Beranda > Karier Sukses > Tantang Dirimu untuk Lakukan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Menginjak 40 tahun

Tantang Dirimu untuk Lakukan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Menginjak 40 tahun

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Tantang Dirimu untuk Lakukan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Menginjak 40 tahunwatermark

TUNAIKU.COM-Konon, semakin tua usia seseorang maka makin menurun jiwa kompetitifnya. Apakah benar seperti itu? Saya pun merasakan sendiri kalau jiwa kompetitif itu makin luntur sejalan dengan bertambahnya usia. Yang jelas, saya sudah nggak seenerjik dulu dan lebih suka berada di zona nyaman.

 

Agar nggak berlarut-larut, saya selalu bikin bucket list tentang apa saja yang harus ditaklukan tiap bulan. Misalnya, bucket list untuk bulan Juli adalah ikut les renang, mencoba kue manis yang selama ini saya benci, sampai menahan amarah selama satu minggu. Karena hal-hal seperti ini, nih, hidup saya lebih berwarna dan bermakna.

 

Berapa pun usiamu, nggak ada kata terlambat kok untuk melakukan hal-hal baru dalam hidup. Bahkan, kamu yang akan memasuki usia 40 tahun, tetap bisa melakukan hal-hal gokil dan menantang. Dengan menantang diri sendiri dan mencoba hal-hal baru, kamu bisa merasakan banyak manfaat. Ini dia penjelasannya dikutip dari Rd.com!

 

1. Skydiving!

Nggak ada yang lebih bikin stres, panik, dan mules mendadak selain loncat dari pesawat! Namun, aktivitas yang super menantang ini akan memberikan banyak manfaat buatmu. Memang, sih, loncat dari ketinggian itu bikin takut.

 

Namun, setelah kamu berani loncat dari pesawat, dijamin kamu akan memiliki perspektif baru akan kehidupan. Pikiranmu akan lebih fresh dengan melakukan hal-hal nggak terlupakan dalam hidup, seperti skydiving!

 

2. Jalan-jalan seperti orang lokal

Kamu bisa merasakan pengalaman nggak terlupakan dengan ‘berpura-pura’ jadi orang lokal saat liburan. Ketimbang mendatangi spot-spot wisata populer, kamu bisa mendatangi distrik yang dipadati oleh orang lokal, lho.

 

Kalau saya sendiri, suka liburan ke pedesaan Jepang yang hampir nggak ada tempat wisatanya. Akhirnya, bisa naik bis dengan sedikit penumpang, ngobrol dengan kakek-kakek di jalan, sampai dikira anak hilang, hehehe.

 

Artikel Terkait: Resep Camilan yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

  1. Resep Pencuci Mulut Kekinian yang Sederhana dan Murah, Yuk Bikin!
  2. Tanpa Oven dan Mixer, Ini Resep Mudah dan Murah Buat Keik Sendiri
  3. Biar Lebih Sehat, Coba Bikin Resep Salad Buah dan Sayur yang Mudah dan Murah Ini di Rumah!

 

Mulai dari sekarang, kamu bisa mendatangi tempat-tempat baru yang nggak tertulis di peta. Nggak perlu lagi terburu-buru dan nikmati setiap detik yang kamu lewati di sana. Niscaya, kamu akan lebih mengapresiasi setiap kota yang kamu datangi. Jadi, nggak sekadar mampir lewat dan foto-foto untuk posting di Instagram.

 

3. Mengejar pekerjaan impian

Kini kamu bekerja di perusahaan multinasional dengan gaji puluhan juta, yang jelas masa tua sudah terjamin deh. Namun, kamu kurang menikmati pekerjaanmu yang sekarang. Karena sebenarnya, pekerjaan impianmu adalah  menjadi seorang fotografer!

 

Buang rasa khawatir dan takut, karena nggak ada kata terlambat buat memulai sesuatu. Termasuk mengejar pekerjaan impianmu. Jangan sampai menyesal karena kamu nggak pernah berani untuk mencoba. Karena hal ini bisa bikin kamu lebih menikmati hidup dan bahagia.

 

4. Menjajal hobi baru

Beruntungnya orang-orang yang mempunyai hobi untuk mengisi weekend atau sebagai penghilang stres. Karena di luar sana, banyak kok yang nggak mempunyai hobi. Dan untungnya, kamu bisa memulai hobi baru kapan saja.

 

Salah satu hobi yang direkomendasikan adalah hobi olahraga. Sebelum memulainya, pastikan bahwa tujuan utamamu adalah untuk menambah skill dan bersenang-senang. Bahwa olahraga itu nggak selamanya meraih prestasi dan kemenangan semata. Kamu bisa menjadikan olahraga sebagai hobi yang menyenangkan.

 

5. Berbicara di depan umum

Kapan, sih, terakhir kali kamu berbicara di depan umum? Ketakutan terbesar saat memberikan pidato di depan banyak orang adalah takut salah bicara hingga dinilai kurang kompeten oleh orang lain.

 

Kalau kamu sekali lagi berani menantang diri untuk berbicara di depan umum, sama saja kamu sudah mengatasi rasa takutmu. Berbicara di depan umum ternyata nggak bikin kamu kena serangan jantung, bukan? Kamu akan baik-baik saja.

 

6. Selalu bilang iya dalam setahun!

Wah, ada yang berani untuk menjawab tantangan ini? Selama setahun penuh, kamu harus berkomitmen bilang iya saat orang lain membutuhkanmu. Memang terkesan berat, tetapi dengan bilang iya kamu akan melewati hal-hal nggak terduga.

 

Setelah selesai menjawab tantangan ini, tanpa disadari kamu sudah dikelilingi orang-orang hebat dan kuat seperti dirimu. Dan dalam prosesnya, kamu pun bisa sekaligus menemukan apa yang kamu suka dan benci dalam hidup.

 

7. Solo trip

Ada satu cara untuk melatih jiwa survival seseorang, yaitu dengan melakukan solo trip. Saat kamu solo trip ke suatu kota atau negara, kamu hanya bisa bergantung pada diri sendiri. Nggak ada orang lain yang bisa kamu jadikan sandaran atau kamu mintai pendapat akan sesuatu.

 

Di sini, nih, kamu ditempa untuk lebih mandiri. Kamu pun akan belajar banyak untuk lebih percaya diri dalam mengambil keputusan, berhenti menjadi penakut dan menguatkan mental.

 

8. Menjadi lebih atletis

Nggak ada salahnya untuk menantang diri terkait pencapaian fisik, lho. Bisa dengan menurunkan berat badan, membentuk abs, hingga punya otot kaki yang kuat. Kalau kamu suka lari, bisa ikutan maraton yang sering digelar di tempat wisata.

 

Misalnya, maraton 7 kilometer di pinggir pantai. Selain olahraga, kamu juga bisa refreshing dan ketemu orang-orang baru.

 

9. Menyanyi di pernikahan

Memang, sih, nggak semua orang bisa nyanyi sebagus dan sekeren Adele! Namun,  jangan sampai fakta ini membuatmu minder dan nggak berani untuk menyanyi di depan publik. Kalau kamu nggak ditakdirkan menjadi penyanyi terkenal dengan banyak penggemar, kamu bisa membidik pasar yang lebih kecil yakni dengan menjadi penyanyi di pernikahan teman, lho!

 

Pilih sebuah lagu yang kamu banget dan jadikan momen tersebut untuk mengekspresikan dirimu. Rasa malu pun akan luntur secara perlahan dan kamu akan bertransformasi menjadi lebih ekspresif. Tentu saja tanpa khawatir dengan apa yang orang pikirkan. Selain di pernikahan, kamu bisa juga nyanyi di karaoke atau kafe.

 

10. Mencicipi makanan unik

Saya termasuk picky dalam hal makanan. Saya nggak suka makanan manis, bersantan, pakai MSG, dan raw fish! Namun, karena saya tipe yang suka tantangan, pasti tetap mencoba makanan unik yang menjadi makanan khas dari kota yang saya datangi.

 

Misalnya, nih, saat liburan ke Jepang. Saya berani mencoba makan sashimi atau raw fish. Meski nggak suka, ada kesan nggak terlupakan ketika saya memaksa diri untuk menelannya.

 

Artikel Terkait: Tips Meraih Sukses di Usia 30an

  1. 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30an
  2. Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30an
  3. Work Skill yang Harus Dimiliki Perempuan 20 Tahun Agar Sukses di Usia 30 Tahun

 

Meski sudah tiga tahun yang lalu, saya pun masih ingat betul bagaimana rasanya. Nggak terlupakan banget deh. Mencoba sesuatu di luar zona nyaman makananmu, sama saja dengan mencoba tantangan baru.

 

11. Pindah ke kota lain

Pernah berpikir untuk mencoba tinggal di kota lain? Hilangkan rasa ragu dan cobalah selagi sempat. Saat mengurus kepindahan, kamu pun dihadapkan pada segudang pekerjaan.

 

Mulai dari menyusun rencana kepindahan, memilih rumah baru, packing dan mencari teman baru. Dengan tinggal di tempat baru, akan membuatmu lebih open minded dan gampang beradaptasi di tempat asing.

 

12. Berani bilang tidak pada bos

Memang sulit mencari pekerjaan baru ketika usia nggak lagi muda. Meski begitu, hal ini nggak bisa jadi alasan kamu harus bilang iya terus pada atasan. saat bos menghubungimu di hari libur dan memintamu untuk kerja lembur, kamu bisa sesekali menolaknya, kok.

 

Apalagi, kalau kamu ada jadwal rapat RT atau liburan bareng anak-anak pada saat itu. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan keseimbangan baik dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan.

 

Terpenting, selalu tanamkan pikiran positif dalam hidup ini. Hal-hal sulit jadi lebih mudah untuk ditaklukkan dengan mengubah cara pandangmu. Selamat mencoba.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett