakan pemerintah setempat

Kabar gembira nih buat kamu. Pemerintah Jepang telah menyetujui kuliah di universitas secara umum maupun secara privat. Keduanya memiliki prospek masa depan yang sama. Tapi harus mematuhi kurikulum yang dibuat oleh pemerintah agar kedua jenis perkuliahan tersebut bisa berjalan secara beriringan. 

 

2. Pendidikan karakter jadi fokus utama

Inilah bedanya negara Jepang dengan kebanyakan negara lainnya. Mereka amat percaya, bahwa karakter yang kuat akan menciptakan bangsa yang kuat pula. Pedoman itu terus dilanggengkan hingga generasi sekarang. Begitu pula dalam dunia perkuliahan dan pendidikan secara umum di Jepang. Orang Jepang terkenal dengan disiplin yang tinggi.

 

Fisik boleh kurang dari rata-rata orang Eropa, Afrika, Timur Tengah, maupun banga Amerika. Tapi soal inovasi para mahasiswa Jepang enggak boleh diremehkan. Hampir dalam segala bidang, kemampuan mahasiswa asal Jepang berada di atas rata-rata. Hal itu tercipta secara otomatis. Ketika karakter sudah kuat, maka antusias belajar semakin tinggi. 

Tunaiku, KTA

Mobile Site CTA

3. Terbiasa mandiri

Enggak ada ceritanya mahasiswa Jepang itu gampang mengeluh. Ketika ada yang bersalah, mereka akan lebih dulu menyalahkan diri sendiri, bukan orang lain. Wajar kalau tingkat kecurangan di Negeri Sakura ini sangat minim. Termasuk angka koruptornya. Dari dunia perkuliahan saja sudah dididik semandiri itu. Inilah istimewanya sistem pendidikan di Jepang.  Ketahui tentang tipe perguruan tinggi di Jepang

4. Mengetahui tipe perguruan tinggi yang ada di Jepang

Jangan sampai salah masuk. Di Jepang juga ada penggolongan perguruan tinggi berdasarkan tipenya. Pertama, tipe universitas. Istilah universitas di Jepang merujuk pada kuliah di perguruan tinggi, umu, maupun privat. Durasinya sekitar 4 tahun, kecuali pendidikan kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, kedokteran hewan, yang berjalan selama 6 tahun.

Kedua, ada yang bernama Junior College. Durasi pendidikan ini hanya 2 sampai 3 tahun saja. Tapi tergantung departemen yang menaunginya. Kuliah di Junior College ini hanya fokus pada jurusan ekonomi, pendidikan, perawat, humaniora, dan sosiologi. Ketiga, ada Professional Training College. Kuliah ini khusus untuk kamu yang mau mendalami ilmu.

 

Tujuannya agar bisa lebih mudah dalam menapaki dunia karir. Durasi pendidikannya sekitar 1 tahun. Keempat, ada Colleges of Technology. Bagi pemerintah Jepang, pendidikan teknologi harus dikhususkan. Maka terbentuklah kuliah di bidang teknologi ini. Terakhir, ada Graduate School. Kuliah ini hanya bisa dimasuki oleh kamu yang sudah pernah kuliah di sana. Tujuan kuliah di Graduate School untuk mendapatkan gelar master.

 

Artikel terkait: Tips Hemat Kuliah dan Magang di Luar Negeri

  1. 10 Langkah Hidup Hemat Tapi Nggak Menderita Saat Kuliah di Luar Negeri
  2. Tips Hidup Hemat Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri
  3. Pengin Magang di Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Ini 

 

5. Wajib tahu, ini jadwal perkuliahan di Jepang

Mayoritas perguruan tinggi di Jepang memulai perkuliahan di bulan April atau Maret sampai tahun depannya. Semester pertama dimulai sejak bulan April hingga September. Sedangkan untuk semester kedua dimulai sejak bulan Oktober hingga akhir Maret tahun depannya. Setiap semester ada jadwal liburannya juga. Ada pula kelas khusus di bulan Oktober.

Bukankah menyenangkan kalau mudah beradaptasi dengan sistem pendidikan di Jepang? Berbaur dengan orang-orang jepang itu asyik. Mereka ramah-ramah. Kadang-kadang mengagetkan juga kalau bicara dengan mereka. Soalnya khas sekali logatnya. Pesan saya, kalau kamu sudah diterima, selalu bersikap baik di sana. Kan itu negeri orang.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett